Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Latihan Soal SNI - X

Latihan soal SNI - X, Sejarah Nasional Indonesia kelas X.

(pembuka)
Dari sekian banyak materi sejarah pada kelas X, sengaja diangkat pada tulisan ini masalah akulturasi, karena bicara sejarah tentu bicara tentang budaya- dan kebudayaan tidak lepas dari berbagai transfer budaya-budaya lain, sebagai manusia makhluk sosial yang tidak lepas dari berhubungan dengan manusia-manusia lain, yang berbeda bangsa, bahasa, budaya.

Pendapat mengenai pengertian Akulturasi datang dari pengamat Suyuno yang dikutip dalam buku Rumondor (1995:208) yang menyebutkan bahwa Akulturasi merupakan suatu proses transfer penerima dari beragam unsur budaya yang saling bertemu dan berhubungan serta menumbuhkan proses interaksi budaya yang tanpa meninggalkan budaya aslinya.
Ada banyak faktor penyebab proses akulturasi budaya yang biasanya lebih disebabkan karena kontak antar budaya maupun masyarakat itu sendiri seperti halnya berdagang dimana saat berdagang para pedagang muslim mengenalkan budaya mereka di tanah air, atau dengan cara pernikahan dan bahkan dengan pengenalan budaya secara langsung melalui pagelaran/pertunjukan.

Akulturasi juga dapat dikatakan sebagai sebuah proses dimana seluruh perbedaan dapat dipersatukan dengan tanpa menghilangkan identitas masing-masing dan dapat berjalan dengan beriringan. Mengenai pengertian akulturasi banyak para pakar juga turut mengemukakan pendapatnya sekaligus contoh dari proses tersebut.
***
Berikut Soal latihan SNI untuk kelas X. yang isinya diambilkan dari berbagai materi.



4 komentar:

  1. aku udh lupa pelajaran waktu di sekolah hehe

    BalasHapus
  2. CARA BERMAIN POKER AGAR MENANG

    Dapatkan bonus 2x sehari di www.donacobet.com
    agen poker online terpecaya fitur 7 game dan bisa kalian mainkan
    dengan 1 id dan deposit sangat rendah
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  3. Sekarang sudah menua jadi lupa pelajaran" jaman dahulu..,
    Railing Tangga Besi Tempa Klasik

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas