Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Bersiasatlah-Tuhan juga sebagai penolong

Bersiasatlah-Tuhan juga sebagai penolong, sebagai gambaran betapapun hebat dan baiknya tipu muslihat yang dibuat manusia, Tuhan juga sebagai penentu.

Tipu daya/muslihat untuk menutupi kejahatan, berbuat licik, secara diam mengatur siasat untuk sesuatu yang menyakitkan orang lain.
Untuk manusia-manusia yang bertauhid, Tidak usah ragu dan yakinilah, cukup berlindung kepada Tuhan seru sekalian alam, Allah Subhanahu wa ta'ala.

Dan landasannya, sangat jelas.
QS alImran ayat 54

Berikut dari berbagai tafsir untuk QS. al Imran ayat 54:

-Tafsir Jalalayn:
(Mereka mengatur tipu daya) maksudnya orang-orang kafir dari golongan Bani Israil terhadap Isa karena menunjuk orang yang akan membunuhnya secara diam-diam (dan Allah membalas tipu daya mereka) dengan jalan mengubah muka seorang seperti Isa sehingga mereka bunuh sedangkan Isa diangkat ke langit (dan Allah sebaik-baik yang membalas tipu daya.)

-Tafsir Quraish Shihab:
Pengikut-pengikut 'Isâ yang ingkar, secara sembunyi-sembunyi merencanakan hendak memerangi ajakannya. Allah kemudian menggagalkan rencana dan tipu daya itu sehingga mereka pun tidak berhasil mencapai tujuan. Dan, Allah adalah perencana yang paling tepat dan paling kuat.


Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah Ali ‘Imran 54
وَمَكَرُوا وَمَكَرَ اللَّهُ وَاللَّهُ خَيْرُ الْمَاكِرِينَ (54)
Sesudah Allah menerangkan tentang kaum Hawariyyin maka dalam ayat ini Allah menerangkan sikap Bani Israel terhadap Isa as, mereka membuat tipu daya dan bermaksud membinasakannya dengan jalan melaporkan dan memfitnah Isa as kepada raja mereka.

Tetapi Allah memperdayakan dan menggagalkan tipu daya mereka itu dan mereka tidak herhasil membuisuhnya.
Beliau diangkat ke langit oleh Allah Subhanahu wa ta'ala dan diganti dengan orang yang serupa dengan beliau.
sehingga orang-orang yakin bahwa yang disalib itu adalah Isa.
Tipu muslihat Allah mengatasi tipu muslihat mereka, dan menimpakan kesengsaraan kepada orang-orang kafir itu, tanpa mereka perkirakan. Rencana Tuhan yang tak diketahui oleh hambu-hamba Nya, sebenarnya adalah untuk menegakkan sunah Nya dan menyempumakan hikmah Nya.


Tafsir al Azhar
"Dan mereka telah membuat tipudaya." (pangkal ayat 54).
Yaitu kaum Nabi Isa as, yang tidak mau percaya kepada risalat beliau itu, kaum Bani Israil. Mereka telah mengatur siasat-siasat yang buruk hendak menyingkirkan Nabi Isa Almasih dari muka bumi, tegasnya hendak membunuh beliau.

"Tetapi Allahpun telah menipudaya pula."
Artinya tipudaya mereka yang busuk itu, hendak membunuh seorang Utusan Allah telah dibalas oleh Allah dengan tipudayaNya pula. Tipudaya si kafir dengan jalan yang jahat dan maksud yang jahat, sedang tipudaya Allah tidak lain daripada jalan yang baik dan maksud yang baik, sehingga Nabi Isa Almasih terlepaslah dari bahaya tipudaya mereka itu.

Itu sebabnya maka tersebut di ujung ayat:
"dan Allah adalah sepandai pandai (pembalas) tipudaya." (ujung ayat 54).

Kalau manusia yang mempunyai maksud buruk mengadakan tipudaya agar maksud buruknya itu tercapai, maka Tuhan pun lebih pandai mengadakan tipudaya dengan maksudNya yang baik, sehingga kalahlah maksud tipudaya mereka itu oleh tipudaya Tuhan.
Dengan ini nyatalah kalau di dalam al-Qur'an tersebut Tuhan membalas tipudaya manusia yang salah, bukanlah berarti Tuhan mengadakan tipudaya yang buruk seperti manusia yang bermaksud jahat itu.
Pada ayat selanjutnya diterangkan Tuhanlah bagaimana pandainya Dia menjawab tipudaya manusia yang jahat itu terhadap Nabi Isa Almasih Alaihis Salam, sehingga beliau terlepas dari bahaya maut yang telah mereka atur, yaitu supaya Nabi Isa hendaknya mati disalib.


Asbabun Nuzul dari ayat 54 QS. al Imran tersebut sangat jelas, dan dengan kondisi kekinian yang berbeda zaman, peristiwa, tetapi tetaplah menjadi jawaban untuk orang-orang yang bermuslihat sejahat apapun kadarnya, tetap Tuhan juga sebaik-baiknya pembalas tipu daya.

2 komentar:

  1. berubah lagi tampilan blognya... salam hangat dari karang rejo... Balikpapannya di mana gan?

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas