Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Ragam pendekatan belajar

Banyak ragam pendekatan belajar yang dapat ditularkan kepada siswa untuk mempelajari bidang materi pelajaran yang sedang mereka tekuni. Mulai dari yang klasik sampai ragam modern.
Beberapa diantaranya, yang cukup mewakili dari ragam pendekatan belajar klasik dan modern tersebut,adalah :

Pendekatan hukum Jost.
Salah satu asumsi penting yang mendasari hukum Jost adalah siswa yang lebih sering mempraktekan materi pelajaran akan lebih mudah memanggil kembali memori lama yang berhubungan dengan materi yang sedang ia tekuni. Dengan arti, mempelajari sebuah materi khusus yang panjang dan kompleks dengan alokasi waktu 2 jam perhari selama 4 hari akan lebih efektif daripada mempelajari materi tersebut dengan alokasi waktu 4 jam tetapi hanya selama 2 hari.
Perumpamaan pendekatan belajar dengan cara bertahap dalam soal pertemuan tatap muka seperti tersebut diatas hingga kini masih dipandang cukup berhasil, terutama untuk materi-materi yang bersifat mengolah daya pikir / kognitif.

Pendekatan Ballard & Clanchy
Menurut ballard dan Clanchy, pendekatan belajar siswa pada umumnya dipengaruhi oleh sikap terhadap ilmu pengetahuan. ada 2 macam siswa dalam menyikapi ilmu pengetahuan, yaitu : sikap melestarikan apa yang sudah ada (conserving)dan sikap memperluas (Extending).
Siswa yang bersikap Conserving pada umumnya menggunakan pendekatan belajar reproduktif / bersikap menghasilkan kembali fakta dan informasi. Sementara siswa yang bersikap Extending, biasanya menggunakan pendekatan belajar analitis / berdasarkan pemilihan dan interpretasi fakta dan informasi. Bahkan di antara mereka yang bersikap extending cukup banyak yang menggunakan pendekatan belajar yang lebih ideal yaitu pendekatan spekulatif (berdasarkan pemikiran mendalam), yang bukan saja bertujuan menyerap pengetahuan melainkan juga mengembangkannya.

3 komentar:

  1. Komen pertamax,, euy ^^

    Em.. Saya termasuk pendekatan belajar yg mana, y??
    Yang extending ndak, y? :P

    BalasHapus
  2. Wah, menarik sekali mas, dengan tau kita tipe yg mana jadi bisa mengembangkan diri dengan optimal ya :)

    BalasHapus
  3. salam sobat
    ragam pembelajaran klasik atau modern, sama-sama memotivasi semangat untuk terus belajar.

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas