Rekayasa-Desain Grafis, pengembangan dari Mapel (mata pelajaran) Prakarya dan Kewirausahaan. Pada ruang lingkup Rekayasa, Guru TIK diperkenankan mengembangkan materi rekayasa dengan mempertimbangkan keperluan pada lingkungan, budaya, kondisi sekolah dan sesuai dengan kemampuan/kompetensi guru.
Dengan catatan pada pengembangannya tidak berada dibawah dari standar minimal yang sudah dibahasa bakukan pada materi pokok dan ruang lingkup mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar).
Berikut adalah hasil pengembangan analisis linearitas dan kesesuaian Kompetensi Pengetahuan (KI3) dan Kompetensi Keterampilan (KD4) Prakarya dan Kewirausahaan-Rekayasa untuk Desain Grafis SMA Kelas X (sepuluh).
Sebagai catatan, pengembangan pada analisis ini hanya sebagai contoh dan kedepannya masih perlu dikoreksi dan disesuaikan dengan keperluan masing-masing sekolah.
Gambar:berserkerdark.blogspot.com
Dengan catatan pada pengembangannya tidak berada dibawah dari standar minimal yang sudah dibahasa bakukan pada materi pokok dan ruang lingkup mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar).
Berikut adalah hasil pengembangan analisis linearitas dan kesesuaian Kompetensi Pengetahuan (KI3) dan Kompetensi Keterampilan (KD4) Prakarya dan Kewirausahaan-Rekayasa untuk Desain Grafis SMA Kelas X (sepuluh).
Sebagai catatan, pengembangan pada analisis ini hanya sebagai contoh dan kedepannya masih perlu dikoreksi dan disesuaikan dengan keperluan masing-masing sekolah.
Gambar:berserkerdark.blogspot.com
Bisa mengembangkan kreatifitas ya pak Arya?
BalasHapusiya, mengembangkan kreatifitas dengan dukungan teknologi, dicampur sari dengan tetap memperhatikan lingkungan, budaya dan kondisi setempat.....
Hapusini maksudnya membuat tugas prakarya?
BalasHapusPrakarya ...lengkapnya mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan..didalamnya ada 4 lingkup yaitu Kerajinan, Rekayasa, Budidaya terakhir Pengolahan.
HapusUntuk "mantan" guru-guru TIK, dapat mengembangkan materi Rekayasa sesuai dengan kebutuhan sekolah, lingkungan dan budaya.
Dari 4 Ruang lingkup tersebut, minimal 2 lingkup bisa dijalankan dan diajarkan disekolah.
ASS WRWB
BalasHapussalam kenal
pak...jika untuk kelas x semester ganjil-genap Kerajinan
dan untuk kelas XI semester ganjil-genap Rekayasa
apakah bisa?
soalnya kami belum ikut Diklat Kur 2013..
sy telah mengaplikasikan beberapa kerajinan kewirausahaan
sjk thn 2007-2012.
mulai thn 2013-2014 sy membawa ke aplikasi komputer
dgn materi buku kas,ke pembukuan aplikasi komputer Myob-Excel
sehingga sy ingin mengembangkannya ke Design Grafis
sy tertarik dan sngat berminat belajar dan membagi ilmu desig grafis
ke siswa sy dalam hal design Motif Tenun Bomba ( Khas Palu )
tlg bntuannya,info dan sarannya pak
semoga ALLAH SWT,..
melindungi kita semua dan memberika keberkahan Ilmu,
AMIN YA RABBAL ALLAMIN 99X
makasih byk pak
Nita suryaningsih
guru Prakarya dan kewirausahaan
smk negeri 2 palu