Taksonomi Tujuan Pendidikan Menurut Bloom.
Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah mereka menerima pengalaman belajarnya. Untuk mengevaluasi hasil belajar siswa yang diharapkan, diperlukan tujuan yang bersifat operasional yaitu tujuan berupa tingkah laku yang dapat dikerjakan dan diukur. Tujuan berkaitan dengan sifat secara operasional dan tujuan pembelajaran khusus.
Benyamin Bloom mengklasifikasikan kemampuan hasil belajar ke dalam tiga kategori, yaitu:
1. Ranah kognitif, meliputi kemampuan menyatakan kembali konsep atau prinsip yang telah dipelajari dan kemampuan intelektual.
2. Ranah afektif, berkenaan dengan sikap dan nilai yang terdiri atas aspek penerimaan, tanggapan, penilaian, pengelolaan, dan penghayatan (karakterisasi).
3. Ranah psikomotorik, mencakup kemampuan yang berupa keterampilan fisik (motorik) yang terdiri dari gerakan refleks, keterampilan gerakan dasar, kemampuan perseptual, ketepatan, keterampilan kompleks, serta ekspresif dan interperatif
Gambar:http://blog.umy.ac.id
Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah mereka menerima pengalaman belajarnya. Untuk mengevaluasi hasil belajar siswa yang diharapkan, diperlukan tujuan yang bersifat operasional yaitu tujuan berupa tingkah laku yang dapat dikerjakan dan diukur. Tujuan berkaitan dengan sifat secara operasional dan tujuan pembelajaran khusus.
Benyamin Bloom mengklasifikasikan kemampuan hasil belajar ke dalam tiga kategori, yaitu:
1. Ranah kognitif, meliputi kemampuan menyatakan kembali konsep atau prinsip yang telah dipelajari dan kemampuan intelektual.
2. Ranah afektif, berkenaan dengan sikap dan nilai yang terdiri atas aspek penerimaan, tanggapan, penilaian, pengelolaan, dan penghayatan (karakterisasi).
3. Ranah psikomotorik, mencakup kemampuan yang berupa keterampilan fisik (motorik) yang terdiri dari gerakan refleks, keterampilan gerakan dasar, kemampuan perseptual, ketepatan, keterampilan kompleks, serta ekspresif dan interperatif
Gambar:http://blog.umy.ac.id
Sangat kompleks, tapi hal yang peling penting adalah peranan orang tua adan standarisasi orang tua agar pendidikan itu bisa di cerna dan di manfaatkan dengan baik. Bukan lag di belokkan, seperti moral anak bangsa sekarang ini ... Pendidikan artinya sangat indah tapi realitanya ??? lets move on pendidikan Indonesia
BalasHapuslets move!!
Hapusdari ketiga ranah harus dikuasai pak? tapi kadang anak2 ada yang emnonkol disalah satu ranah aja ya
BalasHapusiya bu, tidak semua menonjol, tapi hendaknya dari ketiga itu diterapkan ke anak-anak, kemudian tinggal menunggu hasil diakhir...bagian mana yang paling dominan...baru dimaksimalkan
Hapus.. kalo ada anak yg dapat mencangkup ketiga ranah hal tersebut, pasti dapat dikatakan cerdas ya pak?!? ..
BalasHapusitu semua bagian mendasar dari metode untuk pengajaran yang efektif. Semua punya potensi dari ketiga ranah tsb. Semua saling mendukung untuk metode pengajaran yang baik.
Hapus