Melanjutkan hasil dari Workshop kurikulum 2013 di SMAN 2 Balikpapan, Sebagai akselerasi pengganti dan pengembangan dari mata pelajaran TIK (Teknologi dan Informasi Komputer) adalah Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan.
Dalam pengertiannya, Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan dapat digolongkan ke dalam pengetahuan transcience-knowledge, yaitu mengembangkan pengetahuan dan melatih keterampilan kecakapan hidup berbasis seni dan teknologi berbasis ekonomis.
Pembelajaran ini berawal dengan melatih kemampuan ekspresi kreatif untuk menuangkan ide dan gagasan agar menyenangkan orang lain, dan dirasionalisasikan secara teknologis sehingga keterampilan tersebut bermuara apresiasi teknologi terbarukan, hasil ergonomis dan aplikatif dalam memanfaatkan lingkungan sekitar dengan memperhatikan dampak ekosistem, manajemen dan ekonomis.
Pandangan secara rasional bahwa dalam kehidupan dan berkehidupan, manusia membutuhkan keterampilan tangan untuk memenuhi standar minimal dan kehidupan sehari-hari sebagai kecakapan hidup.
Keterampilan harus menghasilkan karya yang menyenangkan bagi dirinya maupun orang lain serta mempunyai nilai kemanfaatan yang sesungguhnya, untuk itu pelatihan berkarya dengan menyenangkan harus dimulai dengan memahami estetika (keindahan) sebagai dasar penciptaan karya selanjutnya.
Dalam rangkaian menemukan karya yang bermanfaat dilatihkan mencipta, memproduksi dan memelihara yang ada kemudian memperoleh nilai kebaruan (novelty) sehingga bermanfaat untuk kehidupan selanjutnya.
Untuk lebih terperinci silahkan baca dibawah (diunduh juga bisa) sebagai bahan pelengkap mendalami tentang tujuan, ruang lingkup materi dan banyak lagi.....
Tulisan ini terkait dengan Workshop Kurikulum 2013 di SMAN 2 Balikpapan.
Tautan unduh untuk lampiran dokumen diatas: Prakarya dan kewirausahaan
Dalam pengertiannya, Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan dapat digolongkan ke dalam pengetahuan transcience-knowledge, yaitu mengembangkan pengetahuan dan melatih keterampilan kecakapan hidup berbasis seni dan teknologi berbasis ekonomis.
Pembelajaran ini berawal dengan melatih kemampuan ekspresi kreatif untuk menuangkan ide dan gagasan agar menyenangkan orang lain, dan dirasionalisasikan secara teknologis sehingga keterampilan tersebut bermuara apresiasi teknologi terbarukan, hasil ergonomis dan aplikatif dalam memanfaatkan lingkungan sekitar dengan memperhatikan dampak ekosistem, manajemen dan ekonomis.
Pandangan secara rasional bahwa dalam kehidupan dan berkehidupan, manusia membutuhkan keterampilan tangan untuk memenuhi standar minimal dan kehidupan sehari-hari sebagai kecakapan hidup.
Keterampilan harus menghasilkan karya yang menyenangkan bagi dirinya maupun orang lain serta mempunyai nilai kemanfaatan yang sesungguhnya, untuk itu pelatihan berkarya dengan menyenangkan harus dimulai dengan memahami estetika (keindahan) sebagai dasar penciptaan karya selanjutnya.
Dalam rangkaian menemukan karya yang bermanfaat dilatihkan mencipta, memproduksi dan memelihara yang ada kemudian memperoleh nilai kebaruan (novelty) sehingga bermanfaat untuk kehidupan selanjutnya.
Untuk lebih terperinci silahkan baca dibawah (diunduh juga bisa) sebagai bahan pelengkap mendalami tentang tujuan, ruang lingkup materi dan banyak lagi.....
Tulisan ini terkait dengan Workshop Kurikulum 2013 di SMAN 2 Balikpapan.
Tautan unduh untuk lampiran dokumen diatas: Prakarya dan kewirausahaan
Secara umum mata pelajaran Prakarya dan kewirausahaan sebagai pengembangan, didalamnya terdapat ruang lingkup materi yang banyak dan luas, seperti Materi Pelajaran Kerajinan, Mapel Rekayasa, Mapel Budidaya dan Mapel Pengolahan.
BalasHapusMinimal 2 Mapel bisa diterapkan disekolah-sekolah, seperti halnya materi Rekayasa sebagai pengganti mapel TIK.
kalau boleh saya tau sumber rujukan dari mana ya, saya ingin ngutip untuk bahan tesis saya
HapusNice info prakarya dan kewirausahan ga sangat bermanfaat untuk saya hari ini .,
BalasHapussama-sama mas anom......
HapusYang ngajar Prakarya & Kewirausahaan bagus bila punya background ilmu: Pend. Seni Rupa, Ekonomi atau TIK. sehingga guru guru tadi tidak kekurangan jam ngajar ..
BalasHapusMaaf,..biasakan berkomentar dengan identitas yang jelas.....
Hapusdisini biasa menerima masukan dan kritikan ..apapun...tapi dengan identitas yang jelas juga tentunya, jadi bisa saling menjalin komunikasi...
terimakasih
pak mau tanya, kalau materi ajar tentang prakarya dan kewirausahaan teori-teori apa yang perlu kita masukkan pak? kebetulan saya guru baru tamat wisuda maret 2013 dan dipercayakan buat mapel prakarya dan kewirausahaan
BalasHapusTerimakasih mba Desi, atas responnya.
Hapusteori-teori yang diperlukan untuk mapel prakarya dan kewirausahaan dikerucutkan lagi kepada 4 ruang lingkup yang hendak kita ambil sebagai bahan ajar.
Jika yang diambil adalah Ruang lingkup Kerajinan tangan, maka hubungannya adalah kepada prinsip-prinsip berikut yakni: mengamati,mendorong,mengumpulkan,melakukan,menampilkan,dan merekonstruksikan ( prinsip-prinsip ini berlaku sama untuk ruang lingkup lainnya).
Dan sesuai dengan tuntutan atau didasari dengan kebangsaan, budaya lokal, karakter dan alam, maka hasil-hasil kerajinan tangan dari kebudayaan lokal dapat diambil sebagai bahan ajar dan diteorikan.
terimakasih juga atas responya pak arya, bearti dalam lingkup prakarya dan kewirausahaan ada 4 aspek yg tercakup, pertama aspek kerajinan tangan, kedua rekayasa ketiga aspek budidaya dan keempat aspek pengolahan. jd kita tidak perlu mengambil keseluruhan aspek y pak?? jadi kita fokuskan untuk satu aspek ya pak? maaf pak karna saya juga masih bingung, krna saya guru baru, terimakasih banyak atas bantuan dan saran bapak
Hapusterimakasih juga atas responya pak arya, bearti dalam lingkup prakarya dan kewirausahaan ada 4 aspek yg tercakup, pertama aspek kerajinan tangan, kedua rekayasa ketiga aspek budidaya dan keempat aspek pengolahan. jd kita tidak perlu mengambil keseluruhan aspek y pak?? jadi kita fokuskan untuk satu aspek ya pak? maaf pak karna saya juga masih bingung, krna saya guru baru, terimakasih banyak atas bantuan dan saran bapak
Hapusiya mba desi, begitulah yang saya pahami dari hasil workshop kur.2013. Dari draft dokumen diatas juga disebutkan sekolah minimal 2 ruang lingkup bisa diambil dan diajarkan.
Hapusaduhhhh, ada tugas di suruh bikin ginian bikin aku stresss -,-" padahal gag tau apa2 ttg tuh pelajaran
BalasHapusapakah mas punya file buku prakarya dan kwu? klo iya, saya minta filenya mas..karena saya tidak ikut workshop wong penunjukan saya sebagai guru prakarya baru saja bulan agustus kemarin. sebelumnya trimakasih banyak bila mas bersedia membagi file bukunya
BalasHapusKalau yang dimaksud adalah Buku Prakarya dan Kewirausahaan (buku cetak/panduan/pegangan) saya tidak ada. Kemarin saat "workshop" hanya dibagikan file-file berisi KI-KD, Silabus (contoh), permendikbud dan banyak lagi sebagai pedoman menghadapi kur213.
HapusMeng-iyakan untuk komentar bapak Zack Soeteja dibawah......buku Pkr untuk SMA masih disusun......susun
kalau file buku prakarya untuk SMP tinggal mendownload saja walaupun baru kelas 7 dan 8...sedangkan untuk SMA sampai hari ini masih disusun....
BalasHapusya hal ini juga yang sebenarnya jadi kendala.....dan mungkin bagi pemerintah masalah ini dianggap "relatifsssss" pake s -__-.... bukan kendala.
Hapustidak apa bagi setiap...atau yang namanya ujung tombak..selalu babak belur dulu....
salam horamat,pak arya!!saya juga sedang membutuhkan contoh RPP prakarya/ wirus yg sesuai dg kurikulum 2013,mohon bantuannya....matur nuwun sblmnya, pak!!
BalasHapusTerimakasih Mr.Fa dan salam hormat pula dari saya ^_^...
Hapuskami..saya dan rekan guru TIK mengambil Ruang Lingkup Rekayasa sebagai konsentrasi dari Mapel Prakarya&Kewirausahaan.
kemudian kami kembangkan lagi dan konsentrasi pada Desain Grafis yang mengambil pada aplikasi-aplikasi gambar vektor dan berbasis freeware-Open Source.
Dari itu, arah pembelajarannya adalah bagaimana siswa membuat aneka motif/corak kain/baju/kaos yang tetap mengangkat budaya lokal dan bernilai jual.
untuk RPP-nya belum semua kami rampungkan, sambil jalan dan mengajar....begitu juga sembari membuat tutorial2 pembelajaran desain grafis.
mencari buku prakarya dan kewirausahaan untuk SMA,
BalasHapuskok sulit sekali, kira" penerbit buku mana yg sdh ada buku tsb? tlg bantuannya
ya sama mas, itu juga yang menjadi "masalah", tetapi kami mengambil jalan dengan menyesuaikan saja...artinya karena kami konsentrasi pada ruang lingkup REKAYASA- Desain grafis, maka banyak sumber tentang desain grafis menjadi acuan kami....misal tutorial Inkscape dan pengembangannya pada pembuatan motif/corak di kain/baju...
HapusPak, tolong kalau ada contoh silabus prakarya untuk SMK, saya juga masih bingung mau ngajarkan apa pada siswa sedangkan silabusnya blm ada, baru KI dan KD, kalau misal ngambil kerajinan bisakah disesuaikan dengan bahan baku yang ada di daerah setempat, kebetulan saya di SMK teknik Rekayasa, mohon bantuannya, terimakasih
BalasHapusterimakasih atas kunjungannya ^_^
Hapusuntuk silabus prakarya dan kewirausahaan, disesuaikan dengan Ruang Lingkup yang mau diambil (konsentrasi).
untuk silabusnya, kemarin kami buat berdasarkan hasil Linearitas KI-KD Prakarya&Kewirausahaan.
Silahkan dilihat lagi pada artikel http://arya-devi.blogspot.com/2013/07/silabus-rekayasa-desain-grafis.html
dan untuk linearitasnya ada di http://arya-devi.blogspot.com/2013/07/rekayasa-desain-grafis.html
Maaf pak, jika ruang lingkup Rekayasa saya berikan materi tentang pemrograman komputer (web programming) kira-kira bisa nggak ya pak ? Terima kasih.
BalasHapusiya mas Irawan, untuk sementara ini ...dari yang saya pahami, memang bisa saja kita oreantasikan (dari RL rekayasa) keberbagai bidang mapel dilingkungan IT, seperti pemrograman komputer. Tinggal pengembangannya mesti merangkul pada tujuan kewirausahaan dan rekayasa tentunya....
HapusDan ini juga belum maksimal, dengan maksud dari pemerintah sendiri belum (masih menyusun) buku-buku acuan untuk Prakarya dan Kewirausahaan SMA/SMK/MA.
aq masih bingung nih.....praktek prakarya buat anak-anak STM otomotif dan mesin ?kira2 apa ya ??
BalasHapuskira-kira.....dilihat dari lingkungkan sekolah ibu saja ^_^...pengolahan limbah sampah, mengolah sampah-sampah otomotif................menjadi barang seni atau.....? ^_^
HapusMas, dari 4 bidang yang ada di Mapel ini apakah harus diambil semua? kebanyakan sekolah memberikan pelajaran ini kepada guru ekonomi, padahal banyak juga guru ekonomi yang kurang mempunyai jiwa wirausaha..:)
BalasHapusdari yang sy baca di draft tuntunan mengenai Mapel Prakarya dan Kewirausahaan, pihak sekolah minimal 2 ruang lingkup dijalankan, jadi ga harus 4 ruang lingkup.
HapusTidak mesti guru ekonomi sebenarnya, kita melihatnya dari tinjauan sederhana yaitu bagaimana menghasilkan produk yang bernilai jual....
memang di mapel Pkr dan Kewirausahaan ini anak dituntut berpikir kreatif mulai dari membuat/mengolah bahan mentah kemudian mengkreasikannya agar mempunyai nilai jual (bermutu, unik, menarik, manfaat).
malam pak, pak belum ada nge share kisi2 untuk sni kah pak buat ujian semesterini thx Gilberd marada Pakpahan X IPS 1
BalasHapussabar....sabar..sabar...ntar juga di poskan
HapusSaya menyediakn buku prakarya dan kewirausaan, yang berminat bisat menghubungi saya di istiyanto.com atau HP. 081227992609 (P. Heri Istiyanto Yogyakarta)
BalasHapussayangnya ditempat saya belum ada test tentang kewirausahaan ini
BalasHapusMalam pak Arya, saya juga guru TIK yg skrg ngajar Prakarya. Kebetulan saya jg klas 10 ini memberikan materinya rekayasa-desain grafis yg sy bawa ke desain batik. Pada saat di klas 11 nanti saya ingin hasil desain batik tsb akan dijadikan batik beneran..maksud sy jadinya kami bener2 akan membuat batik. Menurut pak Arya, bisa nggak spt itu..kls 10 rekayasa, kls 11 kerajinan kmdn nanti kls 12nya akan dikasih ttg penjualannya. kayaknya jg agak melenceng dari silabus. Gimana tu pak? Thx sharingnya.
BalasHapusRhien
iya bu Rhien, bisa saja begitu, karena yang lebih paham akan sarana prasarana sekolah adalah ibu sendiri..
HapusSarana prasarana sekolah sama penting dengan program/kurikulum yang kita jalankan....
malam pak arya. seneng banget lg bingung2 nya eh pas browsing ktemu blog nya bapak. Mau tanya pak ya. kn bpak bilang di comment atas itu minimal 2 mapel kn. nah kalo smester ganjil kmren sya ksh materi kerajinan tekstik tp msh sderhna blm trlalu tinggi krna memang sesuai dengan sumber daya di daerah kami. nah boleh ga pak kalo dsemester genap sya ksh materi pebgolahan atau budidaya. so, materi sperti apa yg hrus sya kasih ke siswa agar bner2 brmanfaat dan ga skedar teori. mohon balasan nya pak ya. Thankyou
BalasHapusTerimakasih bu fenny, dalam setiap silabusnya (ruang lingkup Rekayasa/Kerajinan/Pengolahan atau Budidaya) mengalokasikan 2 semester bu.....
HapusAtau dengan kalimat lain satu ruang lingkup, misal Rekayasa diselesaikan selama 2 semester. .. itu yang saya amati dari silabus rekayasa juga ruang lingkup lainnnya.
Mengenai Pengolahan atau Budidaya, bisa ibu lihat potensi dilingkungan dan juga sarana prasarana di sekolah.
Hapusmemang benar supaya tidak sekedar teori, tentunya siswa mesti terjun dalam banyak kegiatan yang terfokus ke ruang lingkup tersebut.
Hanya saja,...maaf kalau saya katakan mapel ini masih taraf uji coba (pemerintah juga belum menyediakan buku-buku penunjang yang resmi untuk level SMA) maka tidak salah juga kalau sementara ini lebih banyak teori dahulu, disamping apakah sekolah siap menyediakan sarana prasarana untuk RL (Ruang Lingkup) Pengolahan atau Budidaya misalnya....?????
Ini semua memang diserahkan pada guru yang mengampu, bagaimana dia berkreasi, berinovasi dengan segala keterbatasan sarana prasarana, sehingga siswa tidak hanya berteori....yaaaaaaaaaaaah itu semua kembali lagi pada kita bu.....
Saya Tubagus Agusnata, SMKN 1 Bawen. Memang pel. ini masih membingungkan. Karena kalau saja kita menerapkan pilihan materi sesuai dengan jurusan yang ada di sekolah, maka akan bebrbenturan dengan pelajaran produktip. Jika kita lihat di pelajaran SMP maka sepertinya semua (4) bidang tersebut diberikan kepada siswa, hanya ada penguatan di bidang tertentu yang dipilih atau sesuai kemampuan.
BalasHapusSaya Rostanty SMA 1 Jekulo Kudus . untuk mapel prakarya materi pengolahan, adakah bpk punya contoh rpp materi pengolahan, karena saya mencari cari sampai sekarang belum ada contohnya yang sesuai KD pada silabus prakarya dan kewirausahaan SMA. terimakasih.
BalasHapusmohon maaf bu, sy sendiri hanya punya RPP rekayasa
HapusPengetahuan prakarya dan kewirausahaan sangat bagus dikembangkan untuk meningkatkan daya saing negara kita. Semakin banyak yang berwirausaha semakin berkembang perekenomian kita.
BalasHapusmemang prakarya dan aspek kewirausahaan menjadi faktor penting dalam meningkatkan mutu pendidikan saat ini
BalasHapusSalam kenal pak arya...
BalasHapussaya muana lulusan pendidikan teknik elektro yang dipercaya untuk mengajar prakarya dan kewirausahaan di SMA. Produk seperti apa yg harus saya hasilkan, mohon sarannya...
terimakasih
salam kenal pak arya...
BalasHapussaya beny guru negeri di SMAN 3 Karimun, Kepri.. saya lulusan pendidikan biologi dipercaya mengajar prakarya dan kewirausahaan, ruang lingkup yang mana kira2 bs saya ajarkan antara 4 tersebut pak?? supya ilmu sy bs diterapkan dan hasilnya juga memuaskan,, mohon saran bapak... terima kasih,
kewirausahan menjadi salah satu faktor utama dalam berkembangannya masyarakat yang lebih maju
BalasHapus