Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Keistimewaan Al-Qur'an

Al-Qur'an
Keistimewaan Al-Qur’an dalam Membaca dan Mendengarkannya.
Definisi Al-Qur’an:
“Kalam Allah Subhanahu wata'ala yang merupakan Mu’jizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam yang dituliskan dalam mushaf dan diriwayatkan secara mutawatir serta membacanya merupakan ibadah.”

“Sesungguhnya hasud itu dilarang, kecuali pada dua hal, yaitu kepada orang yang diberi Allah Kitab Suci Al-Qur’an dan ia membacanya siang dan malam, dan kepada orang yang Allah anugerahkan kepadanya harta, maka ia pergunakannya harta itu siang dan malam untuk segala sesuatu yang diridhoi Allah.” (H.R. Bukhari dan Muslim)
“Kepada kaum yang suka berjama’ah di rumah-rumah ibadat, membaca Al-Qur’an secara bergiliran dan mengajarkan terhadap sesamanya, akan turunlah kepadanya ketenangan dan ketentraman, akan terlimpah padanya rahmat, dan mereka akan dijaga oleh malaikat, dan Allah akan selalu mengingat mereka.” (H.R. Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu)

“Hendaklah kamu beri nur (cahaya) rumah tanggamu dengan shalat dan dengan membaca AlQur’an.” (H.R. Baihaqi dari Anas radhiyallahu anhu)

“Perbanyaklah membaca Al-Qur’an di rumahmu, sesungguhnya di dalam rumah yang tidak ada orang membaca Al-Qur’an, akan dijumpai sedikit sekali kebaikan di rumah itu, dan akan banyak sekali kejahatan, serta penghuninya merasa selalu susah.” (H.R. Daru Quthni dari Anas radhiyallahu anhu)

Di dalam Kitab Riyadush-shalihin disebutkan riwayat Muslim dari Abu Umamah radhiyallahu anhu, Rasulullah pernah bersabda:
“Bacalah Al-Qur’an karena sesungguhnya Al-Qur’an itu nanti pada hari Kiamat akan datang memberi syafa’at kepada orang yang membacanya.” (H.R. Muslim)

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah maka ia mendapat satu kebaikan. Setiap kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan ‘alif laam miim’ satu huruf tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (H.R. At Turmudzi dari Ibnu Mas’ud)

Mengenai mendengarkan Al-Qur’an dalilnya di dapat di dalam Al-Qur’an berikut ini.

“Apabila dibacakan Al-Qur’an, maka dengarkanlah (dengan baik) dan perhatikanlah dengan tenang, agar kamu mendapat rahmat.” (Q.S. Al-A’raaf, 7:204)
“Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu, hanyalah mereka yang apabila disebut nama Allah, bergetar hatinya, dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, bertambahlah iman mereka karenanya dan kepada Tuhanlah mereka bertawakkal.” (Q.S. Al-Anfaal, 8:2)
Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam suatu malam terlambat pulang dikarenakan terpikat oleh bacaan Abu Musa Al Asy’ari. Begitupula pada saat beliau gelisah hatinya, ia meminta dibacakan Al-Qur’an kepada Ibnu Mas’ud hingga matanya meneteskan air.
***
Untuk sumber belajar siswa (pengulangan/tambahan) dalam memahaminya sebagai kompetensi pengetahuan dan menerapkannya dalam keseharian sebagai kompetensi keterampilan.

Artikel ini masih berhubungan dengan artikel Keutamaan Al-Qur'an-5 Agustus 2012.
Gambar:www.onislam.net

1 komentar:

  1. saya berusaha selalu meluangkan waktu buat baca Al Qur'an meski hanya beberapa ayat yang penting istiqamah mas

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas