Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Membuat soal online di Google Drive

Google_Drive
Seperti diketahui Google Drive adalah salah satu server penyedia layanan Online File Sharing, dalam layanannya tersedia fasilitas gratis serta berbayar. Jika kita sudah mempunyai akun GMAIL atau lainnya, tentu sudah bisa memanfaatkan layanan gratis ini. Sebagai awal 5 GB sudah kita dapatkan untuk media penyimpanan.

Setelah itu, tinggal kita berkreasi didalamnya. Tidak hanya sebagai media penyimpan, tapi bisa dimanfaatkan sebagai alat pelajaran/pendidikan dan media belajar siswa di sekolah.

Contoh dalam membuat soal online di Google Drive.
Pada contoh soal online dibawah, dibuat secara terpisah yaitu naskah soal dan lembar jawabannya.
Untuk naskah soal bisa menggunakan arsip dari bank soal yang kita miliki, kemudian di unggah/upload ke Google Drive. Atau bisa diketik langsung di lembar kerja Google documents( sama halnya dengan aplikasi office, layanan ini mendukung untuk file presentasi, spreadsheet, gambar  dan pengolah kata)



Sedang tampilan ini, menggunakan fasilitas Form/Formulir.


Dari contoh soal online ini, siswa bisa membaca soal kemudian mengisikannya di lembar jawab, dan hasil jawaban siswa akan otomatis masuk kedalam database akun google drive, format hasil jawaban siswa akan tampil dalam format spreadsheet, sehingga memungkinkan untuk dimodifikasi mengenai perhitungan jawaban benar/salah, nilai akhir, prediksi, remedial dan sebagainya, layaknya aplikasi spreadsheet di Program excel atau libreoffice calc.

Berlanjut pada tulisan tutorialnya di blog tetangga....


Sumber: https://drive.google.com

6 komentar:

  1. Hehehee... asik juga ya sob ngerjainnya juga online. Tapi pengawasannya gimana sob?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk pengawasan, jika diadakan di ruangan/lab. tentu pengawasan seperti halnya kondisi ujian, tapi kalau non tatap muka, dluar jam pelajaran, misalnya siswa mengerjakan dirumah, bobot soal dan jenis soal tentu perlu ditingkatkan.
      dan soal online ini juga bisa disetting terbatas hanya untuk orang-orang tertentu, proses pengerjaan dan hasilnya terekam langsung masuk kedatabase, sehingga akan ketahuan siapa yg berulang kali mengerjakan.

      Hapus
  2. Google itu sekarang tumbuh jadi perusahaan multi milyar dollar..Para pendiri sudah menikmati hasilnya. Tapi sumbangan mereka terhadap kehidupan juga sangat banyak. Keinginan mereka untuk mencerdaskan umat manusia sangat mengagumkan. Memeberi berbagai feature gratis seperti Google Drive ini salah satunya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mba Evi, semoga semakin membuat kita berdaya...terimakasih salam hangat ^__^

      Hapus
  3. berbagi kata kata motivasi gan
    Yang memimpin wanita bukan akalnya, melainkan hatinya. Hari ini bila ia datang, jangan biarkan ia berlalu pergi. Esok kalau ia masih bertandang, jangan harap ia akan datang kembali.

    semoga bermanfaat dan dapat di terima ya :D.
    salam kenal dan sukses selalu dah :)

    BalasHapus
  4. google andalanku kalau dtanya anak gak tahu jawabannya :) ada soal2 untuk anak SD kelas 1 gak?:)
    2 minggu istirhat ngeblog maaf baru bisa mampir lagi

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas