Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Kearifan Lokal

penebangan hutan
contoh pembukaan lahan yang tidak sejalan dengan kearifan lokal
Kearifan lokal merupakan bagian dari budaya suatu masyarakat yang tidak dapat dipisahkan dari bahasa masyarakat itu sendiri. Kearifan lokal biasanya diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi melalui cerita dari mulut ke mulut.

Kearifan lokal ada di dalam cerita rakyat, peribahasa, lagu, dan permainan rakyat.
Kearifan lokal sebagai suatu pengetahuan yang ditemukan oleh masyarakat lokal tertentu melalui kumpulan pengalaman dalam mencoba dan diintegrasikan dengan pemahaman terhadap budaya dan keadaan alam suatu tempat.
(wikipedia)

Dan bertujuan guna mengharmonisasikan alam dengan manusia, agar keseimbangan berjalan baik dengan tidak saling merusak atau mengganggu lingkungan sekitar.
Termasuk seperti masalah pembukaan lahan yang dilakukan oleh nenek moyang kita dengan penebangan pohon untuk membuka lahan berladang dan tempat tinggal.
Dengan tetap memegang teguh kaidah-kaidah keselarasan dengan alam lingkungan hutan.
Seperti bisa memilih dan memilah jenis, ukuran pohon yang boleh ditebang atau ada batas-batas wilayah yang tidak boleh diganggu.
Serta terdapat sanksi jika ada pelanggaran terhadap aturan atau kaidah tersebut (hukum adat).

Kini....
Masyarakat tradisional menyatakan bahwa ketidakharmonisan dan ketidakseimbangan antar kehidupan dalam kosmos ini telah terjadi.
Tindakan manusia yang predatoris terhadap alam semesta telah mengakibatkan tidak normalnya kolerasi antar unsur dalam sistem kehidupan ini.
Walaupun bukan satu-satunya faktor penyebab, timbulnya permasalahan itu “merosotnya kualitas lingkungan hidup” sekurang-kurangnya tidak dapat dipisahkan dari adanya pandangan kosmologi tertentu yang sangat antroposentris, yang dalam kenyataan telah menimbulkan sikap eksploitatif dan destruktif atau sikap manusia yang predatoris terhadap alam.

Manusia modern sebagai salah satu unsur dalam sistem kehidupan ini bukan lagi sebagai penyeimbang antar unsur dalam sistem itu, namun telah bergeser menjadi “predator” yang dahsyat yang menyerang unsur-unsur lain demi kepentingan dirinya sendiri tanpa menyadari akibat-akibat kerusakan dari unsur-unsur lain tersebut.
Pandangan tersebut antara lain, materialisme Mekanistis telah mempengaruhi sikap manusia terhadap alam yang selanjutnya menimbulkan konflik berkepanjangan antara manusia dengan bumi.
***

Bagaimana pendapat kamu tentang aktivitas pembukaan lahan dengan membakar hutan atau melalui cara modern lainnya dalam pembukaan lahan seperti yang dilakukan sekarang ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas