Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Sudut peluang yang terbaik demi alam

Maksudnya memanfaatkan hal yang memang segera harus dilakukan, tidak semata untuk keuntungan bisnis tapi juga demi kelestarian alam. Memang masih banyak yang meragukan gerakan green computing yang digaungkan para vendor di bidang IT. Tetapi tidak dapat disamaratakan, antara vendor yang bermuslihat dagang dengan yang memang peduli dengan hal itu.
Meski belum optimal, dengan beragam faktor penunda, namun rintisan yang dilakukan untuk membuat produk yang lebih ramah lingkungan, layak dihargai.
       Produk yang bermaterial hasil daur ulang untuk beberapa jenis ponsel, tidak hanya bodi ponsel tersebut,tetapi juga mendayagunakan tenaga alam untuk menjalankan kinerjanya. Baterai dengan sumber daya liquid atau air tengah dikembangkan.
Produk yang dilengkapi dengan penangkap sinar matahari sumber energi semakin banyak beragam. Mulai dari baterai untuk gadget bertenaga matahari dengan aneka bentuk unik, hingga flash drive yang bisa menangkap sinar untuk sumberdaya LCD panelnya.
       Untuk perangkat komputer, ramah lingkungan tak selalu diartikan sebagai wajib bermaterial daur ulang atau bersumber energi yang dapat diperbaharui. Saat ini konsep ramah lingkungan pada produk komputer dan periferal berada dalam tahapan bagaimana meminimalkan asupan energi atau sumber daya listrik, baik dengan menciptakan komponen baru atau membuat sistem yang lebih hemat daya.
Beberapa produk memang menggunakan bahan yang didaur ulang. Beberapa vendor juga mengeluarkan versi refurbished. Sayangnya untuk saat ini produk yang dikatakan lebih ramah lingkungan dan hemat listrik harganya masih lebih tinggi dibandingkan yang "standar".
       Mahalnya produk tersebut lebih dikarenakan karena imbas dari biaya riset untuk pengembangan teknologinya.
Kalau boleh optimis, jika banyak vendor makin sadar "hijau", dan produk ramah lingkungan kian banyak, akan berdampak pada penyesuaian harga. Dan semua lapisan konsumen dapat menikmatinya....semoga ^_-^

6 komentar:

  1. Semoga semakin bnyak produsen yg sadar "hijau", dan juga konsumen yg peduli akan hal itu, jadi beli g cuman penting murah saja, jk sedikit lbh mahal tp bs bermanfaat unk kedepannya knp tidak... ^^

    BalasHapus
  2. Salam

    Sependapat dengan inge kawan, sedikit mengutip pak, dari kalimat "meminimalkan asupan energi atau sumber daya listrik, baik dengan menciptakan komponen baru atau membuat sistem yang lebih hemat daya."

    Faktanya beragam, tidak semua vendor melakukan dan juga masih dalam tahapan terus terbentur dgn harga yg relatif mahal.

    Semoga kedepan nanti ada perubahan.

    Salam kawan

    BalasHapus
  3. kita hanya bs berharap..semoga segala sesuatunya bs menjadi lebih baek lagi...amin..:)

    BalasHapus
  4. tentunya konsep yg ramah lingkungan berbeda setiap produsen kan sob?

    BalasHapus
  5. pernah ada yg bilang ama saya, kalau komputer yang ramah lingkungan adalah prosesor "X", karena prosesor ini tidak terlalu memakan daya...
    "X" nya itu yang saya lupa -_-a

    BalasHapus
  6. Kalo enggak salah sekarang udah ada laptop yg pake tenaga matahari langsung ya

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas