Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Memilih Distribusi Linux

Sudah atau pernah menggunakan sistem operasi Linux ? dan memakainya sudah lama ?
Kalau yang belum, kenapa tidak mencoba karena OS Linux sudah beraneka dan mudah digunakan ?
Mungkin sampai sekarang masih banyak dari antara kita yang masih bingung dalam memilih Distribusi Linux. Banyak yang berpendapat bahwa masing-masing distribusi sebenarnya sama satu dengan yang lain. Pada dasarnya memang ya, tetapi jika bicara tentang penggunaan sehari-hari maka mereka tidaklah sama.
Lebih lanjut mari kita perhatikan beberapa masalah yang penting, dalam memilih Distribusi Linux :
Hierarki directory
Ini merupakan salah satu hal yang selalu membingungkan. Harusnya ada suatu standar yang menjadi pegangan semua distribusi. Namun, kenyataannya adalah tidak ada. Sebagai contoh : sistem init ( inisialisasi ), pada sistem Fedora dan turunannya, anda akan menemukannya di /etc/rc.d/init.d. Pada sistem Debian dan turunannya, anda akan menemukannya di /etc/init.d. Tetapi kita tetap punya standar sendiri, pada waktu pindah dari Fedora ke Ubuntu misalnya, kita perlu waktu untuk membiasakan mengetik perintah dari /etc/rc.d/init.d/mysql start menjadi /etc/init.d/mysql start. Jika kita sudah terbiasa dengan satu distro, janganlah pindah atau siap-siap saja menghadapi beberapa error "command not found".
Sekuriti
Linux merupakan salah satu OS paling aman, meskipun tidak semua distribusi dibuat sama amannya. Ada distribusi yag difokuskan kesekuriti, seperti Trustix, yang diklaim sebagai distribusi Linux paling aman. Namun, distribusi yang paling aman sebenarnya adalah distribusi yang dikonfigurasi dengan baik. Tetapi, jika kita ingin solusi sekuriti "instan", distribusi yang bisa digunakan adalah Trustix, Engarde Linux dan Bastille Linux.
Maksud Penggunaan
Kita semua tidak sama dalam menggunakan komputer. Beberapa perlu multimedia. Beberapa perlu server, perlu development. Beberapa perlu workstation biasa untuk mengetik dan browsing internet. Untungnya ada distribusi untuk setiap keperluan tersebut. Yang perlu server ? Bisa dicoba Ubuntu Server Edition. Apakah anda bermain multimedia ? jika ya, coba SmartCom Multimedia Edition, jika hanya user biasa yaitu sering menggunakan office suite, e-mail, Web, maka bisa memilih semua distribusi.
(berlanjut)
Sumber : Gunung Sarjono

4 komentar:

  1. makanya dari dulu saya cuma menggunakan keluarga debian saja, seperti ubuntu, blankon, sabily, linux mint

    fedora dan suse cuma sekedar aku cuma via virtual box

    BalasHapus
  2. KAlo buatan Indonesia yang blankon bagus enggak ya

    BalasHapus
  3. saya g tahu hal seperti itu, makasih ya atas infonya

    BalasHapus
  4. wah, kalau masalah kayak gini sih, bunda bener2 buta blass deh ,Arya.
    biar ajalah anak2 bunda yg urus.....
    hahaha...ibunya mau enaknya aja......
    salam

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas