Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Prakarya dan Kewirausahaan

Melanjutkan hasil dari Workshop kurikulum 2013 di SMAN 2 Balikpapan, Sebagai akselerasi pengganti dan pengembangan dari mata pelajaran TIK (Teknologi dan Informasi Komputer) adalah Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan.

Dalam pengertiannya, Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan dapat digolongkan ke dalam pengetahuan ­transcience-knowledge, yaitu mengembangkan pengetahuan dan melatih keterampilan kecakapan hidup berbasis seni dan teknologi berbasis ekonomis.

Pembelajaran ini berawal dengan melatih kemampuan ekspresi kreatif untuk menuangkan ide dan gagasan agar menyenangkan orang lain, dan dirasionalisasikan secara teknologis sehingga keterampilan tersebut bermuara apresiasi teknologi terbarukan, hasil ergonomis dan aplikatif dalam memanfaatkan lingkungan sekitar dengan memperhatikan dampak ekosistem, manajemen dan ekonomis.

Pandangan secara rasional bahwa dalam kehidupan dan berkehidupan, manusia membutuhkan keterampilan tangan untuk memenuhi standar minimal dan kehidupan sehari-hari sebagai kecakapan hidup.

Keterampilan harus menghasilkan karya yang menyenangkan bagi dirinya maupun orang lain serta mempunyai nilai kemanfaatan yang sesungguhnya, untuk itu pelatihan berkarya dengan menyenangkan harus dimulai dengan memahami estetika (keindahan) sebagai dasar penciptaan karya selanjutnya.
Dalam rangkaian menemukan karya yang bermanfaat dilatihkan mencipta, memproduksi dan memelihara yang ada kemudian memperoleh nilai kebaruan (novelty) sehingga bermanfaat untuk kehidupan selanjutnya.

Untuk lebih terperinci  silahkan baca dibawah (diunduh juga bisa) sebagai bahan pelengkap mendalami tentang tujuan, ruang lingkup materi dan banyak lagi.....

Tulisan ini terkait dengan Workshop Kurikulum 2013 di SMAN 2 Balikpapan.

Tautan unduh untuk lampiran dokumen diatas: Prakarya dan kewirausahaan

45 komentar:

  1. Secara umum mata pelajaran Prakarya dan kewirausahaan sebagai pengembangan, didalamnya terdapat ruang lingkup materi yang banyak dan luas, seperti Materi Pelajaran Kerajinan, Mapel Rekayasa, Mapel Budidaya dan Mapel Pengolahan.
    Minimal 2 Mapel bisa diterapkan disekolah-sekolah, seperti halnya materi Rekayasa sebagai pengganti mapel TIK.

    BalasHapus
  2. Nice info prakarya dan kewirausahan ga sangat bermanfaat untuk saya hari ini .,

    BalasHapus
  3. Yang ngajar Prakarya & Kewirausahaan bagus bila punya background ilmu: Pend. Seni Rupa, Ekonomi atau TIK. sehingga guru guru tadi tidak kekurangan jam ngajar ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf,..biasakan berkomentar dengan identitas yang jelas.....

      disini biasa menerima masukan dan kritikan ..apapun...tapi dengan identitas yang jelas juga tentunya, jadi bisa saling menjalin komunikasi...

      terimakasih

      Hapus
  4. pak mau tanya, kalau materi ajar tentang prakarya dan kewirausahaan teori-teori apa yang perlu kita masukkan pak? kebetulan saya guru baru tamat wisuda maret 2013 dan dipercayakan buat mapel prakarya dan kewirausahaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mba Desi, atas responnya.
      teori-teori yang diperlukan untuk mapel prakarya dan kewirausahaan dikerucutkan lagi kepada 4 ruang lingkup yang hendak kita ambil sebagai bahan ajar.
      Jika yang diambil adalah Ruang lingkup Kerajinan tangan, maka hubungannya adalah kepada prinsip-prinsip berikut yakni: mengamati,mendorong,mengumpulkan,melakukan,menampilkan,dan merekonstruksikan ( prinsip-prinsip ini berlaku sama untuk ruang lingkup lainnya).
      Dan sesuai dengan tuntutan atau didasari dengan kebangsaan, budaya lokal, karakter dan alam, maka hasil-hasil kerajinan tangan dari kebudayaan lokal dapat diambil sebagai bahan ajar dan diteorikan.

      Hapus
    2. terimakasih juga atas responya pak arya, bearti dalam lingkup prakarya dan kewirausahaan ada 4 aspek yg tercakup, pertama aspek kerajinan tangan, kedua rekayasa ketiga aspek budidaya dan keempat aspek pengolahan. jd kita tidak perlu mengambil keseluruhan aspek y pak?? jadi kita fokuskan untuk satu aspek ya pak? maaf pak karna saya juga masih bingung, krna saya guru baru, terimakasih banyak atas bantuan dan saran bapak

      Hapus
    3. terimakasih juga atas responya pak arya, bearti dalam lingkup prakarya dan kewirausahaan ada 4 aspek yg tercakup, pertama aspek kerajinan tangan, kedua rekayasa ketiga aspek budidaya dan keempat aspek pengolahan. jd kita tidak perlu mengambil keseluruhan aspek y pak?? jadi kita fokuskan untuk satu aspek ya pak? maaf pak karna saya juga masih bingung, krna saya guru baru, terimakasih banyak atas bantuan dan saran bapak

      Hapus
    4. iya mba desi, begitulah yang saya pahami dari hasil workshop kur.2013. Dari draft dokumen diatas juga disebutkan sekolah minimal 2 ruang lingkup bisa diambil dan diajarkan.

      Hapus
  5. aduhhhh, ada tugas di suruh bikin ginian bikin aku stresss -,-" padahal gag tau apa2 ttg tuh pelajaran

    BalasHapus
  6. apakah mas punya file buku prakarya dan kwu? klo iya, saya minta filenya mas..karena saya tidak ikut workshop wong penunjukan saya sebagai guru prakarya baru saja bulan agustus kemarin. sebelumnya trimakasih banyak bila mas bersedia membagi file bukunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang dimaksud adalah Buku Prakarya dan Kewirausahaan (buku cetak/panduan/pegangan) saya tidak ada. Kemarin saat "workshop" hanya dibagikan file-file berisi KI-KD, Silabus (contoh), permendikbud dan banyak lagi sebagai pedoman menghadapi kur213.

      Meng-iyakan untuk komentar bapak Zack Soeteja dibawah......buku Pkr untuk SMA masih disusun......susun

      Hapus
  7. kalau file buku prakarya untuk SMP tinggal mendownload saja walaupun baru kelas 7 dan 8...sedangkan untuk SMA sampai hari ini masih disusun....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya hal ini juga yang sebenarnya jadi kendala.....dan mungkin bagi pemerintah masalah ini dianggap "relatifsssss" pake s -__-.... bukan kendala.

      tidak apa bagi setiap...atau yang namanya ujung tombak..selalu babak belur dulu....

      Hapus
  8. salam horamat,pak arya!!saya juga sedang membutuhkan contoh RPP prakarya/ wirus yg sesuai dg kurikulum 2013,mohon bantuannya....matur nuwun sblmnya, pak!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mr.Fa dan salam hormat pula dari saya ^_^...
      kami..saya dan rekan guru TIK mengambil Ruang Lingkup Rekayasa sebagai konsentrasi dari Mapel Prakarya&Kewirausahaan.
      kemudian kami kembangkan lagi dan konsentrasi pada Desain Grafis yang mengambil pada aplikasi-aplikasi gambar vektor dan berbasis freeware-Open Source.
      Dari itu, arah pembelajarannya adalah bagaimana siswa membuat aneka motif/corak kain/baju/kaos yang tetap mengangkat budaya lokal dan bernilai jual.
      untuk RPP-nya belum semua kami rampungkan, sambil jalan dan mengajar....begitu juga sembari membuat tutorial2 pembelajaran desain grafis.

      Hapus
  9. mencari buku prakarya dan kewirausahaan untuk SMA,
    kok sulit sekali, kira" penerbit buku mana yg sdh ada buku tsb? tlg bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sama mas, itu juga yang menjadi "masalah", tetapi kami mengambil jalan dengan menyesuaikan saja...artinya karena kami konsentrasi pada ruang lingkup REKAYASA- Desain grafis, maka banyak sumber tentang desain grafis menjadi acuan kami....misal tutorial Inkscape dan pengembangannya pada pembuatan motif/corak di kain/baju...

      Hapus
  10. Pak, tolong kalau ada contoh silabus prakarya untuk SMK, saya juga masih bingung mau ngajarkan apa pada siswa sedangkan silabusnya blm ada, baru KI dan KD, kalau misal ngambil kerajinan bisakah disesuaikan dengan bahan baku yang ada di daerah setempat, kebetulan saya di SMK teknik Rekayasa, mohon bantuannya, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas kunjungannya ^_^
      untuk silabus prakarya dan kewirausahaan, disesuaikan dengan Ruang Lingkup yang mau diambil (konsentrasi).
      untuk silabusnya, kemarin kami buat berdasarkan hasil Linearitas KI-KD Prakarya&Kewirausahaan.
      Silahkan dilihat lagi pada artikel http://arya-devi.blogspot.com/2013/07/silabus-rekayasa-desain-grafis.html

      dan untuk linearitasnya ada di http://arya-devi.blogspot.com/2013/07/rekayasa-desain-grafis.html

      Hapus
  11. Maaf pak, jika ruang lingkup Rekayasa saya berikan materi tentang pemrograman komputer (web programming) kira-kira bisa nggak ya pak ? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas Irawan, untuk sementara ini ...dari yang saya pahami, memang bisa saja kita oreantasikan (dari RL rekayasa) keberbagai bidang mapel dilingkungan IT, seperti pemrograman komputer. Tinggal pengembangannya mesti merangkul pada tujuan kewirausahaan dan rekayasa tentunya....

      Dan ini juga belum maksimal, dengan maksud dari pemerintah sendiri belum (masih menyusun) buku-buku acuan untuk Prakarya dan Kewirausahaan SMA/SMK/MA.

      Hapus
  12. Aam widyaningsih28 Oktober 2013 10.42

    aq masih bingung nih.....praktek prakarya buat anak-anak STM otomotif dan mesin ?kira2 apa ya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kira-kira.....dilihat dari lingkungkan sekolah ibu saja ^_^...pengolahan limbah sampah, mengolah sampah-sampah otomotif................menjadi barang seni atau.....? ^_^

      Hapus

  13. infonya sangat menarik dan artikelnya juga berkualitas
    http://goo.gl/8hgP2f

    BalasHapus
  14. Mas, dari 4 bidang yang ada di Mapel ini apakah harus diambil semua? kebanyakan sekolah memberikan pelajaran ini kepada guru ekonomi, padahal banyak juga guru ekonomi yang kurang mempunyai jiwa wirausaha..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari yang sy baca di draft tuntunan mengenai Mapel Prakarya dan Kewirausahaan, pihak sekolah minimal 2 ruang lingkup dijalankan, jadi ga harus 4 ruang lingkup.

      Tidak mesti guru ekonomi sebenarnya, kita melihatnya dari tinjauan sederhana yaitu bagaimana menghasilkan produk yang bernilai jual....
      memang di mapel Pkr dan Kewirausahaan ini anak dituntut berpikir kreatif mulai dari membuat/mengolah bahan mentah kemudian mengkreasikannya agar mempunyai nilai jual (bermutu, unik, menarik, manfaat).

      Hapus
  15. malam pak, pak belum ada nge share kisi2 untuk sni kah pak buat ujian semesterini thx Gilberd marada Pakpahan X IPS 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar....sabar..sabar...ntar juga di poskan

      Hapus
  16. Saya menyediakn buku prakarya dan kewirausaan, yang berminat bisat menghubungi saya di istiyanto.com atau HP. 081227992609 (P. Heri Istiyanto Yogyakarta)

    BalasHapus
  17. sayangnya ditempat saya belum ada test tentang kewirausahaan ini

    BalasHapus
  18. Malam pak Arya, saya juga guru TIK yg skrg ngajar Prakarya. Kebetulan saya jg klas 10 ini memberikan materinya rekayasa-desain grafis yg sy bawa ke desain batik. Pada saat di klas 11 nanti saya ingin hasil desain batik tsb akan dijadikan batik beneran..maksud sy jadinya kami bener2 akan membuat batik. Menurut pak Arya, bisa nggak spt itu..kls 10 rekayasa, kls 11 kerajinan kmdn nanti kls 12nya akan dikasih ttg penjualannya. kayaknya jg agak melenceng dari silabus. Gimana tu pak? Thx sharingnya.

    Rhien

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bu Rhien, bisa saja begitu, karena yang lebih paham akan sarana prasarana sekolah adalah ibu sendiri..

      Sarana prasarana sekolah sama penting dengan program/kurikulum yang kita jalankan....

      Hapus
  19. malam pak arya. seneng banget lg bingung2 nya eh pas browsing ktemu blog nya bapak. Mau tanya pak ya. kn bpak bilang di comment atas itu minimal 2 mapel kn. nah kalo smester ganjil kmren sya ksh materi kerajinan tekstik tp msh sderhna blm trlalu tinggi krna memang sesuai dengan sumber daya di daerah kami. nah boleh ga pak kalo dsemester genap sya ksh materi pebgolahan atau budidaya. so, materi sperti apa yg hrus sya kasih ke siswa agar bner2 brmanfaat dan ga skedar teori. mohon balasan nya pak ya. Thankyou

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih bu fenny, dalam setiap silabusnya (ruang lingkup Rekayasa/Kerajinan/Pengolahan atau Budidaya) mengalokasikan 2 semester bu.....
      Atau dengan kalimat lain satu ruang lingkup, misal Rekayasa diselesaikan selama 2 semester. .. itu yang saya amati dari silabus rekayasa juga ruang lingkup lainnnya.

      Hapus
    2. Mengenai Pengolahan atau Budidaya, bisa ibu lihat potensi dilingkungan dan juga sarana prasarana di sekolah.
      memang benar supaya tidak sekedar teori, tentunya siswa mesti terjun dalam banyak kegiatan yang terfokus ke ruang lingkup tersebut.

      Hanya saja,...maaf kalau saya katakan mapel ini masih taraf uji coba (pemerintah juga belum menyediakan buku-buku penunjang yang resmi untuk level SMA) maka tidak salah juga kalau sementara ini lebih banyak teori dahulu, disamping apakah sekolah siap menyediakan sarana prasarana untuk RL (Ruang Lingkup) Pengolahan atau Budidaya misalnya....?????

      Ini semua memang diserahkan pada guru yang mengampu, bagaimana dia berkreasi, berinovasi dengan segala keterbatasan sarana prasarana, sehingga siswa tidak hanya berteori....yaaaaaaaaaaaah itu semua kembali lagi pada kita bu.....

      Hapus
  20. Saya Tubagus Agusnata, SMKN 1 Bawen. Memang pel. ini masih membingungkan. Karena kalau saja kita menerapkan pilihan materi sesuai dengan jurusan yang ada di sekolah, maka akan bebrbenturan dengan pelajaran produktip. Jika kita lihat di pelajaran SMP maka sepertinya semua (4) bidang tersebut diberikan kepada siswa, hanya ada penguatan di bidang tertentu yang dipilih atau sesuai kemampuan.

    BalasHapus
  21. Saya Rostanty SMA 1 Jekulo Kudus . untuk mapel prakarya materi pengolahan, adakah bpk punya contoh rpp materi pengolahan, karena saya mencari cari sampai sekarang belum ada contohnya yang sesuai KD pada silabus prakarya dan kewirausahaan SMA. terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf bu, sy sendiri hanya punya RPP rekayasa

      Hapus
  22. Pengetahuan prakarya dan kewirausahaan sangat bagus dikembangkan untuk meningkatkan daya saing negara kita. Semakin banyak yang berwirausaha semakin berkembang perekenomian kita.

    BalasHapus
  23. memang prakarya dan aspek kewirausahaan menjadi faktor penting dalam meningkatkan mutu pendidikan saat ini

    BalasHapus
  24. Salam kenal pak arya...
    saya muana lulusan pendidikan teknik elektro yang dipercaya untuk mengajar prakarya dan kewirausahaan di SMA. Produk seperti apa yg harus saya hasilkan, mohon sarannya...
    terimakasih

    BalasHapus
  25. salam kenal pak arya...
    saya beny guru negeri di SMAN 3 Karimun, Kepri.. saya lulusan pendidikan biologi dipercaya mengajar prakarya dan kewirausahaan, ruang lingkup yang mana kira2 bs saya ajarkan antara 4 tersebut pak?? supya ilmu sy bs diterapkan dan hasilnya juga memuaskan,, mohon saran bapak... terima kasih,

    BalasHapus
  26. kewirausahan menjadi salah satu faktor utama dalam berkembangannya masyarakat yang lebih maju

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas

Labels

Pengembangan pendidikan siswa Perenungan wawasan belajar Pembelajaran manusia guru agama Aplikasi Gratis Metode Dinamika Indonesia Allah hidup sekolah Linux Tuhan Open source SDM anak kondisi orangtua Penyegaran aplikasi sejarah Pendidikan Agama Islam pelajaran alQuran cerita Islam award dan tag blogger kurikulum 2013 kreatifitas media Inisiatif gaya hidup sosial teman PAI hadits lingkungan Internet tauhid Aplikasi pendidikan Regulasi cinta komputer teknologi Tafsir pemimpin perilaku aplikasi linux budaya rasa Google Keamanan harmonisasi ilmu balikpapan hati hikmah ibnu katsir iman kecerdasan kontes artikel manfaat otak Al-Fatihah pelajaran matematika rekayasa Tradisi berita karakter air alam desain grafis kepribadian mata semester shalat ubuntu alternatif analisis aplikasi bantu atom distro fisika gaya belajar ikhlas jaringan kesadaran kimia listrik molekul nilai ideal perangkat pembelajaran portabel prakarya&kewirausahaan puasa ramah lingkungan sahabat sistem Office asmaul husna efisiensi energi facebook game gaya green computing jiwa kompetensi dasar pengetahuan magnet media sosial membersihkan perangkat lunak program setan ujian Gerakan Pramuka IP Jalalain angin aryadevi bergerak berhitung bosan browser bugil bullying ciri berpikir kreatif efektivitas hadits qudsi hari raya hikayat balikpapan home visit hukum termodinamika ibu info jalan kedisiplinan kewalian kleptomania kosong legenda ma'rifat masyarakat partikel pelabelan produk pelestarian praaksara sejuk silabus supervisi guru topeng utility zakat fitrah ruang lingkup