Pengembangan Indikator PAI-Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Sebelum membuat RPP-Rencana Pelaksanaan Pembelajaraan hendaknya membuat pengembangan indikator ini agar memudahkan dalam menyusun metode pembelajaran nantinya.
Pengembangan Indikator PAI & BudiDwi Suryani eh Pekerti…
3.1 Menganalisis Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah).
3.2 Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya dalam kehidupan.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
Pertemuan 1: Kompetensi Pengetahuan
1. Memahami dan menunjukan bagian tersurat maupun tersirat dari arti Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits yang berkesesuaian dengan mujahadah an-nafs, ukhuwah dan husnuzzhan.
2. Menjelaskan manfaat dan hikmah dari mujahadah an-nafs, ukhuwah dan husnuzzhan.
3. Memberikan contoh dari pengalaman pribadi siswa untuk perilaku yang berkesesuaian atau bertolak belakang dari tuntunan ayat dan hadits tersebut.
Pertemuan 2:Kompetensi Keterampilan
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
1. Memahami dan menunjukan bagian-bagian bacaan untuk kaidah Tajwid dan mahkrajul huruf.
2. Membaca dengan baik dan sesuai kaidah Tajwid dan Mahkrajul huruf.
Pertemuan 3: Kompetensi Keterampilan
Tujuan pembelajaran
Siswa dapat:
1. Menunjukan/membacakan hafalan ayat-ayat Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; QS Al-Hujurat (49) : 10, dengan lancar.
Tautan berbagi dokumen Pengembangan Indikator PAI:Dokumen Pengembangan Indikator PAI
Pengembangan Indikator PAI & Budi
3.1 Menganalisis Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah).
3.2 Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya dalam kehidupan.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
Pertemuan 1: Kompetensi Pengetahuan
1. Memahami dan menunjukan bagian tersurat maupun tersirat dari arti Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits yang berkesesuaian dengan mujahadah an-nafs, ukhuwah dan husnuzzhan.
2. Menjelaskan manfaat dan hikmah dari mujahadah an-nafs, ukhuwah dan husnuzzhan.
3. Memberikan contoh dari pengalaman pribadi siswa untuk perilaku yang berkesesuaian atau bertolak belakang dari tuntunan ayat dan hadits tersebut.
***
4.1.1 Membaca Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.Pertemuan 2:Kompetensi Keterampilan
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
1. Memahami dan menunjukan bagian-bagian bacaan untuk kaidah Tajwid dan mahkrajul huruf.
2. Membaca dengan baik dan sesuai kaidah Tajwid dan Mahkrajul huruf.
***
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; QS Al-Hujurat (49) : 10, dengan lancar.Pertemuan 3: Kompetensi Keterampilan
Tujuan pembelajaran
Siswa dapat:
1. Menunjukan/membacakan hafalan ayat-ayat Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; QS Al-Hujurat (49) : 10, dengan lancar.
***
Berikut secara lengkap dokumen Pengembangan Indikator PAI- ditempatkan dijalinan berbagi Google Drive:
Tautan berbagi dokumen Pengembangan Indikator PAI:Dokumen Pengembangan Indikator PAI
Pengembangan Indikator PAI ini dibuat untuk semester pertama kelas X
BalasHapusinformasi yang di sajikan,mantap gan!
BalasHapusmakasih ...postingan antum bantu ana.......jajakallohukhoiran katsiro...
BalasHapusterimakasih....semua adalah minallahi, lillahi, billahi.. innalillahi
Hapus