Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Hardware PC dan mitosnya

Kekecewaan sering terjadi ketika kita membeli hardware PC baru,dengan hanya mengandalkan melihat iklan baik melalui media massa, televisi, pameran dan kemudian tergiur untuk membeli. Kita tidak mengetahui apakah memang benar produk tersebut yang diperlukan saat ini. Terbujuk dengan bahasa iklan yang sering tidak sepenuhnya benar, pada tampilan iklan tersebut.
Jika ditanya,berapa kali kita terbujuk dengan iklan suatu produk dan kemudian membelinya ?, ...silahkan jawab sendiri ^_^.
Masalah sering kecewa dengan produk yang dibeli, menjadi lumrah ketika seseorang tidak memiliki pengetahuan / wawasan yang mendetail tentang sebuah produk hardware. Saat ini kebanyakan orang akan menganggap bahwa sebuah produk baru pastilah akan memiliki kinerja lebih baik dibanding dari produk sebelumnya dan tentu saja akan cocok dengan PC mereka. Atau setidaknya akan mampu meningkatkan kinerja PC.
Pengetahuan seperti ini yang kerap menyebabkan kecewa ketika terlanjur membeli sebuah hardware.
Hal ini diperparah dengan tindakan para produsen yang sering memberikan janji manis kepada konsumen, namun belum tentu terbukti benar dalam kenyataannya. Entah karena tidak sesuai dengan spesifikasi, sampai dengan performa yang tidak sama dengan tampilan di iklan.
Tidak semua orang mampu membeli atau upgrade PC mereka ketika sebuah produk hardware baru diluncurkan. Saat ini produk-produk baru selalu bermunculan hanya dalam hitungan bulan. Sekitar 3 sampai 6 bulan sebuah produk hardware PC pasti memiliki seri yang lebih baru.
Agar dana tidak sia-sia, kita mesti mengetahui beberapa hal, utamanya mengenai spesifikasi detail PC yang dimiliki dan mendukung atau tidaknya dengan PC kita.
Misal meng-upgrade video card mahal kedalam PC yang hanya kelas menengah saja tidak akan berpengaruh pada performa graphic secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan ada beberapa aspek dari PC yang mempengaruhi kinerja dari video card. Salah satunya adalah CPU (processor), dimana kinerja video card tidak akan bisa maksimal jika CPU yang digunakan memiliki spesifikasi yang minim.
RAM juga berpengaruh dalam kinerja video card. Jika kita hanya memiliki RAM sebesar 512 MB dalam sistem PC, jangan harap video card akan bekerja maksimal. Hal lain yang dapat mempengaruhi kinerja video card adalah PSU (Power Supply Unit) yang hanya memiliki daya terbatas.
Jika PSU dengan daya 450 Watt digunakan untuk menjalankan video card kelas 8800GTS,GT atau Ultra, misal...maka bisa dipastikan video card tersebut akan berjalan pada kecepatan clock yang lebih lambat dikarenakan suplai daya yang kurang kedalam video card tersebut.
Dengan permisalan diatas, dapat ditarik pengertian bahwa tidak semua hardware yang mahal dan memiliki teknologi terbaru akan cocok dengan PC yang kita miliki.
(berlanjut)...

5 komentar:

  1. emang benar untuk membeli pc tidak harus mahal yang penting kita membeli spesifikasi sebuah pc sesuai kebutuhan, jangan sampai tergoda untuk terus upgrade karene itu tidak akan ada habisnya.
    salam kenal..

    BalasHapus
  2. pakde juga termasuk orang yang buta teknologi
    untuk keperluan membeli produk komputer dan asesoriesnya pakde selalu tanya pada IT tempat pakde kerja minta sumbang sarannya, untuk menghindari "keterbujukkan" iklan dan promosi lainnya.

    BalasHapus
  3. salam sahabat
    wah kalau hardware ujungnya seperti itu memang membuat kecewa mas Arya,dari sini diminta kejelian bagi pembeli biar hardware pc bisa dipakai dengan hasil yang memuaskan,makasih nmaaf telat lagi

    BalasHapus
  4. sebaiknya sebelum Membeli hardware tertentu coba ditanyakan kepada konsumen yang sudah memakai produk itu bagus atau enggaknya

    BalasHapus
  5. satu lagi warning dr sini, agar kita jangan terpesona dgn iming2 dr suatu produk yg belum tentu sehebat iklannya .
    salam

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas