Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Uninstall aplikasi dari Wine

Uninstall aplikasi dari Wine- dengan maksud bukan Wine-nya yang hendak dibuang, tapi aplikasi-aplikasi yang berjalan dibawahnya (emulator).
Sering saya lakukan jika ingin berbagi artikel tentang aplikasi gratis dari perangkat lunak berbasis Win, aplikasinya mesti saya coba dulu baru saya post-kan/publish.
Karena lebih banyak memakai Linux Ubuntu, maka lewat Wine-lah saya install setiap aplikasi basis Win tersebut. Beberapa program bisa di install, bisa berjalan lancar, tetapi sebagian lagi dapat di install namun tidak bisa dibuka/jalan pada akhrinya.
Dan tentu saja program-program yang error tersebut mesti dibuang/uninstall.
Bagaimana metode meng-uninstall aplikasi dari emulator Wine di Ubuntu?
Caranya cukup sederhana, pertama buka terminal dahulu; CTRL+ALT+T
kemudian ketikan wine uninstaller dilanjutkan tekan enter.
Maka akan tampil kotak dialog Add/Remove Programs

cara uninstal aplikasi

Sekarang tinggal pilih program yang hendak dibuang, lalu klik tombol Modify/Remove, selesai tinggal OK.

Tetapi jika sisa pembuangannya masih belum tuntas atau bersih, masih ada ikon shortcut-nya dan folder-folder bawaan dari aplikasi tersebut, penyelesaian akhirnya adalah:
klik folder Home atau rumah (untuk menampilkan file yang disembunyikan tekan CTRL+H), kemudian klik folder .local - share - applications - wine - programs, cari folder program yang dikamsud maksud :D hapus dengan lembut.......tekan del.....tuntas dah!

14 komentar:

  1. kalau diandroid mau uninstall aplikasi gimana pak tau gak caranya? biasanya kan ada fasilitas uninstall tapi beberapa aplikasi saya tidak menemukannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mencoba menjawab... :D
      Buka menu android market dan klik Menu > My Apps

      Pilih aplikasi mana yang ingin dihapus, klik Uninstal > OK.

      Hapus
    2. sudah saya lakukan seperti itu pak, tapi tombol uninstallnya tidak aktif :) mau di install ulang tapi takut bermasalah krn masih garansi

      Hapus
  2. Saya malah belum kenal dengan Win... Ntar di post di sini juga, ya?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. anu Mas maskudnya Basis Win...program-program yang didesain berjalan di sistem Windows....maka itu bagi pengguna linux bisa disiasati dengan memakai program Wine (Windows Emulator)supaya bisa juga menikmatinya..... :D

      salam damai Mas.....chees...ting!

      Hapus
  3. aku malah bingung mau instal aplikasi exe apa di Ubuntu, maklum aku sudah puas dgn aplikasi2 yg tersedia di Ubuntu Software Center

    BalasHapus
    Balasan
    1. he he he enggak,... cuma untuk keperluan postingan aplikasi gratis aja ini...kebanyakan diambil dari software-software berplatform Windows....

      Hapus
  4. kalau Tune Up,tp kalau saya pribadi jarang Uninstall program soalnya sebelum install pasti cek review'a dulu biar lebih pasti :)

    BalasHapus
  5. terus kalau sudah selesai, tinggal nyeruput kopi ya sob, hahay :D
    thanks :D

    BalasHapus
  6. Pak, saya ingin belajar tentang Linux Ubuntu, dimana saya bisa akses informasi yang lengkap dan mudah dipelajari? Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak Pak.....untuk akses informasi belajar linux ubuntu diantaranya :

      http://www.ubuntu-id.org/
      http://www.ubuntu-id.org/doc/edgy/xubuntu/desktopguide/id/linux-basics.html

      Hapus
  7. ini pak untuk awal bisa diunduh di
    http://arya-devi.blogspot.com/2009/12/media-unduhan.html

    cari bagian LINUX untuk belajar dasar-dasar perintahnya

    BalasHapus
  8. sekadar menyimak, dah lama ga ngoprek ubuntuk, android dan open source lainnya, salam...

    BalasHapus
  9. sesuai yang saya cari2 sejak lama. hampir aja ane tinggalin linux karena gbisa buang aplikasi di wine. makasih kakak

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas