Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Pembinaan kerjasama

anak-anak sebagai siswa
Pembinaan kerjasama orangtua, sekolah dan masyarakat.
Proses pendidikan yang dilakukan oleh ketiga lingkungan tersebut dapat dikemukakan sebagai berikut, secara mental spiritual dasar-dasar pendidikan diletakan oleh rumah tangga, dan secara akademik konseptual dikembangkan oleh sekolah sehingga perkembangan pendidikan anak makin terarah.

Betapa eratnya kerjasama yang terpadu dari ketiga macam lingkungan pendidikan untuk membawa anak kepada tujuan bersama, yaitu membentuk anak menjadi anggota masyarakat yang baik untuk bangsa, negara, dan agama.

Tiga unsur penting yang sangat berperan dalam pendidikan dan menjadi pusat kegiatan pendidikan.

Keluarga adalah tempat pertama dan utama seseorang menerima pendidikan. Akibat dari perkembangan zaman dan keterbatasan orang tua dalam mendidik anak, maka kegiatan pendidikan juga dilaksanakan disuatu lembaga yang disebut Sekolah atau Madrasah.
Pendidikan yang dilakukan disekolah atau madrasah disebut pendidikan formal.

Masyarakat merupakan tempat atau unsur yang sangat berperan penting dalam pendidikan. lingkungan pendidikan masyarakat di sebut pendidikan nonformal.
Untuk membentuk kepribadian seorang anak hingga menjadi pribadi yang shaleh, cerdas, trampil dan mandiri maka diperlukan suatu pola kerjasama yang intensif antara Keluarga, Sekolah/Madrasah dan Masyarakat. Pola kerjasama awal ditentukan oleh keluarganya dalam hal ini orangtua anak tersebut, orangtua sebagai pemicu, pembimbing dan pemerhati utama bagaimana pendidikan anak selanjutnya disekolahnya ataupun dimasyarakatnya.

Gambar:http://pmr-smabhatig.blogspot.com

2 komentar:

  1. segitga emas yang penting ya pak, bukan cuma peranan guru tapi orang tua dan murid pun harus saling bekaitan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bu, keluarga sebagai pemberi pendidikan awal untuk dasar bergaul di masyarakat

      Hapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas