Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Melakukan bersama hingga menjadi

belajar melakukan bersama hingga menjadi
Melakukan bersama hingga menjadi, pemahaman dari learning to do, to live together dan to be (berkaitan erat dengan artikel terdahulu learning to know).

Belajar untuk melakukan, bertindak, ikut terlibat adalah dari learning to do. Sasaran akhir dari diterapkannya learning to do ini adalah lahirnya generasi muda yang dapat bekerja secara cerdas dengan memanfaatkan Iptek.
Tujuan akhir dari upaya pendidikan adalah penguasaan seni menggunakan ilmu pengetahuan. Ini sangat relevan dalam "technology based economy", suatu masyarakat yang tenaga kerjanya tidak cukup hanya menguasai ketrampilan motorik yang mekanistik, tetapi dituntut kemampuan untuk melaksanakan pekerjaan-pekerjaan seperti controlling, monitoring, maintaining, designing dan organizing.

Oleh karena itu proses pembelajaran yang sifatnya learning to do ini memerlukan suasana atau situasi pembelajaran yang memungkinkan peserta didik menghadapi masalah untuk dipecahkan dengan menggunakan Iptek yang secara teori telah dipelajari.
Dalam kaitan ini pemahaman tentang pilar "learning to do", pada jenjang pendidikan harus memungkinkan siswa dalam proses pembelajarannya sampai pada tingkatan penggunaan berbagai konsep, prinsip, atau hukum untuk memecahkan masalah yang konkret.

Dilanjutkan pada learning  to live together, pendidikan tidak hanya membekali generasi muda untuk menguasai Iptek dan kemampuan bekerja serta memecahkan masalah, melainkan kemampuan untuk hidup bersama dengan orang lain yang berbeda dengan penuh toleransi, pengertian dan tanpa prasangka. Dalam kaitan ini adalah tugas pendidikan  untuk pada saat yang bersamaan setiap peserta didik memperoleh pengetahuan dan memiliki kesadaran bahwa hakikat manusia adalah beragam, tetapi dalam keberagaman itu terdapat persamaan. Menekankan bahwa seseorang mesti hidup dalam kebersamaan, dengan memahami orang lain, sejarahnya, budayanya, dan mampu berinteraksi dengan harmonis.

Terakhir learning to be, belajar yang menekankan pada pengembangan potensi insani secara maksimal. Setiap individu didorong untuk berkembang dan mengaktualisasikan diri. Dengan learning to be, seseorang mengenal jati diri, memahami kemampuan dan kelemahannya dan dengan segala komptensi yang dimiliki untuk membangun pribadi secara utuh.

Sumber:Kunandar, S.Pd., M.Si
Gambar:http://www.adk.org/programs/schools.aspx

13 komentar:

  1. Yup saat ini kehidupan mulai indivisualis sehingga sangat penting untuk mengajarkan generasi muda untuk saling memahami untuk hidup bersama

    BalasHapus
  2. kalau learning to do ini bs dilaksanakan dng baek, pasti hasilnya keren deh...membentuk kepribadian yg kuat, cerdas, tapi sekaligus rendah hati..

    *oya, aku minta alamatnya dong mas..mau ngirim bukuku :)
    utk lebih jelasnya, silakan mampir ke blogku, tentang kabar dari GA-ku..makasih ya mas...

    BalasHapus
  3. menuju anak indonesia yang lebih cerdas dan bekerja sama serta tidak individualistis.

    BalasHapus
  4. @fb: pemahaman mendasar dari segala proses pembelajaran....jujur masih sulit diterapkan dengan 100 persen.

    @windflowers: agak kaget juga mba nerima berita ini..akhirnya dapat buku :D ... juga.....memang berharap..serius....seriously! .....

    @Honeylizious : mbake senyumnya manisssssss..sampai kopi manis yg saya minum jadi malu....

    @bintangair: mmm ini mba Dwina ya....sobat blogger yang cukup lama mengenalnya.....salam sehat mba :D

    BalasHapus
  5. intinya haurs bisa bekerja sama dengan orang lain juga,gitu ya?

    BalasHapus
  6. kok komentar bertingkat disini ga bisa yah?

    boleh tahu pengaturan feednya?

    BalasHapus
  7. aktualisasi diri, ya ini adalah pola pembelajaran yang bagus.

    BalasHapus
  8. Learning to be adalah puncak pencapaian manusia, mungkin sama dengan self actualization pada puncak hirarki Maslow ya...

    BalasHapus
  9. salam sshabat
    sebelum meninggalkan jejak disini saya harus membaca artikel esbelumnya mas Arya jadi pemahaman tentang kebersamaan yang menimbulkan sebuah apresiasi yang ada ini benar benar tercipta dengan baik.luar biasa artikelnya sangat membangun motivasi

    BalasHapus
  10. kalau melakukannya brsama akan menjadi mudah :)

    BalasHapus
  11. selalu penting dalam satu kegiatann dilakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan baik bersama..
    selalu menjunjung tinggi nilai2 kebersamaan..
    nice post sobat...
    salam persahabatan..

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas