Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Blankon HUT RI-Pattimura

Blankon HUT RI-Pattimura
Dengan selalu berusaha menggiatkan budaya pemakaian aplikasi/software freeware (GPL), baik itu aplikasi bantu maupun OS/System Operasi. Blog Aryadevi kali ini mencoba mereferensikan satu Distro karya pengembangan Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Tim Pengembang Blankon.
Bertepatan dengan HUT RI ke 66, Tim Pengembang tersebut diatas telah merilis BlankOn Linux versi 7.0 yang diberi nama Pattimura.
Informasi dengan judul "Blankon HUT RI-Pattimura" ini, ibarat rantai selalu saling terkait dan berulang (informasi yang saling bertautan dan mendukung menguatkan, agar menjadi penambah wawasan ilmu pengetahuan dan kemampuan dalam mengembangkannya).
***
BlankOn 7.0 Pattimura menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa utama yang digunakan pada antarmukanya, dan diharapkan dapat menjadi alat sosialisasi istilah-istilah bidang komputer pada Bahasa Indonesia yang selama ini dianggap aneh dan membingungkan. BlankOn 7.0 Pattimura juga turut melestarikan budaya bangsa dengan mengusung dukungan terhadap Aksara Nusantara, yang pada versi ini mendukung dua aksara baru yaitu Rejang dan Jawa di samping Lontara', Batak Toba, Bali dan Sunda.
Pada setiap rilisnya, fitur BlankOn rata-rata menggunakan teknologi terbaru Linux, termasuk kernel Linux 3.0.1 dan lingkungan desktop GNOME yang digabung dengan BlankOn Panel hasil karya pengembang BlankOn. Pattimura didukung perangkat lunak hiburan yang siap langsung pakai tanpa memasang codec multimedia tambahan, dukungan akses Internet dengan yang sangat ringan untuk menjelajah web serta komunikasi pesan instan dan jejaring sosial, juga fitur-fitur perkantoran. Selain itu, Pattimura menyediakan fitur-fitur olah grafis vektor dan bitmap serta album foto digital.
Di sisi perangkat keras, pada distribusi ini sudah termasuk dukungan plug-and-play untuk banyak modem USB yang populer digunakan oleh Internet Service Provider di seluruh nusantara.

Komponen utama: kernel Linux 3.0.1, GNOME 2.32, Chromium 15,0, LibreOffice. Download: blankon-Pattimura-cdlive-i386.iso (692MB, MD5), blankon-Pattimura-cdlive-amd64.iso (679MB, MD5).

BlankOn 7.0 Pattimura juga dikembangkan dengan maksud sebagai pelatihan bagi para pengembang dalam negeri dalam hal kolaborasi daring (online) dan pengembangan produk perangkat lunak bebas/terbuka, yang mana proses pengembangannya total dilakukan secara daring menggunakan jalur situs web, milis dan kanal IRC.

Sumber:
http://www.blankonlinux.or.id/
http://distrowatch.com/

7 komentar:

  1. Linux cinta indonesia ya :)

    BalasHapus
  2. Wah namanya pake nama pahlawan. HeheWah namanya pake nama pahlawan. Hehe

    BalasHapus
  3. kemarin rilis nih, tapi aku tetap pakai ubuntu saja, cape kalau setiap distro baru rilis saya ganti distro ^^

    BalasHapus
  4. Pake bahasa Indonesia? Syukurlah..
    *manggut-manggut*

    BalasHapus
  5. salam sahabat
    membaca dan menyelami Blankon ini sangat unik yach mas Ar?tersimpan suatu hal yang luar biasa jadi semakin cinta bangsa,ehm kangen nich

    BalasHapus
  6. Sukses BlankOn 7.0 Pattimura..
    Cinta Indonesia,.

    BalasHapus
  7. maaf saya mau tanya, komen di blog pakde
    Kalau di Blogspot, biasa meletakan ALT setelah img, seperti contoh dibawah bu Lidya . Dan bisa ditambahkan juga Title, sperti contoh dibawah juga……………………………………………………………………………………………………………………………….n-left: 1em; margin-right: 1em;”>

    maksudnya gimana ya? saya mau menambahkan keywordnya dimana? email aja ya penjelasannya :)
    lidya.fitrian@gmail.com
    Thanks

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas