Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Menuju Generasi Cloud

menuju generasi Cloud-Computing
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa teknologi Cloud akan menyediakan 14 juta lapangan pekerjaan pada tahun 2014.

Pernyataan ini merupakan salah satu hasil penelitian yang dilakukan Microsoft dan IDC (International Data Corporation) tentang efek perkembangan teknologi Cloud.

Tetapi..tentu anda bisa memiliki pendapat berbeda karena bisa saja hal tersebut merupakan spekulasi.
Namun jika melihat perkembangan Internet saat ini, secara tidak langsung kita sudah dapat merasakannya melalui penggunaan e-mail.
Beberapa layanan e-mail bahkan menyediakan layanan dengan kapasitas file hingga 7,5 GB gratis.
Keterbatasan media penyimpanan fisik tidak lagi menjadi alasan. Hal tersebut sesuai dengan latar belakang diciptakannya Cloud Computing.
Cloud Computing dewasa ini menjadi istilah yang sangat sering dijumpai dalam kehidupan internet. Istilah ini jika diterjemahkan berarti komputasi awan.
Secara harfiah memang cukup membingungkan untuk mendefinisikan Cloud Computing karena istilah tersebut merupakan metafora dari internet yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Selain itu, Cloud Computing juga merupakan metode komputasi yang kapabilitasnya terkait dengan teknologi informasi yang disajikan sebagai suatu layanan.

Media storage berbasis Cloud Computing adalah model penyimpanan jaringan online yang menyimpan data pada penyimpanan virtualisasi yang umumnya diselenggarakan oleh pihak ketiga.

Perkembangan (dan pengembangan menuju generasi Cloud)berbasis Cloud ini sedikit menggeser keberadaan media storage fisik karena kemudahan mengakses tanpa dibebankan pada fisik medianya, hanya diperlukan networking lewat internet.
Selain itu, kelebihan lain dari segi kemudahan, kepraktisan, efisiensi dan efektivitas menjadi daya tarik tersendiri. Secara garis besar, kita dapat mengakses data yang kita simpan di mana saja dan kapan saja asalkan kita mendapat koneksi internet.

Ide dari Cloud Computing berawal pada tahun 1960-an, saat Jhon McCarthy, pakar komputasi MIT yang dikenal juga sebagai salah satu pakar dibidang Artificial Intelligent, menyampaikan sebuah visi,"Suatu hari nanti komputasi akan menjadi infrastruktur publik (seperti listrik dan air)".

Ide tersebut sempat populer pada 1960 sampai pertengahan 1990-an hingga akhirnya memudar.
Pada tahun 2000, ide tersebut muncul lagi dalam bentuk baru sebagai application service provider, computer grid, dan Cloud Computing.
***
Kehadiran Cloud Computing secara nyata tentu memberikan perubahan terhadap cara kita bekerja dan beraktivitas. Adanya perubahan ini memberikan dampak tidak hanya secara positif, namun juga kebalikannya.

Alasannya, mempercayakan bisnis suatu perusahaan pada Cloud Computing merupakan suatu langkah strategis yang memiliki resiko.
Faktor keamanan yang ekstra serta daya tahan yang tinggi sangat diperlukan. Dengan melangkah ke Cloud Computing, jaringan teknologi komputasi kita berada di area eksternal yang memungkinkan bisa diakses oleh siapa saja jika tidak dilengkapi proteksi.
Namun demikian dampak positif yang dihasilkan jauh lebih besar.
***
Sekarang pertanyaan buat pembaca, dampak apa yang sudah dirasakan dari teknologi Cloud Computing (dampak dari pengalaman pribadi). itu pun jika sudah menggunakannya, kalau belum...mengapa? :) :D

Sumber:Verydias A. -dalam PCMedia 04/2012.
Gambar:http://www.timesblogger.com

11 komentar:

  1. hmmm..
    bukannya dengan komputer seperti itu malah mengurangi tenaga manusia...??
    :)

    BalasHapus
  2. another teknologi komputerisasi kah?

    BalasHapus
  3. Hrus sudah didukung oleh kecepatan jaringan yang memadai ya sob? kalo jaringannya masih seperti sekarang tentu akan bisa menghambat juga hehhee..

    BalasHapus
  4. sekarang memang jaman cloud computing, bahkan melalui fb (sosmed) kita bisa menyimpan foto

    jadi cloud computing dapat menghemat harddisk

    BalasHapus
  5. Nggak ngerti bahasannya
    *krik.... krik... gaptek

    BalasHapus
  6. generasi cloud #mikirtetepgakngerti... soalnya tinggal pake yang urusin software keponakan

    BalasHapus
  7. barangkali banyak yang sudah menggunakan teknologi ini, tapi tidak menyadari atau tidak memahaminya, dan mungkin saya salah satunya. :)

    BalasHapus
  8. teknologi yang canggih harus didukung oleh pengguna yang canggih melalui belajar :)

    BalasHapus
  9. sukses selalu yah, salam kenal dan saya tunggu kunjungan baliknya yah

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas

Labels

Pengembangan pendidikan siswa Perenungan wawasan belajar Pembelajaran manusia guru agama Aplikasi Gratis Metode Dinamika Indonesia Allah hidup sekolah Linux Tuhan Open source SDM anak kondisi orangtua Penyegaran aplikasi Pendidikan Agama Islam sejarah pelajaran alQuran cerita Islam award dan tag blogger kreatifitas kurikulum 2013 media Inisiatif gaya hidup sosial teman PAI hadits lingkungan Internet tauhid Aplikasi pendidikan Regulasi cinta komputer teknologi Tafsir pemimpin perilaku aplikasi linux budaya rasa Google Keamanan harmonisasi ilmu balikpapan hati hikmah ibnu katsir iman kecerdasan kontes artikel manfaat otak Al-Fatihah pelajaran matematika rekayasa Tradisi berita karakter air alam desain grafis kepribadian mata shalat ubuntu alternatif analisis aplikasi bantu atom distro fisika gaya belajar ikhlas jaringan kesadaran kimia listrik molekul nilai ideal perangkat pembelajaran portabel prakarya&kewirausahaan puasa ramah lingkungan sahabat semester sistem Office asmaul husna efisiensi energi facebook game gaya green computing jiwa kompetensi dasar pengetahuan magnet media sosial membersihkan perangkat lunak program setan ujian Gerakan Pramuka IP Jalalain angin aryadevi bergerak berhitung bosan browser bugil bullying ciri berpikir kreatif efektivitas hadits qudsi hari raya hikayat balikpapan home visit hukum termodinamika ibu info jalan kedisiplinan kewalian kleptomania kosong legenda ma'rifat masyarakat partikel pelabelan produk pelestarian praaksara sejuk silabus supervisi guru topeng utility zakat fitrah ruang lingkup