Salah satu hal yang jarang mendapatkan perhatian dalam urusan produk ramah lingkungan adalah masalah kemasannya. Tidak ada produk teknologi yang dijual tanpa kemasan, dan kemasan yang dimaksudkan disini melibatkan berbagai bahan yang nantinya hanya akan dibuang.
Bagi produsen, selain untuk melindungi produk, kemasan merupakan salah satu nilai jual yang akan ikut menentukan harga akhir dari suatu produk. Tidak heran ada banyak produk yang dijual dengan kemasan yang bombastis. Tetapi sebetulnya para produsen bisa lebih melestarikan lingkungan dengan memperkecil kemasan dari produksinya. Selain meminimalkan bahan yang akan terbuang sia-sia, ukuran kemasan yang lebih kecil juga akan semakin mengoptimalkan proses distribusi produk, ujung-ujungnya adalah penghematan bahan bakar dan meminimalisasi emisi karbon.
(gambar diambil dari sini)
Bagi produsen, selain untuk melindungi produk, kemasan merupakan salah satu nilai jual yang akan ikut menentukan harga akhir dari suatu produk. Tidak heran ada banyak produk yang dijual dengan kemasan yang bombastis. Tetapi sebetulnya para produsen bisa lebih melestarikan lingkungan dengan memperkecil kemasan dari produksinya. Selain meminimalkan bahan yang akan terbuang sia-sia, ukuran kemasan yang lebih kecil juga akan semakin mengoptimalkan proses distribusi produk, ujung-ujungnya adalah penghematan bahan bakar dan meminimalisasi emisi karbon.
(gambar diambil dari sini)
Gara2 kemasan plastik kini sampah ada dimana2
BalasHapussalam sahabat
BalasHapusehm jadi bernuansa ijo mas arya,maaf oot yach
Hijau memang kelihatan lebih freesh sob,,,,
BalasHapusbetul sahabat, walau terkadang memang produsen menampilkan kemasan yang serba wah ... dengan tujuan menarik minat konsumen ...
BalasHapusMudah2an produsen selain mementingkan produknya, juga mementingkan dampaknya bagi lingkungan
BalasHapussalam kenal sahabat ^^
Kalo ingat kemasan ingat sampah... kalo inget sampah inget pemulung.. Buat produsen kl bisa kemasan lebih ramah lingkungan lagi :D
BalasHapus