Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

System Rescue

Ubuntu-rescue-remix
Untuk yang satu ini, kalau mau dibanding-bandingkan dengan sistem operasi lain macam Windows, Linux memang beda. Di Linux tidak terpengaruh dengan aneka virus yang biasanya meraja "leila" di Windows (terang saja berbeda platform antara OS linux dengan Win).

Tetapi tetap ada masalah, yang terkadang muncul seperti bad sector, gagal booting, update driver bermasalah atau bahkan terkena kiriman exploit dari cracker. Dan beberapa metode serangan dari cyber crime (ini berpotensi sama pada semua platform OS) walau tidak sebanyak di OS Win?, seperti metode:Man in the Browser, Sosial Engeneering dan lainnya. Pada akhirnya diperlukan tool utility untuk keperluan penyelamatan sistem-system rescue.
***
Beberapa distro Linus yang beroreantasi untuk penyelamatan-system rescue, diantaranya:
1. System Rescue CD
Distro ini bertipe Live CD dan berbasis Gentoo. Utility-nya relatif lengkap, mulai dari backup data, pembenahan file system-sistem file yang rusak,recovery fle yang terhapus, dan deteksi rootkit (malware yang bertujuan untuk mengontrol komputer).
System Rescue CD mendukung sistem 32 dan 64 bit dan memiliki berbagai opsi dalam melakukan booting. Salah satunya yang menonjol adalah mode caching, dimana System Rescue CD akan me-load dirinya sendiri seluruhnya ke memori (RAM). Keuntungan dari mode ini adalah sesudah proses load selesai, CD bisa dikeluarkan dan sistem berjalan lebih cepat. Kelemahannya adalah proses booting berlangsung relatif lebih lama.

2.Ubuntu Rescue Remix.
Dari namanya, ini adalah distro turunan dari Ubuntu yang dimodifikasi untuk keperluan pertolongan sistem yang bermasalah. Kumpulan software-nya tidak selengkap System Rescue CD, namun ada satu utility yang cukup menarik, yakni ddrutility. Fungsi dari tool ini adalah mengidentifikasi file yang rusak akibat bad sector. Cukup efektif untuk mencari tahu seberapa banyak file yang diperkirakan hilang dan perlu direstore dari backup.

3. Trinity Rescue kit.
Live CD satu ini mempunyai spesialisasi untuk membenahi masalah di Windows. Ini adalah alternatif yang menarik untuk tool recovery sejenis, misal Ultimate Boot CD atau Hiren Boot CD. Distro Trinity menyediakan beberapa fitur, yaitu:
- Reset password Windows
- Telah terinstall beberapa antivirus dengan kemampuan update database secara online.
- Mengembalikan file yang terhapus.
- Utility untuk pengecekan rootkit.
Semua fungsi tersebut dikemas dalam sistem menu sehingga dapat langsung digunakan dengan mudah oleh pengguna.

Sumber belajar: Mulyadi
Gambar: http://www.skuggen.com

4 komentar:

  1. pengalaman make ubuntu dulu.
    wah nggak bisa nginstal driver :D

    tapi lumayan lah, dapet CD asli dari belanda cuman 5 ribu perak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahkan gratis....mereka komunitas Linux Ubuntu baik di lokal maupun luar benar-benar total dalam membangun kebersamaan

      Hapus
  2. This is my fіrst time pay a quicκ visit at heгe and і am really pleassant to
    read all аt single plаcе.

    Feel free to suгf to my weblog :: dolphin.kreactionweb.com

    BalasHapus
  3. Great article. I'm dealing with some of these issues as well..

    Here is my webpage :: InternetPage

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas