Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Peluang hemat energi-Storage

harddisk
Mencoba berpikir positif untuk berhemat dalam energi, mencari peluang yang disesuaikan dengan kondisi. Bisa dipilih dalam mencari perangkat penyimpanan (storage), walau ini pun bisa berbeda dalam pandangan orang untuk pilihan hemat energi.

Storage dari komputer PC/laptop, terdapat tiga pilihan dari perangkat penyimpan ini (harddisk). Yang mana kesemuanya berkisar pada batasan harga, performa dan kapasitas.

Pilihan yang cukup standar bagi kebanyakan pengguna komputer adalah jenis harddrive desktop 3,5". Pada solusi storage yang pertama ini, tetap menjanjikan untuk dapat digunakan dalam membangun komputer hemat energi.

Pasalnya, akhir-akhir ini banyak produsen terkenal dari harddrive, mulai memfokuskan pada penurunan konsumsi daya ketika harddisk beroperasi.
Yang akhirnya untuk dapat memungkinkan hal itu, terlahir fitur fitur yang akan mengurangi kecepatan putar (RPM) spindle harddisk untuk mengurangi asupan daya ketika idle.
Kelebihan dengan menggunakan solusi storage ini adalah pengguna akan mendapatkan tawaran kapasitas terbesar, performa tinggi (tentunya diluar tawaran solid state disk), dan perbandingan harga per gigabyte-nya yang sangat baik.

Pilihan kedua, yang juga tetap dengan kelebihannya dalam hal keterjangkauannya adalah harddisk laptop/notebook 2,5". Pada hardddisk jenis ini, penggunaan daya bahkan lebih rendah lagi. ini memang dikarenakan dari penggunaan platter dan komponen motor yang lebih kecil, serta firmware yang sudah dioptimalkan untuk konsumsi daya rendah bila dibandingkan kebanyakan hard 3,5".

Rata-rata sebuah harddisk 2,5" hanya membutuhkan daya 1W pada saat idle dan 3W pada saat mode seeking. Bandingkan dengan harddisk 3,5", ia memerlukan daya antara 4 sampai 8W ketika idle, dan 8 sampai 18 watt ketika seeking.

Pilihan kapasitas harddisk 2,5" dapat digunakan yang berukuran 320GB (minimal) atau lebih lagi sampai bilangan Tera-dimana ukuran ini cukup mudah ditemui ditoko komputer.
Meskipun penawaran harganya relatif lebih tinggi dibanding harddisk 3,5" dengan kapasitas yang sama.

Bila keterjangkauan dan penggunaan komputer yang ringan jadi fokus utama, dalam membangun sistem berkomputer hijau (green computing), dapat digunakan drive laptop yang dibawah 320GB (walau sulit ditemui) sebagai alternatif yang lebih terjangkau dan hemat energi dibanding harddisk 3,5".

Pilihan terakhir dan merupakan solusi hemat energi paling baik adalah menggunakan solid state drive (SSD). Dimana rata-rata ia hanya akan menyerap daya sepertiga dari daya yang diperlukan untuk menjalankan harddisk 2,5". SSD yang paling mutakhir dan berperfoma tertinggi untuk ukuran sebuah storage saat ini, masih sangat mahal.

Simpul akhir, banyak cara untuk menyiasati dalam berhemat, tidak hanya energi ^_^ tapi mungkin dilihat dari keperluan kerja, aktivitas dan tentu isi kantong juga....^_^

Salam

Gambar:http://computer.howstuffworks.com

7 komentar:

  1. berhemat disegala bidang ya pak, tidak hanya hemat BBM saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. mm iya bu, untuk BBM sih ...kondisi yang sudah..mau tidak mau..suka tidak suka...ya harus naik...karena apa?!..Ini akumulasi salah kebijakan dari gaya pejabat yang lalu...bahkan tidak jauh dari pemerintahan SBY juga...ditahun 2009 pernah dinaikan BBM dengan janji pemerintah, dananya akan dialihkan untuk memperbaiki infrastruktur pendidikan, kesehatan dan transportasi umum..tapi apa!..janji tinggal janji....mimpi! rakyat kalau pemerintah mau berkerja demi rakyat!....

      Jaman ini memang jaman yang pemerintahnya senang membohongi rakyat.

      Hapus
  2. These are genuinely enormous ideas in on the
    topic of blogging. You have touched some nice points here.
    Any way keep up wrinting.

    my web-site :: anti depression pills antidepressants

    BalasHapus
    Balasan
    1. anda anonim senang sekali memakai cara beranonim...apa tidak punya identitas..apa!?

      Hapus
  3. Kalo zaman dulu enggak kebayang hardisk udah satu tera.. Masa depan lebih gede lagi kayaknya.. yg SSD hemat energi tapi harganya enggak hemat kantong :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mungkin alternatif lain untuk berhemat adalah tidak usah pake komputer aja ya.... ^_^....hahahaha...hah!

      Hapus
  4. .. berhemat demi isi kantong itu pak yg palink penting. he..86x ..

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas