Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Mohon dukung SaveKWPLH

Helarctos malayanus
Kepada teman se-Indonesia atau yang berkenan, mohon dukungannya untuk SaveKWPLH (Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup) di Balikpapan.
Demi alasan Pendidikan dan Kelestarian Lingkungan Hidup, begitu yang semestinya dikedepankan oleh mereka yang "merasa" berwenang dengan segala kebijakan kota dan sekitarnya.
***
KWPLH (Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup) berada di Km.23 Jalan raya Balikpapan-Samarinda, Balikpapan, Kalimantan Timur. Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup ini ditetapkan di Balikpapan melalui SK Walikota Balikpapan, Imdaad Hamid No. 188.45-72/2005 tertanggal 7 Juni 2005.
Beberapa masalah yang melandasi ditetapkannya:

Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan keanekaragaman hayati di dunia, dengan jumlah satwa liar endemik yang impresif dan kekayaan sumber daya alam yang tak ternilai. Sayangnya, sumber daya alam yang sangat penting ini telah di’kuras’ secara berlebihan dan banyak kehidupan liar bersama habitat tinggalnya mulai lenyap hingga pada tingkat yang mengkhawatirkan.
Di Indonesia, tingkat kesadaran pemahaman lingkungan sangat rendah dan kebutuhan pendidikan terkait upaya perlindungan dan isu-isu lingkungan seringkali kurang mengemuka. Di Kalimantan Timur, satu dari Propinsi terbesar di Indonesia, kami bermaksud untuk meningkatkan kesadaran pemahaman lingkungan dengan melalui:
saveKWPLH

1.Menciptakan fasilitas pendidikan lingkungan, dimana semua aktifitas di dalamnya menerapkan manajemen prinsip-prinsip ramah lingkungan dan perlindungan lingkungan;

2.Menghadirkan bentuk pendidikan lingkungan dengan melalui enklosur beruang madu, tampilan-tampilan pendidikan interaktif dan program-program untuk sekolah dan kelompok-kelompok komuniti lainnya.

3.Mempromosikan appresiasi Maskot Balikpapan, yaitu Beruang madu dengan melalui enklosur alami dengan 5 ekor Beruang madu hasil dari sitaan Pemerintah dan menghadirkan informasi terkait tentang daur hidup mereka, habitat, dan ancaman-ancaman kepunahan.

4.Menggarisbawahi perbedaan antara satwa liar dan hewan piaraan dengan melalui Program Pendidikan tentang Hewan Domestik.

5.Menghadirkan peluang-peluang lingkungan wisata yang ramah dan rekreasional kepada masyarakat lokal dan pengunjung luar daerah, termasuk bagi penyandang cacat jasmani.
***
Tetapi patut disayangkan, KWPLH terpaksa berakhir masa operasionalnya.
KWPLH yang selama ini menjadi lokasi konservasi beruang madu (Helarctos malayanus) dianggap tidak menguntungkan secara finansial. Dalam waktu tiga bulan, kawasan ini tidak lagi mampu membiayai segala operasional yang diperlukan. Mengingat DPRD Kota Balikpapan mencoret dana keperuntukan KWPLH dari sebelumnya Rp1,6 miliar menjadi hanya Rp500 juta.
Dengan demikian, KWPLH hanya akan bertahan dari Januari hingga Maret 2013. "Kalau memang ini pariwisata kenapa PAD tidak meningkat, apalagi di sana semua beruang cacat, lebih baik beruang tersebut dipindahkan ke habitatnya," ungkap Ketua DPRD Kota Balikpapan Andi Burhanuddin Solong seperti dilansir dari Mongabay Indonesia, Senin (14/1).
***
Untuk itu, sekali lagi..Isu Pelestarian Lingkungan Hidup Bukan Isu lokal tetapi merupakan masalah Global, semua mata dunia akan memperhatikannya. Tidak dapat dibiarkan apabila ada pihak yang semestinya bertanggung jawab, ternyata tidak dapat mempertanggungjawabkan kewenangannya.

Sumber tulisan dan Gambar:
Klik disini untuk memberikan dukungan
http://id.beruangmadu.org

9 komentar:

  1. saya akan mendukun 100% ini ... dan saya yakin PBBpun akan ikut andil soalnya dia kan peka terhadap sesuatu yang peka di dunia ini.. sukses terus lah

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. aryadevi media belajar siswa11 Februari 2013 11.25

      terimakasih bu, silahkan langsung masuk kesitusnya...

      Hapus
  3. Saya ikut mendukung Pak....Sayapun mencemaskan kalo habitat maupun beruang madu menjadi musnah.Padahal anak cucu kita perlu diwariskan kekayaan satwa liar endemik ini

    BalasHapus
  4. .. kalo mendukung sich udah pasti. namun cara nya gimana?!? he..86x. oia kayaknya saat ini kebun binatang itu kurank diminati ya?!? ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara dukungnya masuk kesitus http://www.change.org/id/petisi/savekwplh-jangan-tutup-atau-relokasi-kwplh-beruang-madu

      pada bagian bawah artikel sudah jelas...

      Hapus
  5. My relatives every time say that I am killing my
    time here at web, but I know I am getting know-how all the time by reading thes nice posts.


    Feel free to visit my website - buying a car
    Here is my web site : buying a car with bad credit,buy a car with bad credit,how to buy a car with bad credit,buying a car,buy a car,how to buy a car

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas