Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Metode memotivasi anak belajar

Metode memotivasi anak belajar
Berkaitan dengan artikel "memotivasi anak untuk belajar", metode memotivasi anak belajar adalah kelanjutan dan sisi teknis yang mesti dipahami benar oleh para orangtua.

Menyediakan Lingkungan yang baik
Sebuah lingkungan belajar yang baik adalah sangat penting untuk belajar yang tepat. Gangguan dan suara sering mengganggu konsentrasi anak dan menciptakan kesulitan dalam belajar. Sebuah ruang yang cukup dengan minimal gangguan dan pencahayaan yang memadai harus disediakan agar anak merasa seperti belajar di lingkungan seperti itu. Menciptakan lingkungan belajar yang baik adalah di tangan orang tua dan mereka harus memastikannya.

Membantu dalam Menetapkan tujuan/target
Membantu anak menetapkan tujuan yang ingin dicapai tidak hanya akan memberikan gambaran yang jelas kepada anak mengenai apa yang harus dicapai dalam kerangka waktu yang ditetapkan tetapi juga membantu dalam mengukur prestasi. Realisasi pencapaian target yang ditetapkan akan menanamkan rasa percaya diri pada anak dan secara tidak langsung memotivasi untuk berjuang terus dalam hal lain.

Mengatur Ekspektasi secara wajar
Banyak orang tua memiliki kebiasaan menetapkan harapan yang tidak masuk akal kepada anak, yang menciptakan tekanan berlebihan pada pikiran anak dan ini berpotensi anak menjadi depresi, ketika ia menemui kegagalan. Oleh karena itu, orang tua harus memahami kemampuan anak dalam belajar dan menetapkan ekspektasi yang wajar, yang dapat dicapai dengan sedikit usaha. Dengan begitu saat mereka merasa sudah memenuhi harapan orang tua, anak akan merasa puas dan bekerja lebih keras lagi untuk melakukan yang lebih baik.

Ajarkan Pentingnya Belajar
Siswa yang kurang minat belajar, biasanya tidak mengetahui pentingnya belajar dalam kehidupan mereka. Itu sebabnya, mereka sering menganggap belajar hanya sampingan dan tidak perlu banyak perhatian untuk itu. Seorang anak dengan mentalitas tersebut, harus diajarkan pentingnya belajar dan dibuat sadar mengapa orang tua menjadi seperti ini.

Gunakan Teknik Belajar yang menarik
Membuat belajar menjadi kegiatan yang menarik dapat membantu. Anak-anak biasanya bosan dengan prosedur rutin, yang membuat mereka kehilangan minat dalam belajar. Menggunakan teknik seperti kegiatan yang menyenangkan dan permainan dapat membawa kembali kesegaran yang hilang dan memotivasi anak untuk belajar lebih rajin.

Berkonsentrasi pada minat anak
Setiap anak memiliki minat tertentu. Mengidentifikasi area dan mulai dengan ketertarikan mereka sehingga anak duduk tenang untuk belajar. Antara sesi topik menarik dan tidak, adalah bagaimana orangtua mengawalinya dan menjembataninya, mengarahkan sehingga walau pada awal anak tidak tertarik, dengan gaya penyampaian orangtua akan membuat mereka paham dan mengerti, tidak ada paksaan yang membuat buyar konsentrasi.

Mendorong Anak
Dorongan dapat bekerja seperti keajaiban bagi orang yang tertinggal. Jika seorang anak mengalami depresi atau telah gagal mencapai tujuan yang ditetapkan, jangan mengeluh, sebaliknya, mendorong untuk menanamkan sikap pejuang tangguh pada anak. Setelah sikap ini berkembang, anak akan bekerja lebih keras setiap kali ia gagal dan akan dapat berhasil.

Bantuan dalam Belajar
Orang tua harus menemani anak mereka selama belajar untuk membantu mereka jika terdapat jalan buntu pada materi pelajaran. Banyak sekali, anak-anak tidak suka belajar hanya karena mereka tidak memahami tujuan materi pelajaran. Jika anda membantu mereka dalam memecahkan masalah mereka dan membuat mereka mengerti tujuan, mereka pasti akan ingin mempelajari lebih lagi.

Mendorong untuk berkompetisi
Kompetisi dapat mendorong anak untuk berupaya ekstra. Sangat mudah untuk mendorong anak dengan cara ini. Misal, jika berhasil dengan nilai terbaik maka anda dan dia (anak) akan rekreasi kepantai ( diperlukan konsekwensi untuk selalu jujur, terbuka dan jangan sekali-kali membohongi anak). Untuk pencapaian jangka pendek, penilaian dan sikap orangtua yang baik dapat memotivasi anak untuk mencapai hasil yang baik pula.

Menghargai dan Reward
Sebuah tepukan di punggung, pujian dan mengatakan bahwa anda bangga, adalah keajaiban untuk memotivasi anak, walaupun untuk prestasi kecil. Kata-kata positif adalah cara terbaik buat memotivasi anak. Kadang-kadang, penghargaan berupa hadiah juga dapat digunakan sebagai motivator. Tetapi pastikan untuk memberikan penghargaan yang wajar jika tidak, mereka dapat membuat masalah baru bagi orangtua ^__^.
Kurangnya motivasi pada anak/siswa merupakan masalah yang serius. Guru dan orang tua memainkan peran penting dalam memotivasi anak untuk belajar. Perhatian dan dorongan dapat membantu anak untuk mengatasi keengganan terhadap belajar dan bergerak maju dalam jalan menuju kesuksesan.

Sumber: http://www.buzzle.com/articles/how-to-motivate-your-child-to-study.html
Oleh. Priyanka Sonkushre

8 komentar:

  1. terima kasih infonya ,berguna banget buat saya nih

    BalasHapus
  2. pakde akan mencoba mempraktekannya, moga saja berhasil

    terima kasih kawan atas sharingnya.

    BalasHapus
  3. ini sangat penting orang tua dalam mendidik dan membantu proses belajar anak, karena bagaimanapun juga interaksi tersering dan terlama bukannya di sekolah tetapi di rumah. Hanya saja orang tua jarang menyadarinya, justru banyak yang mempercayakan 100% pada sekolah. Sebuah kondisi yang terbalik.

    BalasHapus
  4. Noted.
    Dicatat dan akan diamalkan, Pak Guru. :)

    BalasHapus
  5. @Lidya: thanks mba, banyak belajar dari orang yang lebih pengalaman saja.... :)
    salam

    BalasHapus
  6. @pakde sulas:sama pakde, mudahan selalu lancar dalam berusaha...

    BalasHapus
  7. @Djangan Pakies:gaya hidup, ortu sekarang, apalagi yang keduanya berkarier....mmmm, lepas tangkap dengan solusi anaknya...

    salam :D

    BalasHapus
  8. @DewiFatma: lama ga nongol, pas nongol cuma ncatet....mmmm....

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas