Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Tujuan Pendidikan

Taksonomi Bloom
Taksonomi Tujuan Pendidikan Menurut Bloom.
Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah mereka menerima pengalaman belajarnya. Untuk mengevaluasi hasil belajar siswa yang diharapkan, diperlukan tujuan yang bersifat operasional yaitu tujuan berupa tingkah laku yang dapat dikerjakan dan diukur. Tujuan berkaitan dengan sifat secara operasional dan tujuan pembelajaran khusus.
Benyamin Bloom mengklasifikasikan kemampuan hasil belajar ke dalam tiga kategori, yaitu:

1. Ranah kognitif, meliputi kemampuan menyatakan kembali konsep atau prinsip yang telah dipelajari dan kemampuan intelektual.

2. Ranah afektif, berkenaan dengan sikap dan nilai yang terdiri atas aspek penerimaan, tanggapan, penilaian, pengelolaan, dan penghayatan (karakterisasi).

3. Ranah psikomotorik, mencakup kemampuan yang berupa keterampilan fisik (motorik) yang terdiri dari gerakan refleks, keterampilan gerakan dasar, kemampuan perseptual, ketepatan, keterampilan kompleks, serta ekspresif dan interperatif

Gambar:http://blog.umy.ac.id

6 komentar:

  1. Sangat kompleks, tapi hal yang peling penting adalah peranan orang tua adan standarisasi orang tua agar pendidikan itu bisa di cerna dan di manfaatkan dengan baik. Bukan lag di belokkan, seperti moral anak bangsa sekarang ini ... Pendidikan artinya sangat indah tapi realitanya ??? lets move on pendidikan Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. aryadevi media belajar siswa4 Maret 2013 18.06

      lets move!!

      Hapus
  2. dari ketiga ranah harus dikuasai pak? tapi kadang anak2 ada yang emnonkol disalah satu ranah aja ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aryadevi media belajar siswa4 Maret 2013 18.01

      iya bu, tidak semua menonjol, tapi hendaknya dari ketiga itu diterapkan ke anak-anak, kemudian tinggal menunggu hasil diakhir...bagian mana yang paling dominan...baru dimaksimalkan

      Hapus
  3. .. kalo ada anak yg dapat mencangkup ketiga ranah hal tersebut, pasti dapat dikatakan cerdas ya pak?!? ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu semua bagian mendasar dari metode untuk pengajaran yang efektif. Semua punya potensi dari ketiga ranah tsb. Semua saling mendukung untuk metode pengajaran yang baik.

      Hapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas