Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Pelestarian Lingkungan

pelestarian lingkungan
Beberapa upaya yang dapat dilakukan masyarakat berkaitan dengan pelestarian lingkungan hidup antara lain:
REDUCE, REUSE, RECYCLE + REPAIR

Anda pasti sudah pernah
mendengar istilah 3R yang sering didengungkan oleh banyak pencinta lingkungan. 3R itu adalah Reduce, Reuse and Recycle. Kita akan tambahkan 3R tersebut menjadi 4R dengan adanya Repair.
Reduce
Reduce berarti kita mengurangi penggunaan bahan-bahan yang bisa merusak lingkungan. Reduce juga berarti mengurangi belanja barang-barang yang anda tidak “terlalu” butuhkan seperti baju baru, aksesoris tambahan atau apa pun yang intinya adalah pengurangan kebutuhan. Kurangi juga penggunaan kertas tissue dengan sapu tangan, kurangi penggunaan kertas di kantor dengan print preview sebelum mencetak agar tidak salah, baca koran online, dan lainnya.

Reuse
Reuse sendiri berarti pemakaian kembali seperti contohnya memberikan baju-baju bekas anda ke yatim piatu. Tapi yang paling dekat adalah memberikan baju yang kekecilan pada adik atau saudara anda, selain itu baju-baju bayi yang hanya beberapa bulan dipakai masih bagus dan bisa diberikan pada saudara yang membutuhkan

Recycle
Recycle adalah mendaur ulang barang. Paling mudah adalah mendaur ulang sampah organik di rumah anda, menggunakan bekas botol plastik air minum atau apapun sebagai pot tanaman, sampai mendaur ulang kertas bekas untuk menjadi kertas kembali. Daur ulang secara besar-besaran belum menjadi kebiasaan di Indonesia. Tempat sampah yang membedakan antara organik dan non-organik saja tidak jalan. Malah akhirnya lebih banyak gerilyawan lingkungan yang melakukan daur ulang secara kreatif dan menularkannya pada banyak orang dibandingkan pemerintah.

Repair
Repair menjadikan 3R menjadi 4R. Repair memang banyak dilupakan oleh banyak orang, dan ini sebenarnya adalah hal yang terpenting di Indonesia. Repair adalah usaha perbaikan demi lingkungan. Contoh memperbaiki barang-barang yang rusak agar bisa kita gunakan kembali seperti sepatu jebol yang kita perbaiki karena dengan begitu kita tidak perlu membeli sepatu baru.

Banyak sekali hal yang bisa kita lakukan dari repair ini sendiri dan sangat diperlukan di Indonesia. Yang terpenting adalah kreativitas dan kemauan karena tanpa keinginan yang kuat, membuang sampah di jalan pun menjadi mudah. Tapi kalau anda sudah membiasakan diri dengan hidup yang menghargai lingkungan, maka dengan mudah anda dapat menahan diri

Selain 4R di atas, ada beberapa cara lagi untuk melestarikan lingkungan yaitu refuse dan reboisasi

Refuse
REFUSE, menolak dan menghindari pemakaian bahan yang menggunakan plastik dan lebih memilih bahan yang lebih natural. Karena seperti kita ketahui bahwa bahan plastik yang terbuang tidak terurai seperti pada bahan natural. Juga sebagai contoh lain adalah pada saat kita berbelanja di pasar ataupun supermarket, sebaiknya kita MENOLAK staff yang menawarkan pemakaian tas plastik yang berlebihan pada belanjaan kita, karena sampai dirumah pun kita percaya masih banyak tas sebelumnya yang tidak terpakai.

Reboisasi
Reboisasi (bahasa Inggris: reforestation) adalah penanaman kembali hutan yang telah ditebang (tandus, gundul). Reboisasi berguna untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia dengan menyerap polusi dan debu dari udara, membangun kembali habitat dan ekosistem alam, mencegah pemanasan global dengan menangkap karbon dioksida dari udara, serta dimanfaatkan hasilnya (terutama kayu).

Sumber:diambil dari siswa (alumni) Tomi Samuel, bagian dari Tugas Akhir presentasi kelas XII IPS 3 (2011-2012)

8 komentar:

  1. Artikelnya sangat manfaat Kakak, Makasih Tiara sudah di ingatkan peduli terhadap Lingkungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. mm iya makasih Tiara, itu diambil dari siswa juga..hasil kerjanya membuat presentasi kemarin..

      Hapus
  2. setiap harinya berapa banyak plastik yang keluar ya pak,dari warung,pasar,penjual makanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sy, ta kumpuli bu...kantong plastiknya,...baru dibuat alat baru.

      Hapus
  3. 3 R plus Repair, Refuse sebenarnya merupakan langkah2 nyata yang dapat kita lakukan kapan saja dan dimana saja. Gak butuh biaya banyak malah sering kali menghemat biaya. Meskipun demikian, hal-hal ini punya manfaat yang besar bagi pelestarian lingkungan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas dimulai dari yang kecil

      Hapus
  4. kebiasaan yg baik...mdh2an istiqomah..

    klo di t4 kerjaku dikenal istilah 5R atau 5S ..klo gak salah inspired dr jepang
    tp intinya klo di aplikasikan di lingkungan kita hasilnya akan menjadi indah

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudahan dipermudah, karena diawali dari niat baik....terimaksih dhy

      Hapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas