Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Media Cerita Rakyat Amerika

Cerita Rakyat Amerika
Media cerita rakyat Amerika (www.americanfolklore.net)berisi mitos, legenda, dongeng, takhayul, dan cerita hantu dari seluruh daratan Amerika.
***
Prosa merupakan genre sastra yag paling tua bila dibandingkan lirik (puisi) dan drama. Jauh sebelum manusia mengenal tulisan, prosa sebenarnya sudah dipraktekan secara lisan, dari mulut ke mulut.Cerita rakyat,legenda, mitos, fabel dan banyak lagi. Sebelum dibukukan, semuanya disebarkan dari generasi ke generasi secara lisan.
Hampir setiap kebudayaan mempunyai sastra lisan ini, sebut saja kisah 1001 malam dari Timur Tengah, Sam Pek Eng Tay dari Cina, Cinderella dari Eropa, kisah Malin Kundang dari Sumatera Barat dan lain-lain.
Amerika sebagai negeri yang tergolong baru, memiliki pula sederetan cerita-cerita rakyat. Pada website AmericanFolklore mengumpulkan cerita rakyat didalamnya, termasuk cerita rakyat, legenda, mitos, cerita kepahlawanan,fabel dan cerita peri dari seluruh Amerika, termasuk Kanada dan Meksiko. Cerita-cerita ini diklasifikasikan ke dalam empat kategori, yaitu tall tales(cerita kepahlawanan), spooky stories(cerita hantu), myths and legends(mitos dan legenda), serta children's stories (cerita anak-anak).
Beberapa cerita populer yang pernah difilmkan, Bloody Mary, juga dapat dibaca. Selain disuguhkan dalam bentuk teks, kita dapat mendengarkan cerita rakyat Amerika ini dalam format MP3.

Catatan: sebagai media belajar dan dapat dijadikan referensi bagi pengguna yang berminat kepada prosa/guru TK, playgroup dan pendongeng untuk menambah perbendaharaan cerita rakyat yang membuat kreasi dalam proses pembelajaran.

Sumber tulisan dan gambar:http://www.americanfolklore.net/
AQG27JFM8WU6

8 komentar:

  1. ayo bu guru ikut download yuk

    BalasHapus
  2. di Indonesia sepanjang yang saya tahu dongeng justru dituangkan dalam personal blog. Mudah-mudahan pemerintah sudah membuat seperti yang telah dilakukan amrik

    BalasHapus
  3. mantap, ada juga ya cerita versi mp3...


    salam kenal, tukeran link yok..

    BalasHapus
  4. ternyata di Amrik pun banyak cerita legenda yah,salam love,peace and gaul.

    BalasHapus
  5. siang-siang begini enaknya mengunjungi sahabat sambil membawa 2 postingan terbaru dari http://www.topengtuxedo.blogspot.com

    BalasHapus
  6. SEgera ke TKP, biar ntar malam langsung bisa mendongeng :D

    BalasHapus
  7. pakde kira kita patut meniru apa yang telah dilakukan amerika, karena kita juga memiliki jutaan cerita dan legenda agar tidak hilang ditelan jaman, kita tidak perlu malu untuk meniru selama untuk kebaikan bersama

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas