Tahun Ajaran baru masih beberapa bulan kedepan, tetapi paling tidak pembenahan dan perbaikan kinerja mesti dipersiapkan sedini mungkin.
Walau salah satu pedoman pengajaran adalah kurikulum (selalu mengulang materi) tapi tidak berarti itu " redundance ", mutlak ada pengembangan materi, mengikuti kondisi kekinian.
Apalagi bidang yang kami asuh adalah T.I.K, yang selalu bergerak maju. Jadi sebagai pengajar harus selalu banyak menjelajahi semua sumber.
Berikut salah satu strategi yang biasa dilakukan dalam memulai proses pembelajaran dikelas/laboratorium :
Walau salah satu pedoman pengajaran adalah kurikulum (selalu mengulang materi) tapi tidak berarti itu " redundance ", mutlak ada pengembangan materi, mengikuti kondisi kekinian.
Apalagi bidang yang kami asuh adalah T.I.K, yang selalu bergerak maju. Jadi sebagai pengajar harus selalu banyak menjelajahi semua sumber.
Berikut salah satu strategi yang biasa dilakukan dalam memulai proses pembelajaran dikelas/laboratorium :
Tujuan: Untuk menggali kemandirian siswa berkaitan dengan aturan dan kegiatan pembelajaran.
Langkahnya:
1. Guru memberikan pengantar tentang :
- Perawatan kelas/Laboratorium
- Kemandirian terhadap kegiatan pembelajaran
- Sanksi terhadap pelanggaran aturan
- Sumber materi dari LKS ( karya guru ) dan Internet
- Nilai tambah dan evaluasi
2. Pembagian kelompok kerja dan ketua kelompok yang diatur siswa sendiri.
3. Ketua kelompok menyerahkan daftar anggotanya.
4. Masing masing kelompok membahas tentang point-point yang telah disampaikan guru, seperti
perawatan, sanksi, mencari materi, nilai tambah dll
5. Hasil rumusan kelompok ( usulan, keberatan dll ) disampaikan secara bergantian.
6.Guru memberikan tanggapan / dialog dengan siswa.
7. Tahap akhir adalah hasil rumusan yang bisa disepakati bersama.
Diharapkan dengan adanya kontrak belajar ini, siswa dapat mandiri dan bertanggung jawab dengan rumusan yang telah disepakati bersama dan konsekwensinya sanggup
menerima sanksi jika melanggar.
Langkahnya:
1. Guru memberikan pengantar tentang :
- Perawatan kelas/Laboratorium
- Kemandirian terhadap kegiatan pembelajaran
- Sanksi terhadap pelanggaran aturan
- Sumber materi dari LKS ( karya guru ) dan Internet
- Nilai tambah dan evaluasi
2. Pembagian kelompok kerja dan ketua kelompok yang diatur siswa sendiri.
3. Ketua kelompok menyerahkan daftar anggotanya.
4. Masing masing kelompok membahas tentang point-point yang telah disampaikan guru, seperti
perawatan, sanksi, mencari materi, nilai tambah dll
5. Hasil rumusan kelompok ( usulan, keberatan dll ) disampaikan secara bergantian.
6.Guru memberikan tanggapan / dialog dengan siswa.
7. Tahap akhir adalah hasil rumusan yang bisa disepakati bersama.
Diharapkan dengan adanya kontrak belajar ini, siswa dapat mandiri dan bertanggung jawab dengan rumusan yang telah disepakati bersama dan konsekwensinya sanggup
menerima sanksi jika melanggar.
semangat terus mengajar nya pak........
BalasHapusikut follow aja....
Saya setuju mas jika ada kontrak belajar seperti itu. Artinya belajar bukan hanya "guru menyampaikan ke murid" tp ada kesepakatan shg terjalin mitra belajar. Dan sbg mitra belajar maka akan terbangun komunikasi krn mengetahui hak dan kewajiban berdasarkan kesepakatan yg telah dibangun. Salut deh mas..
BalasHapussalam sobat
BalasHapusbenar mas ,,dengan memberikan pengajaran T,I,K,
haruslah menjelajahi semua sumber.
strategi pembelajaran di kelas, sudah mantap banget tuh mas,
guru memang harus kreatif pak. biar ada perkembangan bagi siswa2nya.
BalasHapusisitilah kontrak belajar waktu dulu saya masih ngajar (jadi guru) ya seperti perjanjian antara guru ma murid...jadi yg melanggar ada sanksinya yg udah disepakati bersama..
BalasHapustapi selama saya ngajar g pernah saya berikan kontrak belajar (isitilah kami) sob...karna alhmdllh murid2 sudah pada akrab ma saya..jadi mudah ngaturnya...
pembenahan dan perbaikan kinerja tidak hanya dilakukan di awal tahun ajaran. Mungkin ada baiknya pada akhir tahun ajaran murid diberi kesempatan buat mengkritik kinerja guru2nya. Sehingga kedepannya, guru2 pendidik bisa lebih baik.
BalasHapusHal itu sudah berjalan disekolahku.
Semangat mengajar ya, Pak Guru :)
wah makasih ya mas saya ngga ngeh nih sama dunia pendidikan akhir2 ini
BalasHapusTerus semangat untuk mengajar mas agar generasi penerus bangsa ini semakin maju dan penuh dgn kreativitas,slm knl dan sukses selalu...:D
BalasHapuswow thanks for sharing this.
BalasHapusthats great to find people who care about indonesians' students :D
xx,
jess.
semangat untuk memajukan bangsa pak guru....
BalasHapusBenar sekali pak..
BalasHapusKarena TIK cangkupan ilmu dan bahasannya sangat luas dan tidak ada habisnya, sehingga pelajaran yang sudah guru dapatkan di sumber informasi lain dapat tersalurkan dengan baik kepada murid-murid.
Semoga kedepannya bisa lebih baik dari sekarang dan tahun lalu pak..
Terimakasih, kalau coment ini di rasa kurang berkenan mohon di maafkan.
strategi yg bagus u/ pengembangan sistematis pembeLajaran siswa/i dan tentunya juga demokratis
BalasHapusWach mantap nich sistem pembelajarannya mas dan terus semangat mendidik generasi penerus kita agar berguna bagi nusa dan bangsa,slm...:D
BalasHapusmungkin yang menjadi masalah adalah banyak siswa yang tidak memahami kontrak belajar ini dan mereka masih sangat bergantung dari guru untuk memperoleh ilmu pengetahuan 9 hanya menadahkan tangan saja)
BalasHapussetuju harus selalu belajar dan berkembang, biar ga monoton aja dari tahun ke tahun.......
BalasHapussusah memang buat menanamkan semangat belajar sendiri ke siswa......
memang guru harus seperti ini..
BalasHapussebarkan ilmu ini Pak!!
salam kenal :)
Teruskan perjuangan anda.
BalasHapus