Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Pelabelan Produk

Pelabelan produk yang dimaksud disini adalah bagian dari program inisiatif untuk permasalahan green computing. Terkait dengan Regulasi yang dibuat untuk suatu standar tercapainya suatu produk menjadi produk yang berharmoni dengan alam. (pada blog aryadevi pernah dipost-kan beberapa artikel yang berhubungan dengan green computing/produk elektronik ramah lingkungan).
Program pelabelan secara volunteer sebagai awal dari inisiatif yang mengarah pada green computing adalah Energy Star ( Amerika Serikat, merupakan salah satu negara produsen komponen komputer terbesar di dunia). Label ini pertama kali dikeluarkan oleh Environtmental Protection Agency pada tahun 1992, untuk mempromosikan efisiensi penggunaan energi semua jenis hardware elektronik, dan penanda apakah suatu hardware tertentu sudah memenuhi standar produk yang ramah lingkungan.
Sekarang, Energy Star sudah menjadi hal yang biasa ditemukan terutama untuk komputer notebook dan komponen display (monitor). Berlanjut, berkembang dengan bermunculan program-program lain (pelabelan produk ramah lingkungan) di kawasan Eropa dan Asia.
***
Berikut beberapa standar yang mengatur pendekatan kepada green computing untuk setiap hardware elektronik terutama komputer yang ada pada sat ini:
Energy Star
Pelabelan Produk
Logo Energy Star sebagai tanda produk hemat energi.

Energy Star merupakan standar internasional untuk produk konsumen energi yang efisien berasal dari Amerika Serikat. Ini pertama kali diciptakan sebagai sebuah program pemerintah Amerika Serikat selama awal 1990-an, tetapi Australia, Kanada, Jepang, Selandia Baru, Taiwan dan Uni Eropa juga telah mengadopsi program ini. Perangkat membawa logo Energy Star, seperti produk komputer dan peripheral, peralatan dapur, bangunan dan produk lainnya, umumnya menggunakan 20% -30% lebih sedikit energi dari yang dibutuhkan oleh standar federal. Namun, banyak negara Eropa bertarget produk yang berlabel menggunakan standar yang berbeda, TCO Sertifikasi, sebuah penggunaan energi gabungan dan penilaian ergonomi dari Konfederasi Swedia Karyawan Profesional (TCO), bukan Energy Star.
Program Energy Star telah dibuat pada awal 1990-an oleh Badan United States Environmental Protection dalam upaya untuk mengurangi konsumsi energi dan emisi gas rumah kaca oleh pembangkit listrik. Program ini dikembangkan oleh John S. Hoffman, penemu dari Program Green di EPA, bekerja sama dengan industri TI, dan dilaksanakan oleh Cathy Zoi dan Brian Johnson. Program ini dimaksudkan untuk menjadi bagian dari serangkaian program sukarela , seperti Lampu ramah lingkungan dan Program Metana, yang akan menunjukkan potensi untuk keuntungan dalam mengurangi gas rumah kaca dan memfasilitasi langkah-langkah lebih lanjut untuk mengurangi pemanasan global.

Dimulai sebagai program pelabelan sukarela yang dirancang untuk mengidentifikasi dan mempromosikan produk hemat energi, Energy Star dimulai dengan label untuk produk komputer dan printer. Pada tahun 1995 program ini secara signifikan diperluas, memperkenalkan label untuk pemanasan perumahan dan sistem pendingin dan rumah baru. Pada 2006, produk Energi lebih dari 40.000 Bintang yang tersedia dalam berbagai macam barang termasuk peralatan utama, peralatan kantor, pencahayaan, elektronik rumah, dan banyak lagi. Selain itu, label juga dapat ditemukan di rumah baru dan bangunan komersial dan industri. Pada tahun 2006, sekitar 12 persen dari perumahan baru di Amerika Serikat diberi label Energy Star.

EPA memperkirakan bahwa telah tersimpan sekitar $ 14 miliar untuk penghematan biaya energi di tahun 2006 saja. Program Energy Star telah membantu menyebarkan penggunaan LED lampu lalu lintas, lampu fluorescent efisien, sistem manajemen daya untuk peralatan kantor, dan menggunakan energi yang rendah .
(bersambung pada Pelabelan 80 Plus)
Sumber gambar dan tulisan: http://en.wikipedia.org/wiki/Energy_Star

7 komentar:

  1. kebanyakan pelabelan produk akau ga tahu artinya

    BalasHapus
  2. kalau di indonesia apakah sudah banyak menggunakan pelebelan seperti ini?

    BalasHapus
  3. @Lidya: untuk produk elektroniknya iya,..sudah,lagipula kita masih banyak mengimpor beberapa komponen luar yg belum bisa diproduk sendiri, dan ada syarat standarisasi juga utk pabrikan yg ada di Indonesia.

    BalasHapus
  4. palabelan produk itu apa saya g ngerti mbak....

    BalasHapus
  5. @Mas Kholiq: standarisasi mutu yang berkaitan dengan green computing.

    BalasHapus
  6. Kunjungan perdana sob.. ijni follow ya..

    BalasHapus
  7. asal jangan cuma hanya di labelnya aja ya..

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas