Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Untuk Penyandang Cacat

Vinux
Masih mengenai kebutuhan khusus dari pengguna Linux. Komputer memang terkadang terasa sulit dipakai untuk saudara-saudara kita penyandang cacat, terutama tunanetra.
Hal ini tidak mengherankan karena komputer menampilkan hasil suatu operasi atau pesan tertentu ke layar. Di Windows, sebagian dari kita mungkin akrab dengan aplikasi semacam Dragon Natural Speaking. Aplikasi ini akan membacakan sebagian atau seluruh tulisan yang tampil di layar.
Bagaimana dengan Linux?
Kita lihat beberapa Distro yang memenuhi kebutuhan khusus untuk penyandang cacat ini.

- VINUX (http://vinuxproject.org)
Komunitas Linux juga melihat kebutuhan ini dan meluncurkan distribusi yang memenuhi kebutuhan para tunanetra. salah satunya adalah Vinux. Vinux menyediakan software screen reader yaitu orca. Untuk membaca teks di konsole, tersedia speakup. Yang mengagumkan, vinux sudah mendukung output untuk display Braille berbasis USB.

-Knoppix (http://www.knopper.net/knoppix/index-en.html)
Walaupun tidak dirancang khusus untuk penyandang cacat, Knoppix menyediakan versi yang menyertakan software Adriane ( Audio Desktop Reference Implementation and Networking Environment). Software lain yang mungkin dapat membantu pengguna yang memiliki cacat tangan adalah Viacam. Software ini akan menangkap gerakan kepala lewat webcam, kemudian menerjemahkannya sebagai gerakan mouse.

Sumber: Mulyadi, CHIP
Gambar: http://vinuxproject.org

2 komentar:

  1. sangat canggih berarti itu ya mas... mungkin kedepan semua orang bisa menggunakan teknologi termasuk orang cacat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Implementasi dari linux, satu bentuk kebebasan dalam open source, kepedulian termasuk ada didalamnya tanpa perlu berpikir komersil terus menerus.

      Hapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas