Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Kompresi data

Melakukan kompresi data dalam jumlah sedikit tentu sudah biasa kita lakukan, namun belum tentu terbiasa dengan jumlah data pada harddisk yang berkapasitas besar. Mungkin untuk yang memiliki harddisk berkapasitas sampai terabyte dan mempunyai lebih dari satu harddisk, itu tidak menjadi persoalan.
Namun bagaimana jika hanya memiliki harddisk 160 GB atau 250 GB dan hanya punya satu ? pilihan untuk memaksimalkan ruang harddisk antara menghapus data atau memampatkannya.
Disarankan tentu saja memakai cara yang kedua yaitu memampatkan, tapi tidak dengan menggunakan aplikasi WinZip atau sebagainya yang akan memakan waktu lama dan juga memakan resource PC. Salah satu fitur terintegrasi yang jarang digunakan yaitu Computer Old Files.

Caranya, buka My Computer,kemudian klik kanan pada drive yang ingin dikompresi. Setelah itu pada window baru pilih properties dan pilih lagi Disk Cleanup pada window yang muncul.
Kemudian pastikan pilihan Compress Old Files tercentang. Setelah itu, pilih Option yang ada dibagian bawah window tersebut.
Tentukan berapa lama umur data yang ingin di kompres. Kita bisa menentukan umur data sampai 6 bulan yang lalu, setelah selesai melakukan kompresi, data-data yang berhasil dikompres akan berwarna biru dan yang tidak akan berwarna hitam.

Uniknya data-data yang sudah dikompresi masih bisa digunakan dengan normal, seperti pada saat belum dikompres.

Salam bersih-bersih

9 komentar:

  1. kangen jadinya sama Balikpapan...kangen sama tanah Grogot dan Kenangan bpp seberang....salam ya...thx u

    BalasHapus
  2. wah..asik dong mas..kl data2 yg sdh dikompresi masih bs tetep qualified bwt digunakan..hehe..

    BalasHapus
  3. saya sering kompresi data-data, tujuannya biar lebih kecil ukurannya dan hemat tempat, tapi kadang kelemahannya adalah kualitasnya menurun he.he
    terimakasih panduannya Pak

    BalasHapus
  4. Wah aku malah gak pernah pake cara itu hhe... paling2 pake Winrar atau di split hhe... klo gak ya upload ke hostingan biar kosong HD'y hhe... thnx 4 share sob.. nanti aku coba deh hhe...

    BalasHapus
  5. terimakasih kawan semua : Belantara Indonesia, windflowers, Sukadi Brotoadmojo, dan Ferdinand...artikel diatas mencoba menyelami kesederhanaan dari hal yang selama ini terlupakan....

    BalasHapus
  6. Fitur kompresi bawaan windows ini memang cukup membantu dalam menghemat ruang harddisk.. dengan kondisi terkompresi, file masih bisa dibuka seperti biasa.. tapi jika hal ini adalah tujuannya, maka saya lebih merekomendasikan penggunaan 7zip untuk kompresi data..

    selain fiturnya lebih komplet, file kompresi tetep bisa dibuka (tanpa perlu diekstrak dulu..), tingkat kompresinya juga sangat variatif mulai dari rendah, sedang sampai tingkat tinggi...

    nilai plusnya, 7zip ini kan software gratissss...

    BalasHapus
  7. @ aLamathuR d'hileudjapanist II : thanks atas rekomendasinya... ^_____^

    BalasHapus
  8. untuk proses kompresi seperti di atas beLum pernah saya coba Mas, soaLnya tingkat keperLuan penyimpanan data masih daLam ambang batas wajar sebagai komputer rumahan :p

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas