Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Pareidolia-Tangan Tuhan

Nasa-memotret-tangan-tuhan
Pareidolia, fenomena psikologis di mana manusia cenderung mempersepsikan bentuk yang akrab dalam gambar samar atau kabur.

Contoh Pareidolia bisa berbentuk binatang atau wajah di awan, bentuk pria/kelinci/wanita tua merajut dan lain-lain, di bulan.

Atau pareidolia lainnya seperti berita baru-baru ini, gambar X-ray hasil bidikan teleskop Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) terbaru menyerupai 'tangan Tuhan'.

Potret yang dinamai 'tangan Tuhan' itu diproduksi dari fenomena astrofisika alam. Kosmik 'tangan Tuhan' itu muncul saat sebuah bintang meledak dan melontarkan awan besar berisi material, seperti dikutip dari laman Space.com edisi 9 Januari 2014.

Peneliti tak yakin betul apakah lontaran material atau interaksi partikel pulsarkah yang kemudian membentuk rupa tangan itu. "Kami bahkan tidak tahu apakah bentuk tangan itu hanya ilusi optik," jelas Hongjun An dari McGill University di Montreal.
***
Sangat indah dan menakjubkan melihat fenomena alam, dan tidak terlalu penting untuk "dihebohkan" jika itu semua dianggap hanya bentuk kekuasaan Tuhan.
Tetapi berbeda halnya jika dianggap gambar tersebut adalah wujud "tuhan", atau seperti pengkondisian dari ungkapan yang berlebihan dari media pada penemuan "partikel tuhan" (ilmuwan Fisika menyebutnya partikel Higgs, yang merupakan unsur dasar menciptakan massa untuk membentuk bintang dan planet, termasuk bumi. Penemuan ini disebut sebagai salah satu yang paling penting dalam ilmu fisika).

Dirasa sangat berlawanan dari akal sehat manusia yang beragama, jika ada manusia yang "terpesona" dan meyakini bahwa benarlah itu adalah tuhan.

Pembelajaran untuk manusia agar semakin pemberdayakan akal sehat, dan semangat dalam amaliah agamanya. Karena agama dan beragama itu diperlukan akal yang sehat (awal dari beragama adalah akal).


Sumber dan Gambar:http://teknologi.news.viva.co.id

2 komentar:

  1. Ohhh pencitraan gambar gitu namanya pareidolia toh... baru tau aku, aku jg sering ngeliat awan pagi terus secara nggak sengaja mempersepsikan awan itu sama bentuk aneh2... mungkin tergantung cara orang mandang fenomena alamnya kali ya, asal nggak berlebihan sih sah sah aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya asal tidak berlebihan....sehingga tidak menimbulkan kontroversi dihati ^_^

      Hapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas