Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Kompilasi Distro

Setelah kemarin bagaimana kita menambah dan berkreasi dengan distro yang ditata sendiri, sekarang tinggal langkah terakhir pada semua pilihan yang sudah kita tentukan yaitu proses kompilasi distro.
Untuk proses tersebut, pilih Tab Build
build
( gambar di bawah) Pilih Live CD/DVD(.iso), karena penulis ingin membuat CD Image dalam format ISO dan berbentuk Live CD.
build2
Kemudian, klik tombol Build, tunggu proses building -nya hingga selesai. Waktu yang diperlukan untuk mengompilasi distro penulis yang berukuran 390 MB adalah sekitar 13 menit. Setelah dikompilasi, distro tersebut ukurannya mengembang menjadi 430 MB.
( Karena pada proses kompilasi distro, kapasitas akan mengembang / berubah, maka perhatikan untuk bisa memperkirakan besar distro dengan media simpan yang kita pakai nanti, untuk keperluan Live CD/DVD ).
proses build
(gambar diatas proses building )

Selanjutnya, pengguna bisa mencoba distro secara langsung lewat pilihan test drive, test drive adalah sebuah tool virtualisasi berbasis Flash. Jadi pastikan browser sudah dilengkapi dengan Flash Player.

hasil build


Pada test drive, pengguna bisa mengutak-atik distro tersebut, untuk mencoba, dan jangan takut salah karena ini masih berlangsung didalam browser, tidak akan berpengaruh apapun pada sistem komputer.
Dan kalau masih ada yang kurang atau ingin diperbaiki, bisa mengulang sesuai dengan langkah-langkah awal yang sudah dijelaskan dan berarti  nantinya mengulang kompilasi distro.
Apabila belum mau mengunduh, Distro masih bisa diunduh lain waktu, karena OpenSUSE studio menyediakan ruang simpan sebesar 15 GB untuk pengguna yang sudah terdaftar.

Sumber:http://susestudio.com

4 komentar:

  1. salam sahabat
    kirain distro yang kayak punya mas Arie yakni produk casual mas,yang ini berbeda dan sangat memberikan informasi bermanfaat bagi saya terima kaih dan maaf telat

    BalasHapus
  2. ikutan komentar walau tidak relevan saya hanya ingin mengetahui lebih lanjut komplikasi yang ada lumayan simple hehehe terima kasih ya mas Ar

    BalasHapus
  3. harus saya baca ulang ya kalau mau menerapkan ini

    BalasHapus
  4. saya kira distro yang dikaos pak guru.. wah menyimak lagi...

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas