Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Berkomputer aman di publik

Kadang karena suatu alasan kita harus menggunakan komputer publik. Bisa karena lupa membawa laptop, komputer pribadi lagi crash atau sekedar mengisi waktu saja.
Apapun alasannya, menggunakan komputer publik bisa mengekspos data pribadi kita. Dengan adanya ancaman keylogger dan spyware yang mengawasi setiap pergerakan anda menggunakan komputer publik.

(berkomputer aman di publik)Jangan simpan file pada komputer publik, pada waktu memakai komputer yang bukan milik sendiri, meskipun itu adalah punya teman, sebaiknya bersikap sopan dengan tidak menyimpan file secara lokal. Pada dasarnya, ini sama dengan tidak mengotori rumah orang dengan sampah. Namun, pada komputer publik ini lebih dari sekedar kesopanan, tetapi langkah pengamanan yang penting. Banyak file yang biasanya disimpan secara lokal, seperti attachment e-mail, bisa berisi data pribadi atau rahasia. Cara mudah untuk melindungi data ini adalah dengan membawa flash drive dan menyimpan file disitu ketika diperlukan.

Jangan menyimpan password, ini sudah pasti pada waktu menggunakan komputer publik. Sebagian besar web browser sekarang bisa mengingat apa yang user ketik kedalam browser pada beberapa lokasi. Lokasi ini meliputi address bar, form field, username dan password. Pada lingkungan publik sudah pasti tidak ada alasan untuk menyimpan jenis informasi tersebut.
Pengaturan pada beberapa web browser seperti IE bisa ditemukan pada Tools, Internet Options, Content. Pada bagian Autocomplete,klik tombol Settings dan pastikan Prompt me to save passwords tidak dicentang. Sebenarnya tidak ada fitur Autocomplete yang perlu di-enable-kan. jadi hilangkan saja semua tanda centang. Pada Firefox bisa ditemukan di Tools, Option, security dan hilangkan tanda centang pada remember passwords for sites.

Menghapus history Browsing juga langkah aman untuk melindungi privasi pada saat surfing internet. Terkait dengan web browser ada hal lain yang perlu diperhatikan yaitu temporary internet files dan cookies. Pada Mozilla Firefox, buka Tools, Options, klik tab Privacy dan beri tanda centang pada : Always clear my private data when I close Firefox. Secara default ini akan menghapus history browsing, history download, informasi form yang disimpan, cache dan sesi otentikasi. Klik tombol settings dan beri centang juga cookies dan save passwords untuk menghapus keduanya.

6 komentar:

  1. Bagusnya sih jangan pakai komputer publik kalau buka akun-akun penting

    BalasHapus
  2. Ya yg bisa menjaga kerahasiaan kita ya kita sendiri.. ^^

    thx 4 share mas..

    BalasHapus
  3. makasih infonya kawan
    sangat bermanfaat.
    sukses selalu ya

    BalasHapus
  4. wah..sk lupa tuh ngehapus history browsing..

    BalasHapus
  5. iya iya..yang paling lupa menghapus history..

    terimakasih infonya bermanfaat sekali pak..

    BalasHapus
  6. Selain itu, saya juga lebih senang menggunakan aplikasi portable jika diarea publik.

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas