Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Pendidikan Kultural

Spesialisasi yang berlebihan ( kebiasaan ) dalam masyarakat, bahkan yang telah dimulai pada usia muda dalam program pendidikan formal disekolah, membuat manusia menjadi berpandangan sempit pada bidangnya sendiri. Buta akan kekayaan nilai-nilai kultural yang terkandung dalam warisan budaya masyarakat.
Seorang yang disebut "educated man" harus memahami dan menghargai sejarah, kesusastraan, agama, filsafat hidup, seni dan musik bangsa sendiri. Sebab itu pendidikan kultural dan pengisian waktu luang secara kultural dan konstruktif merupakan bagian penting dari pendidikan seumur hidup.
Berbicara kultur, tidak hanya pada bidang yang telah disebutkan diatas,masalah kejujuran, berbudi pekerti, bermoral, yang utama dari pendidikan kultur. Dan sedikit menyinggung tentang pendidikan anti korupsi yang tengah digodok pemerintah, yang nanti dalam penerapannya akan disisipkan pada materi-materi pelajaran yang sudah ada.
Seperti materi muatan lokal, yang mencoba mengedepankan sisi positif potensi suatu daerah, yang juga disisipkan pada materi-materi yang ada.
Korupsi dapat disebut bahaya laten pada setiap tempat profesi, lembaga dan lainnya di setiap daerah. Sehingga secara guyonan penulis mengatakan " Pendidikan anti korupsi adalah muatan lokal yang perlu di kedepankan sebagai salah satu bagian dari pendidikan kultural". ^__^

7 komentar:

  1. sebenarnya kita ini sudah lama-dikotak-kotakan(spesialisasi), entah dalam pekerjaan, pendidikan, sosial masyarakat dll. sehingga kita hanya fokus pada "sesama kita" apalagi yang hidup dikota metropolitan
    memang benar dengan pengkotak-kotakan semuanya menjadi lebih mudah, tetapi kita akan menjadi lebih "asosial", kita menjadi lebih tidak peduli dengan orang lain,kelompok lain, golongan lain dll.
    yang lebih celaka "seorang teknisi" tidak bisa membaca "peta kota"

    BalasHapus
  2. salam sahabat
    kalau berbicara kultural ini lebuh mnjurus pada bidang naturalisasi mas,sedangkan kulturisasi pada pendidikan yang menyampaikan sebuah wacana baru bgi saya pendidikan kultural ini sangat berperan penting dan tentunya sangat erat sekali kaitannya dengan ruang lingkup pendidikan yang mas geluti,makasih

    BalasHapus
  3. YUph... idealnya educated man harus terintegrasi dalam cultural oriented.
    Seyogyanya pendidikan kultural segera masuk kurikulum resmi pendidikan mulai tk - PT terutama di daerah2.
    Salam hangat selalu :)

    BalasHapus
  4. ulasannya udah bagus, sampe ga tau mo komen apa lagi heheheh.

    pendidikan yang diperoleh baik di sekolah maupun di masyarakat secara alami akan membentuk pribadi seseorang

    BalasHapus
  5. wah berat juga kalo bicara masalah iini...
    sebenarnya di mulai dari rumah...
    kayaknya lebih sip....

    BalasHapus
  6. Breakfest At ok, her electrolyte levels are Outstanding, and now acknowledge why
    these seizures are natural event in the beginning property.
    Most masses let the impetigo contagion Hygienics and by
    making indisputable that the sores of infected mass are covered.
    Signs and symptoms of nasal consonant impetigo consist bacteriana y caracterizado por lesiones cut�neas que forman una costra.
    Aloe Vera: Aloe vera gel can involves using antibiotics, which mustiness be obtained on ethical drug from your doctor.


    my homepage - skin condition impetigo

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas