Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Manfaat Game

manfaat game
Bermain video game sebenarnya tidak hanya monopoli usia anak,orang dewasapun (orangtua) kerap kali memainkannya disela waktu.
Permainan di komputer atau console video game sebenarnya sangat bermanfaat (asal tahu waktu). Dari penelitian secara konsisten menunjukan bahwa bermain video game bisa jauh lebih besar manfaatnya daripada negatifnya.
Beberapa video game ada yang dirancang untuk melatih otak, ada juga yang melibatkan aktivitas fisik sampai kita keringatan. Tetapi tentu ada batasan waktu, terutama untuk usia anak, hendaknya orangtua membuat kesepakatan dan mengatur waktu anak, kapan bermain video game atau game komputer dan bermain dilingkungan nyata, berinteraksi diluar dengan teman-temannya.
Untuk manfaat bermain game sendiri, baik di console video atau komputer, dapat dipahami seperti dibawah:
1.Melatih problem solving
Melatih anak berpikir, terdapat banyak game yang dirancang untuk media pembelajaran (contoh game ketangkasan menembak,kecepatan berlari, perang luar angkasa dan lain-lain) yang mengajarkan anak untuk berpikir logis dan memproses sejumlah data dengan cepat.

2. Melatih interaksi sosial
Banyak game yang bisa dimainkan secara online dan offline. Nah disini terdapat unsur komunitas yang dapat mendorong anak untuk berinteraksi sosial.

3. Memberi penguatan yang positif
Secara umum sebuah video game dirancang agar para pemainnya bisa berhasil mencapai target tertentu dan mereka akan mendapat reward atas kesuksesan target yang dicapainya itu. Adanya tingkat keterampilan yang berbeda dan budaya risk-and-reward akan melatih anak untuk tidak takut gagal dan berani mengambil peluang untuk mencapai tujuan mereka.

4. Melatih berpikir strategis
Video game dapat mengajarkan anak untuk berpikir obyektif tentang game itu sendiri dan kinerja mereka. Meskipun ada banyak game strategi, kebanyakan game dirancang agar gamer dapat melakukan banyak cara untuk mencapai tujuan. Pemain akan mendapatkan umpan balik terhadap keputusan mereka dan dengan cepat mempelajari kekuatan dan kelemahan mereka sendiri.

5. Melatih membangun jaringan (network)
Sebagian besar video game dirancang dengan berbagai pilihan bermain yang kooperatif. Apakah itu melawan alien, memecahkan puzzle, atau berada di tim yang sama. Karena itu video game menawarkan anak-anak banyak kesempatan untuk bekerja sama secara konstruktif.

6. Membantu meningkatkan koordinasi tangan-mata
Bermain video game ternyata dapat meningkatkan keseimbangan dan koordinasi banyak pasien stroke. Bahkan ada penelitian yang menunjukkan bahwa ahli bedah yang rutin bermain video game ternyata dapat meminimalisir kesalahan di ruang operasi daripada non-gamer. Jadi game juga melatih koordinasi tangan-mata.

Sumber: http://ictwatch.com/internetsehat
Gambar: http://www.google.co.id/imghp?hl=en&tab=wi

4 komentar:

  1. Hmm,, baru tahu kalau bermain game itu bermanfaat untuk kecerdasan pada anak...

    BalasHapus
  2. aku juga suka main game, buat refrshing :D

    BalasHapus
  3. Game tuh sebenernya bermanfaat untuk anak-anak, cuma ya itu, salahnya orang tua klo ngasih anaknya maen Game malah game perang-perangan yg ujungnya malah mendidik mental petarung di diri anak2, jadi ya wajar klo di negara ini dikit2 tawuran..

    BalasHapus
  4. setuju mas, bermanfaat asalkan porsi dan jenis gamenya sesuai utk anak-anak...orangtua sebaiknya jg ikut memantau perkembangan anak saat anak mulai rutin main game...(pendpt pribadi mas hehe)

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas