Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Memaksimalkan PC sesuai dengan keperluan

Melanjutkan dari tulisan yang kemarin tentang Crapware, masih ada yang bertanya tentang crapware, jelasnya, crapware adalah software tambahan yang mungkin diperlukan seseorang tapi belum tentu untuk kita, atau orang lain. Jadi bersifat relatif, apa saja yang disebut crapware, bergantung kebutuhan. Tetapi biasanya mengganggu dari segi kestabilan OS ( jika terlalu berlebihan/banyak).

Untuk lebih jelasnya lagi, buka pada menu Run, dan ketikan Msconfig, buka dan perhatikan pada bagian Startup, cermati item apa saja yang ikut berjalan saat Komputer booting. Juga perhatikan pada bagian service, item apa saja yang tidak datang ( bawaan) dari OS, klik Hide All Microsoft services dan bersihkan semuanya. Tidak ada alasan suatu OS perlu service tambahan untuk bekerja kecuali software antivirus dan beberapa VPN atau software koneksi jaringan.
Banyak bagian TI yang suka memasukan banyak utiliti tidak berguna/tepat dan mungkin anda tidak suka itu. Beberapa dari kita juga mungkin suka memasukan banyak Antivirus kedalam PC (supaya aman), padahal tidak menjamin.

Contoh kebiasaan dari beberapa vendor Software; Symantec biasa memasukan banyak item yang mungkin tidak terlalu diperlukan untuk operasional rutin.
Logitech dulu memasukan banyak item kebagian service dan startup untuk produksi video conference mereka, tapi sekarang driver di OS Vista sudah cukup untuk itu.
Banyak printer dan produk konsumen seperti router akan memasukan banyak item kebagian service dan startup. Jika kita mengikuti instruksi mereka dan memasukan CD, Internet servis provider akan meminta user mereka untuk menjalankan software " internet accelerator", yang bisa menyebabkan isu serius pada komputer.
Setiap pihak dalam industri PC mulai dari pabrikan sampai pembuat aksesories berlomba-lomba untuk memasukan crapware kedalam PC kita.
Sekarang tinggal bergantung dari ketelitian dan keperluan komputer yang kita pakai, disesuaikan dengan operasional rutin kerja sehari-hari.

7 komentar:

  1. oo gitu pengertian crapware.. Kupikir crapware semacam virus tapi bukan ya..

    BalasHapus
  2. mmmhhh..sekarang udah agak ngerti ttg crapware..heheh..

    dan ternyata antivirus yg dipasang di pc kita, ga ngejamin jg kl pc kita bebas virus?

    BalasHapus
  3. @fb : ^_^ thanks sobat ...

    @ windflowers : mba ^_^ , teliti dan rajin update Antivirus juga sedikit memahami dan selalu mengikuti perkembangan virus dan antinya..

    BalasHapus
  4. nambah pengetahuan lagi niiih.
    trims atas ilmunya, sukses selalu n tetap semangat

    BalasHapus
  5. wahwah laptop saya perlu ngga yaa

    BalasHapus
  6. Saya juga nggak suka memakai software yang sekiranya tidak saya perlukan. Selain bikin penuh memori, juga bikin bingung juga he.he
    Terimakasih

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas