Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Home Visit

Home Visit
Pola kerjasama dalam pendidikan, berkaitan dengan program Home Visit, terdapat landasan dan acuan sumber dasar untuk dilaksanakannya program tersebut.
Ditinjau bahwa pendidikan merupakan hal paling utama dalam kehidupan, karena dengan pendidikan manusia akan mulia dan bahagia dunia akhirat, maka hak dan tanggung jawab pendidikan dibebankan kepada semua individu manusia.
Terdapat tiga lingkungan utama yang bertanggungjawab terhadap kelangsungan pendidikan baik secara global (dunia) atau khususnya di Indonesia yaitu Keluarga, Masyarakat dan Pemerintah (Sekolah) yang masing-masing lingkungan tersebut memiliki peran yang sama dan saling melengkapi (penerapan saling melengkapi, terdapat didalam program Home Visit).
1. Peranan Keluarga Dalam Pendidikan
Kita telah merasakan keluarga merupakan lembaga pendidikan yang pertama dan utama dalam masyarakat karena dalam keluargalah manusia dilahirkan, berkembang menjadi dewasa.
Batas dan bicara pendidikan didalam keluarga akan selalu mempengaruhi tumbuh dan berkembangnya watak, budi pekerti, dan kepribadian tiap-tiap manusia, pendidikan yang diterima dalam keluarga inilah yang akan di gunakan oleh anak sebagai dasar untuk mengikuti pendidikan selanjutnya disekolah.
Orang tua mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam keluarga terhadap pendidikan anak yang lebih menentukan dalam watak budi pekerti, latihan ketrampilan, pendidikan kesosialan.

2. Peranan Sekolah dalam Pendidikan
Sebagai akibat dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan terbatasnya orang tua mengenai kedua hal tersebut, orang tua tidak mampu lagi mendidik anaknya.
Untuk menjalankan tugas-tugas tersebut diperlukan orang lain yang lebih ahli.
Dapat dinyatakan. “Karena orang tua tidak mampu memberikan pendidikan selanjutnya dalam berbagai kecakapan dan ilmu.
Kita dapat menggambarkan masyarakat tanpa sekolah.
Di dalam sekolah bekerja orang-orang khusus terdidik untuk keperluan mendidik dan mengajar.
Didalam dunia pendidikan istilah sekolah sudah sangat lazim.
Sekolah merupakan salah satu pusat pendidikan yang diharapkan bisa mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian mantap dan mandiri serta tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Sekolah adalah sebuah lembaga pendidikan formal, yaitu pendidikan yang diselenggarakan secara sengaja, berencana, terarah dan sistematis.
Sekolah melakukan pembinaan pendidikan untuk peserta didiknya didasarkan atas kepercayaan dan tuntutan zaman. Sekolah sebagai lembaga pendidikan mempunyai tanggung jawab atas tiga faktor:

a. Tanggung Jawab Normal
Sekolah atau madrasah sebagai lembaga pendidikan sesuai fungsi tugas dan tujuan pendidikan, harus melak sanakan pembinaan menurut ketentuan yang berlaku.
b. Tanggung Jawab Keilmuan
Sekolah atau madrasah sebagai lembaga pendidikan memiliki tanggung jawab mentransfer pengetahuan kepada anak didik.
c. Tanggung jawab fungsional
Sekolah atau madrasah selain harus melakukan pembinaan sesuai ketentuan yang berlaku, sekolah juga harus bertanggunga jawab melalui pendidik (guru) untuk melaksanakan program yang terstruktur di dalam kurikulum.
 ***
(Home Visit-kerjasama pihak sekolah dan keluarga siswa)

Gambar:http://www.dss.gov.au

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas