Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Linux dan Kebutuhan Khusus

Knoppix_logo
Implementasi dari Linux pada segala aspek kehidupan dapat kita "rasakan" di berbagai sistem produk, seperti set top box, smart TV, digital video recorder, home appliance, GPS, car dashboard system, sampai ke smartphone Android.

Pada penerapan yang lain yaitu Linux pada kebutuhan khusus, dengan melihat kepada keperluan tingkatan pemakai.Maka perancangannya disesuaikan dengan kemampuan pada fasilitas khusus. Kita bisa menemui beberapa diantaranya:
1. Linux Live CD
Ini adalah kategori yang paling populer bagi pengguna linux pemula. Karena pengguna bisa langsung mencoba tanpa harus melakukan install pada komputer. Setting/pengaturan hardware juga secara otomatis, tanpa campur tangan pengguna. Hampir semua Distro Linux penyertakan Live CD, atau jika tidak ada bisa kita cari panduan untuk membuatnya.

Sebagai contoh dari sekian banyak distro Linux Live CD adalah Knoppix, ini merupakan pelopor dari Live CD, namanya diambil dari si pembuat yaitu Klaus Knopper. Knoppix pertama kali dirilis pada tahun 2000, sekaligus menjawab problem pengguna pemula Linux yang ragu mencoba sistem Linux karena tidak ingin melakukan partisi ulang, menghapus Windows, atau hal rumit lainnya. Pada masa itu teknik Live CD adalah terobosan yang sangat fenomenal.
Knoppix mempunyai koleksi program yang cukup lengkap, mulai dari multimedia player, office, Internet Browser, beberapa tool untuk administrasi sistem dan penyelamatan data. Knoppix bisa memuat banyak koleksi software berkat teknologi kompresi data yang mumpuni.
Untuk para pecinta Knoppix, maka distro ini mempunyai tempat tersendiri dihati, karena memperkenalkan teknik remastering. Ini adalah gabungan prosedur dan tools untuk merombak sebagian atau hampir seluruh dari isi Knoppix. Mulai dari hal sederhana seperti wallpaper atau logo saat booting sampai hal rumit seperti memasukan kernel versi tertentu atau meng-install desktop environment.

Beberapa distro lain: Damn Small Linux, Slitaz dan Puppy Linux, ini adalah distro yang menargetkan pengguna komputer lama (jadul) - karena berkapasitas kecil. Untuk ukuran terkecil masih dipegang oleh Slitaz, sekitar 30 MB. Beberapa orang memilih distro ini karena alasan kepraktisan.
Damn Small Linux dan Slitaz bisa diburn ke CD ukuran kecil. Di era sekarang hal ini kurang populer karena orang lebih memilih menempatkannya di flashdisk.
Kelebihan lain dari distro mini adalah kecepatan booting. Jika anda ingin memadukan antara distro Live yang kecil namun lengkap aplikasi, maka jawabnya adalah Puppy Linux...silahkan dicoba.

Berlanjut ke Linux untuk penyandang cacat
Gambar:http://www.knopper.net

3 komentar:

  1. pelum pernah makek itu sob, pengen sih nyoba... untuk program lainnya tidak ada masalah ya saat di install..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya tidak, ini klau maksud pertanyaannya semua aplikasi yang ada didalam Live CD ya...bisa sja ada masalah, tapi itu mengarah pada jenis dan mutu disk cakramnya (CD/DVD)...dulu pernah mencoba beberapa distro seperti Slitaz, Puppy dan beberapa, untuk diinstall....kemudian sy ganti lagi, begitu terus-sekedar tes- dan lancar semua.
      Sekarang saya pake Ubuntu

      Hapus
  2. gara-gara dapet netbook baru jadi gak pakai linux lagi nih pak :) dulunya suami juga pakai linux tapi sekarang pakainya mac jadi gak bisa ikutan belajar linux lagi

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas