PTK atau Penelitian Tindakan Kelas. Dari berbagai aspek antara PTK dan penelitian konvensional dapat dibedakan,yaitu:
-Aspek permasalahan, pada PTK masalah dirasakan dan dihadapi peneliti dalam melaksanakan tugas pekerjaannya.
Sedang dalam penelitian konvensional, Masalah dan hasil didapat dari pengamatan pihak lain termasuk sponsor.
-Aspek Tujuan, pada PTK bertujuan melakukan perbaikan, peningkatan dan atau perubahan kearah yang lebih baik. Pada Penelitian Konvensional cenderung hanya menguji hipotesis dan membuat generalisasi.
-Aspek Manfaat/Kegunaan, PTK hasilnya langsung terlihat dan dapat dinikmati peneliti dan obyek penelitiannya.
Untuk konvensional, tidak langsung terlihat dan biasanya dipakai sebagai saran/referensi.
-Aspek Teori: PTK dipakai sebagai dasar memilih dan menentukan solusi tindakan.
Sedang pada penelitian konvensional, dipakai sebagai dasar perumusan hipotesis/pertanyaan penelitian.
-Aspek Metodologi: PTK bersifat lebih fleksibel. Langkah kerja bersifat siklus dan setiap siklus ada empat tahapan. Analisis terjadi dalam proses setiap siklus.
Pada penelitian konvensional, menuntut paradigma penelitian yang jelas. Analisis dilakukan setelah data terkumpul, khususnya dalam penelitian kuantitatif.
KELEBIHAN PTK:
1. Guru bersama teman sejawat merupakan aktor utama dalam melakukan penelitian sehingga mereka melakukan kerjasama dalam melakukan penelitian
2. Para guru sebagai team work dalam penelitian tindakan dapat meningkatkan kreativitas dan daya kritisnya untuk dikembangkan dalam rangka perbaikan iklim pembelajaran
3. Para guru sebagai peneliti dapat melakukan tukar pengalaman dalam menentukan rencana, tindakan, observasi dan refleksi sehingga dapat menimbulkan motivasi untuk memperbaiki diri dan mengembangkan proses pembelajaran di kelas
4. Para guru dapat mengembangkan sikap terbuka dan demokratis
KELEMAHAN PTK:
1. PTK hasilnya cenderung tidak dapat digeneralisasikan
2. Pelaksanaan PTK, biasanya memerlukan waktu yang panjang (dalam prosesnya) dan memungkinkan perasaan enggan untuk melakukannya
3. Sulit untuk mengajak teman sejawat untuk melakukan perubahan-perubahan terhadap proses pembelajaran yang telah dilakukan selama bertahun-tahun secara konvensional
4. Dalam proses kelompok sebagai tim penelitian tindakan realitasnya sering terjadi tidak dalam suasana demokratis
Hopkins (1993) mengartikan PTK sebagai kegiatan yang dilakukan guru untuk meningkatkan kualitas mengajarnya atau kualitas mengajar teman sejawat atau untuk menguji asumsi-asumsi dari teori-teori pendidikan dalam prakteknya di kelas.
Dengan kata lain PTK pada hakikatnya merupakan suatu proses di mana melalui proses ini guru dan siswa menginginkan terjadinya perbaikan, peningkatan dan perubahan pembelajaran yang lebih baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.
T Raka Joni (1998) mengemukakan bahwa PTK merupakan suatu bentuk kajian yang
bersifat reflektif oleh pelaku tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan rasional dari tindakan-tindakan yang dilakukannya serta untuk memperbaiki kondisi-kondisi di mana praktek-praktek pembelajaran itu dilakukan.
Sumber:Tarunasena Ma'mur
Gambar:http://danang-tik.blogspot.com
-Aspek permasalahan, pada PTK masalah dirasakan dan dihadapi peneliti dalam melaksanakan tugas pekerjaannya.
Sedang dalam penelitian konvensional, Masalah dan hasil didapat dari pengamatan pihak lain termasuk sponsor.
-Aspek Tujuan, pada PTK bertujuan melakukan perbaikan, peningkatan dan atau perubahan kearah yang lebih baik. Pada Penelitian Konvensional cenderung hanya menguji hipotesis dan membuat generalisasi.
-Aspek Manfaat/Kegunaan, PTK hasilnya langsung terlihat dan dapat dinikmati peneliti dan obyek penelitiannya.
Untuk konvensional, tidak langsung terlihat dan biasanya dipakai sebagai saran/referensi.
-Aspek Teori: PTK dipakai sebagai dasar memilih dan menentukan solusi tindakan.
Sedang pada penelitian konvensional, dipakai sebagai dasar perumusan hipotesis/pertanyaan penelitian.
-Aspek Metodologi: PTK bersifat lebih fleksibel. Langkah kerja bersifat siklus dan setiap siklus ada empat tahapan. Analisis terjadi dalam proses setiap siklus.
Pada penelitian konvensional, menuntut paradigma penelitian yang jelas. Analisis dilakukan setelah data terkumpul, khususnya dalam penelitian kuantitatif.
KELEBIHAN PTK:
1. Guru bersama teman sejawat merupakan aktor utama dalam melakukan penelitian sehingga mereka melakukan kerjasama dalam melakukan penelitian
2. Para guru sebagai team work dalam penelitian tindakan dapat meningkatkan kreativitas dan daya kritisnya untuk dikembangkan dalam rangka perbaikan iklim pembelajaran
3. Para guru sebagai peneliti dapat melakukan tukar pengalaman dalam menentukan rencana, tindakan, observasi dan refleksi sehingga dapat menimbulkan motivasi untuk memperbaiki diri dan mengembangkan proses pembelajaran di kelas
4. Para guru dapat mengembangkan sikap terbuka dan demokratis
KELEMAHAN PTK:
1. PTK hasilnya cenderung tidak dapat digeneralisasikan
2. Pelaksanaan PTK, biasanya memerlukan waktu yang panjang (dalam prosesnya) dan memungkinkan perasaan enggan untuk melakukannya
3. Sulit untuk mengajak teman sejawat untuk melakukan perubahan-perubahan terhadap proses pembelajaran yang telah dilakukan selama bertahun-tahun secara konvensional
4. Dalam proses kelompok sebagai tim penelitian tindakan realitasnya sering terjadi tidak dalam suasana demokratis
Hopkins (1993) mengartikan PTK sebagai kegiatan yang dilakukan guru untuk meningkatkan kualitas mengajarnya atau kualitas mengajar teman sejawat atau untuk menguji asumsi-asumsi dari teori-teori pendidikan dalam prakteknya di kelas.
Dengan kata lain PTK pada hakikatnya merupakan suatu proses di mana melalui proses ini guru dan siswa menginginkan terjadinya perbaikan, peningkatan dan perubahan pembelajaran yang lebih baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.
T Raka Joni (1998) mengemukakan bahwa PTK merupakan suatu bentuk kajian yang
bersifat reflektif oleh pelaku tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan rasional dari tindakan-tindakan yang dilakukannya serta untuk memperbaiki kondisi-kondisi di mana praktek-praktek pembelajaran itu dilakukan.
Sumber:Tarunasena Ma'mur
Gambar:http://danang-tik.blogspot.com
Sudah saatnya memang PTK dijalankan, agar tujuan proses belajar mengajar tercapai secara maksimal.
BalasHapussepakat mas....siesie ^_^
Hapusharus ada semangat yang tinggi untuk menjalankannya ya pak
BalasHapusiya bu..Semangaaaat!!!!....berteriak diatap ...
HapusTetep semangat menjalankannya ya Pak Guru !
BalasHapuswah iya ...ini lagi benga-bengo...Suamangaaat!!!!
HapusIzin nyimpen ya brother Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia
BalasHapuslha ini pengen backlink....jangan lupa kalau sukses kau kirim lah sepiti duo piti kemari
HapusTugas guru tidak mudah karena itu para guru harus dihargai.. Semoga sukses ya sob
BalasHapussemoga..semoga..semoga...dan anda pun juga mas fb...sukses berganda!
Hapusptk itu penelitian guru bersama-sama murid bukan?
BalasHapusbisa, bergantung dari masalah yang diangkat
Hapusuntuk memajukan pendidikan penting ini
BalasHapusarigato mas selo
HapusPenelitian Tindakan Kelas ternyata banyak manfaatnya....Salam kenal
BalasHapussalam kenal mas
HapusYalova
BalasHapusHatay
Muş
Bursa
Mersin
EHO
kırklareli evden eve nakliyat
BalasHapusısparta evden eve nakliyat
istanbul evden eve nakliyat
ankara evden eve nakliyat
kırıkkale evden eve nakliyat
AUEUGU
https://istanbulolala.biz/
BalasHapusZMB3
yalova evden eve nakliyat
BalasHapustunceli evden eve nakliyat
giresun evden eve nakliyat
ağrı evden eve nakliyat
van evden eve nakliyat
KUİ6X3
düzce evden eve nakliyat
BalasHapusdenizli evden eve nakliyat
kırşehir evden eve nakliyat
çorum evden eve nakliyat
afyon evden eve nakliyat
0HSB
3E3FD
BalasHapusBatıkent Fayans Ustası
Düzce Lojistik
Çanakkale Evden Eve Nakliyat
Etimesgut Parke Ustası
Sivas Evden Eve Nakliyat
Kripto Para Borsaları
Huobi Güvenilir mi
Bursa Evden Eve Nakliyat
Karaman Evden Eve Nakliyat
B0636
BalasHapusKırıkkale Parça Eşya Taşıma
Sinop Lojistik
Bingöl Şehir İçi Nakliyat
Bilecik Parça Eşya Taşıma
Kayseri Şehir İçi Nakliyat
Zonguldak Lojistik
Sonm Coin Hangi Borsada
Samsun Evden Eve Nakliyat
Mardin Şehirler Arası Nakliyat
13873
BalasHapusTekirdağ Fayans Ustası
Nevşehir Parça Eşya Taşıma
Paribu Güvenilir mi
Diyarbakır Lojistik
Amasya Lojistik
Karabük Evden Eve Nakliyat
Aksaray Şehirler Arası Nakliyat
Cate Coin Hangi Borsada
Ardahan Parça Eşya Taşıma
AB824
BalasHapusKilis Şehirler Arası Nakliyat
Tekirdağ Şehir İçi Nakliyat
Gümüşhane Şehirler Arası Nakliyat
Batman Şehir İçi Nakliyat
Niğde Şehirler Arası Nakliyat
Bitranium Coin Hangi Borsada
Giresun Şehirler Arası Nakliyat
Kayseri Evden Eve Nakliyat
Diyarbakır Evden Eve Nakliyat
0B28D
BalasHapusErgo Coin Hangi Borsada
İstanbul Şehirler Arası Nakliyat
Sivas Evden Eve Nakliyat
Kayseri Şehir İçi Nakliyat
Ünye Koltuk Kaplama
Çerkezköy Çatı Ustası
Bitfinex Güvenilir mi
Gümüşhane Parça Eşya Taşıma
Gölbaşı Boya Ustası
F8139
BalasHapusBinance Referans Kodu
Ankara Boya Ustası
Gölbaşı Boya Ustası
Yozgat Evden Eve Nakliyat
Referans Kimliği Nedir
Keçiören Fayans Ustası
Çerkezköy Motor Ustası
Çerkezköy Boya Ustası
Silivri Evden Eve Nakliyat
AE861
BalasHapusresimli magnet
referans kimliği nedir
resimli magnet
resimli magnet
binance referans kodu
binance referans kodu
binance referans kodu
binance referans kodu
referans kimliği nedir
E0601
BalasHapussakarya sohbet uygulamaları
denizli canlı sohbet siteleri ücretsiz
balıkesir parasız sohbet
ankara canlı görüntülü sohbet odaları
sohbet chat
kırklareli canlı görüntülü sohbet uygulamaları
tokat sesli sohbet sitesi
rastgele görüntülü sohbet uygulamaları
kayseri mobil sohbet
72DF4
BalasHapusbalıkesir sesli sohbet sitesi
Aksaray Mobil Sohbet Chat
muş canlı görüntülü sohbet siteleri
canlı sohbet odası
kırşehir sohbet
sesli sohbet uygulamaları
hakkari mobil sohbet et
isparta ücretsiz görüntülü sohbet uygulamaları
kızlarla canlı sohbet
0AD62
BalasHapusücretsiz sohbet uygulaması
manisa mobil sohbet siteleri
Aydın Canlı Sohbet Siteleri
Urfa Görüntülü Canlı Sohbet
düzce görüntülü sohbet uygulama
Karabük Rastgele Sohbet Uygulaması
bursa canlı sohbet bedava
sesli görüntülü sohbet
görüntülü sohbet uygulama
DA1F3
BalasHapusbedava sohbet chat odaları
ağrı sesli sohbet
ordu canlı sohbet et
Muş Rastgele Sohbet Uygulaması
edirne canlı görüntülü sohbet uygulamaları
kütahya bedava sohbet
aydın sesli sohbet uygulamaları
Kırklareli Görüntülü Sohbet Sitesi
canlı sohbet odası
9B977
BalasHapusSui Coin Hangi Borsada
Telegram Görüntüleme Satın Al
Görüntülü Sohbet Parasız
Pinterest Takipçi Hilesi
Bitcoin Nasıl Kazanılır
Spotify Dinlenme Hilesi
Binance Referans Kodu
Mefa Coin Hangi Borsada
Parasız Görüntülü Sohbet
FE653
BalasHapusellipal
arbitrum
solflare
shiba
uwu lend
trezor suite
ledger wallet
galagames
metamask
8E8CE
BalasHapuscanlı sohbet ücretsiz
okex
yulaf bal sabunu
kraken
okex
güvenilir kripto para siteleri
paribu
kraken
bitexen
4D7E4
BalasHapusbitcoin haram mı
referans kodu
kripto para nasıl alınır
telegram kripto para
binance
binance
papaya
paribu
en düşük komisyonlu kripto borsası
11FE8
BalasHapuskripto para haram mı
bitexen
kizlarla canli sohbet
telegram kripto grupları
canlı sohbet siteleri
bybit
mexc
referans kodu
bybit
0DB66
BalasHapus----
matadorbet
----
----
----
----
----
----
----