Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

TIPS MENGHEMAT BATERAI LAPTOP

Melanjutkan masalah baterai, tips ini tentu sudah banyak diketahui oleh  pengguna laptop/notebook, apalagi para Blogger tentu sudah diluar kepala.... tapi semoga ini masih bermanfaat untuk di sharing lagi ? terutama untuk teman pengajar / guru yang kemaren telah mendapatkan bantuan laptop gratis dari pemerintah ( selamat ya bapak / ibu, diharapkan kinerjanya semakin lancar dalam proses pembelajaran ).

Pada pemakaian sehari-hari ( laptop ) terkadang kita terlalu menginginkan tampilan, fasiltas / fitur pada laptopnya  disetting maksimal, padahal tidak semua fasilitas tersebut dipakai untuk kegiatan berkomputer. Ada beberapa hal yang secara umum dapat disampaikan disini untuk menghemat daya baterai di laptop.

1. Rutin melakukan proses defrag harddisk ( ini dapat diatur secara otomatis / dapat memakai program defrag harddisk dari pihak ketiga ), secara berkala sesuai dengan kerja kita ( apalagi yang rajin melakukan / mencoba install  program baru, uninstall, menghapus data , menambah ). dengan melakukan proses defrag dapat membantu pengaturan data secara efisien, yang artinya harddisk akan bekerja lebih efektif dan lebih sedikit memerlukan daya. Pengaruhnya memang sangat minim, tapi setidaknya turut berpatisipasi dalam menghemat baterai.

2. Pengaturan brightness juga berperan dalam penghematan, semakin terang layar semakin banyak menghabiskan daya.

3. Mematikan suara dan screen saver juga dapat menghemat baterai.

4. Membuka aplikasi terlalu banyak  adalah salah satu hal yang bisa menyedot daya, jadi sesuaikan dengan keperluan kerja saja. Aplikasi yang berat seperti pengolah grafis, game  menyedot daya lebih banyak dibanding dengan spreadsheet atau pengolah kata.

5. Sirkulasi hawa panas di laptop keluar secara baik dengan membuka softcase ( lapisan plastik permukaan luar ), meletakan laptop saat bekerja pada bidang datar ( bagus jika ditambah kipas pendingin di bawahnya ). ini juga berpengaruh pada umur baterai.

6. Update driver hardware, driver baru tentu dirancang untuk lebih efisien dan lebih sedikit memakan daya.

7. Pastikan memakai Adaptor asli atau pengganti, tapi yang spesifikasinya sesuai. Ketidaksesuaian dapat mengakibatkan overload, merusak baterai bahkan merusak laptop.

8. Jika laptop tidak digunakan dalam waktu yang lama, pastikan baterai sudah terisi sekitar 40 %. Setelah itu lepas baterai dari laptop, simpan di tempat sejuk dan kering.

uraian diatas hanya sebagian dari banyak tips yang akan diuraikan lebih lanjut secara teknis.

salam, semoga manfaat.

4 komentar:

  1. tettot...anda salah besar...helm gw itu cuma ada 1 didunia...soalnya gw gambar resident evil nemesis pake airbrash...ada lambang MBW

    BalasHapus
  2. nice posting keep smilez....

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas