Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Manfaat Seni Untuk Siswa

Manfaat seni untuk siswa
SISWA dan Seni
Menurut Ruppert (2006) pengalaman belajar dalam seni berkontribusi pada pengembangan keterampilan akademik, termasuk bidang membaca, pengembangan bahasa, dan matematika.
Dalam studi Ruppert pada manfaat seni terhadap prestasi belajar siswa, ia menemukan bahwa, "bentuk-bentuk tertentu dari instruksi seni meningkatkan dan melengkapi keterampilan dasar membaca, perkembangan bahasa dan keterampilan menulis".
Dia menjelaskan bagaimana menari telah digunakan untuk mengembangkan kesiapan membaca pada anak-anak/siswa yang sangat muda, dan studi musik telah memberikan konteks untuk kemampuan bahasa mengajar.
Manfaat seni untuk siswa atau dengan memberi kesempatan untuk berlatih seni, beberapa di antaranya adalah:
- Akses kecerdasan ganda,
- Mengembangkan kemampuan berpikir yang lebih tinggi,
- Meningkatkan pemahaman multikultural,
- Membangun harga diri,
- Mendapatkan respons emosional positif terhadap pembelajaran,
- Terlibat dengan melalui berbagai gaya belajar.
Mengapa kita harus memperkenalkan seni sedini mungkin?
Menurut Wright (2003) anak-anak bertanya-tanya di dunia, dan mereka melihat dan menyentuh dan mendengarkan saat mereka belajar lebih banyak tentang lingkungan mereka.
Untuk alasan ini kita harus menyediakan kegiatan yang dapat mendorong anak-anak untuk membuat gambar, untuk mengeksplorasi pikiran dan ide-ide mereka, dan untuk berkomunikasi pemikiran mereka untuk diri mereka sendiri dan orang lain.
Kurikulum yang baik yang meliputi pendidikan seni dapat membantu anak-anak untuk menemukan koneksi logis dan untuk mengembangkan ekspresi, dan asimilasi melalui bermain artistik mereka.
Seni adalah sarana penting untuk ekspresi diri (Wright, 2003).

Spontanitas, imajinasi, bermain, eksperimentasi, dan kurangnya kekangan/halangan adalah komponen yang diinginkan untuk membuat seni dan untuk mempromosikan kebebasan berekspresi.
Siswa belajar untuk mengekspresikan diri dengan cara yang berbeda - bukan hanya secara lisan.
Bahkan ketika ekspresi non-verbal, belajar sangat penting dan pemindahan dapat berlangsung.
Mereka bisa menari, menjiwai peran yang akan mewarnai perasaan mereka. Pengalaman belajar seni mengakomodasi siswa dengan gaya belajar yang berbeda dan juga menyesuaikan siswa dengan kebutuhan emosional atau masalah perilaku.
Siswa yang mengalami kesulitan mengekspresikan diri secara verbal mungkin unggul dalam lukisan, menari atau menggambar. Karena banyak dari kita melihat peran kita di kelas untuk memberikan setiap siswa dengan kesempatan yang sama untuk berhasil dalam hidup, kita tidak bisa mengabaikan aspek penting dari pembelajaran dan kecerdasan.

(bersambung)
sumber: http://iteslj.org
gambar:carapedia.com

3 komentar:

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas