Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Iman dalam kecenderungan rasa

lingkaran
Iman adalah titik pusat lingkaran, dimana hal-hal yang berperan dalam menciptakan kebahagiaan seorang muslim beredar disekitar titik pusat tersebut.
Mengapa demikian? imanlah yang membuat kita eksis secara maknawi. Ia adalah petunjuk kita menuju alam diluar nalar manusia. Ia juga yang menjadi dasar pemahaman kita dalam memaknai peristiwa-peristiwa kehidupan dan mengatur hubungan interaksi keduanya (manusia dan Allah).

Iman bukan sekedar mempercayai dan yakin bahwa Allah Swt itu Esa dan bukan pula pengakuan bahwa ada hak-hak Allah yang wajib kita penuhi.
Tetapi lebih dari itu, ada perasaan mendalam khas kepada Allah Swt, kecenderungan jiwa yang kepadaNya. Merasakan kenyamanan ada rasa bersamaNya, merasa tenang dengan kata berulang bahasa penyambung lidah makhluk denganNya, merasa malu padaNya dan teduh pada asuhan kebesaranNya.
Iman yang khas inilah yang banyak jadi bahan pembelajaran orang-orang sedikit, orang yang ingin mengakrabi Tuhan.
Sehingga rasa kedekatan, kebersamaan dan pengawasan membuat haru rindu dendam, bercampur padu seperti air dengan gula.
Seperti Ibadahmu kepada Allah Swt seolah kamu benar-benar melihatNya, jika kamu tidak betul-betul melihatNya, pastikan Dia melihatmu.

"Tiada pembicaraan rahasia antara tiga orang, melainkan Dia-lah keempatnya. Dan tiada (pembicaraan antara) lima orang, melainkan Dia-lah yang keenamnya. Dan tiada (pula) pembicaraan antara (jumlah) yang kurang dari itu atau lebih banyak, melainkan Dia ada bersama mereka dimana pun mereka berada. Kemudian Dia akan memberitakan kepada mereka pada hari akhir apa yang telah mereka kerjakan. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.(Al-Mujadilah 58:7)"

14 komentar:

  1. wallahu a'lam bisshawab..

    hanya Allah yang menguasai apa yang ada di langit dan apa yang di bumi

    karena iman adalah landasan bagi setiap manusia yang mengakui Tuhannya

    BalasHapus
  2. setuju..
    iman adalah landasan dari segala landasan untuk berjalan lebih jauh..
    :)

    BalasHapus
  3. masalahnya banyak orang merasa di internet tidak diawasi oleh Allah, makanya dia berbuat jahat, misalnya blogger yg blognya berisi "lendir dan bajakan"

    smoga mereka sadar, krn apapun, dimana pun kita akan selalu berada dalam pengawasan-Nya

    BalasHapus
  4. semoga masih tersisa iman di hati kita :)

    BalasHapus
  5. dan menurutku, iman adalah pagarnya antara hati dan jiwa...jika digambarkan di lingkaran itu, dialah yg menjaga tubuh dan pikiran kita..

    BalasHapus
  6. subhanallah, tampaknya pemilik blog ini jauh lebih muda daripada saya. namun postingannya baik, berguna dan mengisnpirasi. terimakasih yah. saya numpang baca2. jazakallah, semoga dibalas dengan pahala :)

    BalasHapus
  7. dengan beriman maka allah akan memberikan kebahagiaan pada akhirnya,tapi apakah semudah itu dianggap beriman?semua pasti ada cobaannya,bersabar dan pantang menyerah,ok sob?

    BalasHapus
  8. kesadaran total.. mind body and soul :)

    FLP (Forum Lingkar Pena) Jakarta kini tengah membuka pendaftaran anggota baru untuk Angkatan ke-16, mungkin mas/mbak mau join.. silahkan dan terimakasih :)

    BalasHapus
  9. Tak ada tempat untuk kita tuk bersembunyi.

    BalasHapus
  10. "Seperti Ibadahmu kepada Allah Swt seolah kamu benar-benar melihatNya.."

    sepertinya, aku sering gagal untuk yang satu ini. Ya Allah.. ampuni aku...

    Cik Gu, boleh rekues nggak? Latar belakang halamannya diganti putih atau krem aja, dong. Mataku menderita nih... Udah minus 4 ini Cik Gu. Kasihanilah aku...

    BalasHapus
  11. salam sahabat
    benar sekali bahwa rasa ini menjadi yang utama dan yang terutama rasa juga dari hati
    luar biasa postingannya memmbuat kita kembali merenungi iman kita
    terima kasih

    BalasHapus
  12. Iman adalah tiang utama dalam beragama.. makasih udah mengingatkan mas.. slam.

    link anda udah terpasang d blog saya.. mhn backlink ya :D

    http://faja12.blogspot.com/p/link-exchange.html
    salam

    BalasHapus
  13. thaks Gan your blog baggus info and useful, greetings and salutations successful blogger

    distributor sprei

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas