Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Pelabelan 80 PLUS

Pelabelan 80 PLUS merupakan standar yang mengharuskan peripheral power supply bekerja pada tingkatan efisiensi 80% atau lebih baik lagi. Coba perhatikan pada produk PSU komputer yang dimiliki atau pada beberapa produk PSU yang ada dipasaran saat ini, terdapatkah logo ini pada produknya?
Dimana akhir-akhir ini sudah mulai banyak unit PSU yang memiliki logo atau pelabelan 80 PLUS.
80
standar 80plus
80 PLUS adalah sebuah inisiatif untuk mempromosikan efisiensi energi di unit power supply komputer (PSU). Ini menyatakan produk yang memiliki lebih dari 80% efisiensi energi pada 20%, 50% dan 100% dari nilai beban, dan faktor daya 0,9 atau lebih pada beban 100%. Artinya,bahwa limbah 20% atau sedikit energi listrik sebagai imbas panas pada tingkat beban yang ditentukan, sehingga mengurangi penggunaan listrik dan tagihan dibandingkan dengan PSU yang belum standar. Kadang-kadang rabat juga diberikan untuk produsen yang menggunakan 80 PLUS-bersertifikat PSUs.

Penjelasan lebih lanjut mengenai standar 80 PLUS:
Efisiensi power supply komputer adalah output daya dibagi dengan daya input. Kekuatan yang tersisa diubah menjadi panas. Misalnya, 600 watt power supply dengan efisiensi 60% berjalan pada beban penuh akan menarik 1000 W dari listrik dan karena itu akan limbah 400 W sebagai panas. Di sisi lain 600 watt power supply dengan efisiensi 80% berjalan pada beban penuh akan menarik 750 W dari listrik dan karena itu akan membuang-buang hanya 150 W sebagai panas.

Untuk catu daya yang diberikan, efisiensi bervariasi tergantung pada seberapa banyak daya yang sedang disampaikan. Persediaan biasanya paling efisien di antara setengah dan tiga perempat beban, kurang efisien pada beban rendah, dan agak kurang efisien pada beban maksimum. Lama ATX pasokan listrik yang biasanya 60% sampai 75% efisien. Untuk memenuhi syarat untuk 80 PLUS, power supply harus mencapai sedikitnya 80% efisiensi pada tiga beban yang ditentukan (20%, 50% dan 100% dari daya maksimum nilai). Namun, 80 PLUS persediaan masih mungkin kurang dari 80% efisien pada beban rendah. Misalnya, sebuah 80 PLUS, 520 watt pasokan masih bisa 70% atau kurang efisien pada 60 watt (daya menganggur khas untuk komputer desktop)  Jadi. Masih penting untuk memilih pasokan dengan kapasitas yang tepat untuk perangkat yang didukung.

Hal ini lebih mudah untuk mencapai tingkat efisiensi yang lebih tinggi untuk pasokan watt yang lebih tinggi, sehingga emas dan platinum pasokan mungkin kurang tersedia di tingkat konsumen persediaan kapasitas yang wajar untuk mesin-mesin desktop yang khas.

Pasokan listrik komputer biasa mungkin memiliki faktor daya serendah 0,5-0,6 . Faktor daya yang lebih tinggi mengurangi menarik arus puncak, mengurangi beban pada sirkuit atau pada uninterruptible power supply.

Mengurangi output panas dari komputer membantu mengurangi kebisingan, karena fans tidak harus berputar secepat untuk mendinginkan komputer. Panas berkurang dan mengakibatkan tuntutan pendinginan yang lebih rendah dapat meningkatkan keandalan komputer.

Kondisi pengujian dapat memberikan harapan yang tidak realistis efisiensi untuk dimuat berat, daya tinggi (dinilai jauh lebih besar dari 300 W) persediaan. Sebuah catu daya sangat sibuk dan komputer itu adalah powering menghasilkan sejumlah besar panas, yang dapat menaikkan suhu catu daya, yang kemungkinan akan menurunkan efisiensi. Karena pasokan listrik disertifikasi pada suhu kamar, efek ini tidak diperhitungkan.

80 PLUS tidak menetapkan target efisiensi untuk beban yang sangat rendah. Misalnya, pembangkit tenaga siaga masih mungkin relatif tidak efisien, dan mungkin tidak memenuhi persyaratan Initiative Watt Satu. Pengujian 80 PLUS power supplies menunjukkan bahwa mereka sangat bervariasi dalam efisiensi siaga. Beberapa mengkonsumsi setengah watt atau kurang siaga dengan tanpa beban, di mana orang lain mengkonsumsi beberapa kali lebih banyak di siaga,  meskipun mereka dapat memenuhi lebih tinggi tingkat sertifikasi 80 PLUS persyaratan. Inefisiensi dalam menghasilkan daya siaga diperbesar oleh jumlah waktu yang menghabiskan komputer dimatikan.

Sumber gambar dan tulisan: http://en.wikipedia.org/wiki/80_PLUS
http://www.plugloadsolutions.com/80PlusPowerSupplies.aspx

3 komentar:

  1. wah saya ndak memperhatikan sampai sedatail itu Kang dalam membeli PSU. Ternyata ada hal-hal yang belum saya mengerti berkaitan dengan kelistrikan, PSU dan komputer.

    BalasHapus
  2. saya juga ga ngerti :)

    BalasHapus
  3. @Lidya: maaf deh mba, kalau ga mengerti...ini cuma berbagi tentang bagaimana produk-produk memenuhi standar pada program green computing.

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas