Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

PTK dan penelitian konvensional

PTK atau Penelitian Tindakan Kelas. Dari berbagai aspek antara PTK dan penelitian konvensional dapat dibedakan,yaitu:

-Aspek permasalahan, pada PTK masalah dirasakan dan dihadapi peneliti dalam melaksanakan tugas pekerjaannya.
PTK
Sedang dalam penelitian konvensional, Masalah dan hasil didapat dari pengamatan pihak lain termasuk sponsor.

-Aspek Tujuan, pada PTK bertujuan melakukan perbaikan, peningkatan dan atau perubahan kearah yang lebih baik. Pada Penelitian Konvensional cenderung hanya menguji hipotesis dan membuat generalisasi.

-Aspek Manfaat/Kegunaan, PTK hasilnya langsung terlihat dan dapat dinikmati peneliti dan obyek penelitiannya.
Untuk konvensional, tidak langsung terlihat dan biasanya dipakai sebagai saran/referensi.

-Aspek Teori: PTK dipakai sebagai dasar memilih dan menentukan solusi tindakan.
Sedang pada penelitian konvensional, dipakai sebagai dasar perumusan hipotesis/pertanyaan penelitian.

-Aspek Metodologi: PTK bersifat lebih fleksibel. Langkah kerja bersifat siklus dan setiap siklus ada empat tahapan. Analisis terjadi dalam proses setiap siklus.
Pada penelitian konvensional, menuntut paradigma penelitian yang jelas. Analisis dilakukan setelah data terkumpul, khususnya dalam penelitian kuantitatif.

KELEBIHAN PTK:
1. Guru bersama teman sejawat merupakan aktor utama dalam melakukan penelitian sehingga mereka melakukan kerjasama dalam melakukan penelitian
2. Para guru sebagai team work dalam penelitian tindakan dapat meningkatkan kreativitas dan daya kritisnya untuk dikembangkan dalam rangka perbaikan iklim pembelajaran
3. Para guru sebagai peneliti dapat melakukan tukar pengalaman dalam menentukan rencana, tindakan, observasi dan refleksi sehingga dapat menimbulkan motivasi untuk memperbaiki diri dan mengembangkan proses pembelajaran di kelas
4. Para guru dapat mengembangkan sikap terbuka dan demokratis

KELEMAHAN PTK:
1. PTK hasilnya cenderung tidak dapat digeneralisasikan
2. Pelaksanaan PTK, biasanya memerlukan waktu yang panjang (dalam prosesnya) dan memungkinkan perasaan enggan untuk melakukannya
3. Sulit untuk mengajak teman sejawat untuk melakukan perubahan-perubahan terhadap proses pembelajaran yang telah dilakukan selama bertahun-tahun secara konvensional
4. Dalam proses kelompok sebagai tim penelitian tindakan realitasnya sering terjadi tidak dalam suasana demokratis

Hopkins (1993) mengartikan PTK sebagai kegiatan yang dilakukan guru untuk meningkatkan kualitas mengajarnya atau kualitas mengajar teman sejawat atau untuk menguji asumsi-asumsi dari teori-teori pendidikan dalam prakteknya di kelas.
Dengan kata lain PTK pada hakikatnya merupakan suatu proses di mana melalui proses ini guru dan siswa menginginkan terjadinya perbaikan, peningkatan dan perubahan pembelajaran yang lebih baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.
T Raka Joni (1998) mengemukakan bahwa PTK merupakan suatu bentuk kajian yang
bersifat reflektif oleh pelaku tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan rasional dari tindakan-tindakan yang dilakukannya serta untuk memperbaiki kondisi-kondisi di mana praktek-praktek pembelajaran itu dilakukan.

Sumber:Tarunasena Ma'mur
Gambar:http://danang-tik.blogspot.com

38 komentar:

  1. Sudah saatnya memang PTK dijalankan, agar tujuan proses belajar mengajar tercapai secara maksimal.

    BalasHapus
  2. harus ada semangat yang tinggi untuk menjalankannya ya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bu..Semangaaaat!!!!....berteriak diatap ...

      Hapus
  3. Tetep semangat menjalankannya ya Pak Guru !

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya ...ini lagi benga-bengo...Suamangaaat!!!!

      Hapus
  4. Balasan
    1. lha ini pengen backlink....jangan lupa kalau sukses kau kirim lah sepiti duo piti kemari

      Hapus
  5. Tugas guru tidak mudah karena itu para guru harus dihargai.. Semoga sukses ya sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. aryadevi media belajar siswa1 Februari 2013 pukul 14.32

      semoga..semoga..semoga...dan anda pun juga mas fb...sukses berganda!

      Hapus
  6. ptk itu penelitian guru bersama-sama murid bukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aryadevi media belajar siswa1 Februari 2013 pukul 14.34

      bisa, bergantung dari masalah yang diangkat

      Hapus
  7. untuk memajukan pendidikan penting ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. aryadevi media belajar siswa1 Februari 2013 pukul 14.34

      arigato mas selo

      Hapus
  8. Penelitian Tindakan Kelas ternyata banyak manfaatnya....Salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. aryadevi media belajar siswa3 Februari 2013 pukul 16.10

      salam kenal mas

      Hapus
  9. 0DB66
    ----
    matadorbet
    ----
    ----
    ----
    ----
    ----
    ----
    ----

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas