Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Sekolah bermutu

Sekolah bermutu dapat diartikan sebagai sekolah unggulan namun dalam penerapannya, bahwa dalam kategori unggulan tersirat harapan-harapan tentang apa yang dapat dimiliki oleh siswa setelah keluar dari sekolah unggulan. Harapan itu sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh orang tua siswa, pemerintah, masyarakat bahkan oleh siswa itu sendiri yaitu sejauh mana output sekolah itu memiliki kemampuan intelektual, moral dan keterampilan yang dapat berguna bagi masyarakat.

Ciri sekolah bermutu diantaranya yaitu :
1. Sekolah berfokus pada pelanggan, baik pelanggan internal maupun eksternal.
2. Sekolah berfokus pada upaya untuk mencegah masalah yang muncul, dengan komitmen untuk bekerja secara benar dari awal.

3. Sekolah memiliki investasi pada sumber daya manusianya, sehingga terhindar dari berbagai kerusakan psikologis yang sangat sulit memperbaikinya.
4. Sekolah memiliki strategi untuk mencapai kualitas, baik ditingkat pimpinan, tenaga akademik, maupun tenaga administratif.

5. Sekolah mengelola atau memperlakukan keluhan sebagai umpan balik untuk mencapai kualitas dan memposisikan kesalahan sebagai instrumen untuk berbuat benar pada masa berikutnya.
6. Sekolah memiliki kebijakan dalam perencanaan untuk mencapai kualitas, baik jangka pendek, jangka menengah,maupun jangka panjang.

7. Sekolah mengupayakan proses perbaikan dengan melibatkan semua orang sesuai dengan tugas pokok, fungsi dan tanggung jawabnya.
8. Sekolah mendorong orang yang dipandang memiliki kreativitas, mampu menciptakan kualitas dan merangsang yang lainnya agar dapat bekerja secara berkualitas.

9. Sekolah memperjelas peran dan tanggung jawab setiap orang, termasuk kejelasan arah kerja secara vertikal dan horizontal.
10. Sekolah memiliki strategi dan kriteria evaluasi yang jelas.

11. Sekolah memandang atau menempatkan kualitas yang telah dicapai sebagai jalan untuk memperbaiki kualitas layanan lebih lanjut.
12. Sekolah memandang kualitas sebagai bagian integral dari budaya kerja.

13. Sekolah menempatkan peningkatan kualitas secara terus menerus sebagai suatu keharusan.

Dari syarat diatas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah haruslah diambil sebuah langkah berani dengan strategi yang tepat sebagai upaya dalam pencapaian target menjadi sekolah bermutu.

Sumber : Sudarwan Danim, Visi Baru Manajemen Sekolah

5 komentar:

  1. Semoga pilihan saya tepat untuk sekolah anak saya nanti ya

    BalasHapus
  2. dan dipastikan di daerah kami belum ada sekolah yang memenuhi kriteria ini mas *how pity we are??

    BalasHapus
  3. salam untuk mba lidya dan Mimi sikembar ^_^...terimakasih atas kunjungannya, untuk dunia pendidikan sekarang memang serba tidak jelas, itu kalau ditilik dari sisi kebijakan, tapi ga usah berpikir keatas ..lebih baik berkarya dan berkreasi saja dengan apa yang ada dihadapan....tidak usah menunggu dari si punya kebijakan.

    BalasHapus
  4. maaf komentarnya diluar tema pak..

    saya sudah di indonesia..tapi tgl 20 ini saya berangkat lagi.. insyallah ini tahun terakhir saya..saya sudah smester terakhir skarang.

    BalasHapus
  5. anak2ku blum ada yang sekolah. semoga nanti bisa mendapatkan sekolah yang bermutu, amin
    salam hangat, bangauputih ^_^

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas