Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Mata Rantai Pendidikan

Sebagai salah satu mata rantai upaya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, pendidikan merupakan landasan untuk menghadapi berbagai perubahan yang terjadi dalam masyarakat. Dalam rangka pembaharuan masyarakat, pendidikan sangat besar peranannya, dan dipengaruhi oleh faktor budaya dan sosial. Berkat fungsi pendidkan, secara tertib pembaharuan yang menyangkut tradisi masyarakat akan diarahkan sesuai tujuan yang dikehendaki.

Kita mengenal adanya pendidikan formal dan informal, keduanya sangat penting, masing-masing bertujuan mencerdaskan bangsa. Sebuah pepatah mengatakan, Knowledge is Power (pengetahuan adalah kekuasaan), maksudnya , bila kita berpengetahuan kita akan berkemampuan melakukan sesuatu. Namun pepatah di atas secara lengkap berbunyi, Knowledge is Power, but Character is more. Dengan demikian pengetahuan semata-mata tidak mencukupi bila kita tidak memiliki watak yang dapat diandalkan.

Seseorang yang disebut berpendidikan, biasanya ukuran yang digunakan bukanlah sekedar gelar kesarjanaan yang ia miliki (pendidikan formal), tetapi gelar didasarkan pada perilakunya, apakah yang bersangkutan mampu memanfaatkan pengetahuan dan wawasannya sehingga dirinya diterima sebagai anggota masyarakat yang berguna, pantas dihormati dan disegani.

Pendidikan, mempengaruhi kokohnya sosial budaya, berjalan bersama faktor agama dan kehidupan beragama serta tradisi, dalam wadah yang disebut lingkungan. Dari semua itu jika terjadi interaksi dengan baik, seseorang akan mengalami transformasi nilai kearah yang lebih sempurna.

Sumber tulisan: Soemarno Soedarsono, Menepis Krisis Identitas Penyemaian Jati Diri (2001).

14 komentar:

  1. Hidup untuk pendidikan,, Semangat terus..

    BalasHapus
  2. salam sahabat
    sependapat dan sangat setuju sekali apalagi pada paragraf kedua sangat signifikan dengan kenyataan sekarang ini terima kasih ya

    BalasHapus
  3. gelar sebenarnya ga penting, krn tujuan utama pendidikan adalah mencari ilmu bukan mencari gelar

    BalasHapus
  4. Apapun tingkatan pendidikan yang dicapai seseorang jika tidak tercermin dalam kemanfaatan terhadap lingkungannya, maka segala bentuk pencapaian secara fisik dan gelar sangat jauh dari sebuah pengertian berhasil.
    Kerja cerdas, kerja keras dan kerja bermanfaat. Apalagi jika semua didasarkan semata untuk ibadah, maka Insya Alloh akan mendapatkan 2 kebaikan yaitu di dunia dan akhirat

    BalasHapus
  5. yang penting skillnya ya, gelar masih perlu ga ya?

    BalasHapus
  6. #paragraf ke 3
    itu dia masalahnya mas, kebanyakan kita sekarang menangnya di pendidikan formal tapi tidak dengan perilakunya mas, thx ya mas udah diingetin :)

    Happy Blogging (^-')/

    BalasHapus
  7. banyak juga orang yang berpendidkan tinggi tapi perilakunya seperti orang yang tidak pernah "makan" sekolahan, kalau tak boleh disebut bertabiat seperti, misal "memakan" saudaranya sendiri

    BalasHapus
  8. bagi saya yang paling penting adalah mendidik diri supaya berpendidikan

    BalasHapus
  9. saya tidak dapat membayangkan kalo hidup tanpa pendidikan...fuih...


    nais inpho..

    BalasHapus
  10. @r10

    widiiihh yang begini nich komentar ajjiiibb >_<

    tapi klo ngelamar kerja tetep butuh gelar yaahhh
    hehehe

    BalasHapus
  11. Hey There. I found your blog using msn. This is a very well written article. I will be sure to bookmark it and come back to read more of your useful information. Thanks for the post. I'll definitely return.

    BalasHapus
  12. backlink checker buy seo backlinks permanent backlinks

    BalasHapus
  13. Best Xrumer service - we publish your marketing post up to 100K forums worldwide price starting only form $29
    Get large online web traffic using amazing xrumer service today. We are able post your marketing message up to 100K forums worldwide, get insane amount of backlinks and great web traffic in shortest time. Most affordable and most powerful service for web traffic and backlinks in the world!!!!
    Your post will be published up to 100000 forums worldwide your website will get insatnt traffic and massive increase in seo rankings just after few days or weeks. Order now:
    xrumer service

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas