Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Guru dan Internet

Guru dan Internet
Internet dapat menjadi sumber daya berharga untuk guru dari semua tingkatan dan mata pelajaran. Dari rencana pelajaran (RPP), hiburan, dan penelitian. Anda juga dapat tetap berhubungan dengan siswa dan orang tua. Tidak diragukan lagi internet dapat berguna bagi guru. Tapi, sebagai guru, Anda perlu menyadari apa yang harus dan tidak boleh dilakukan. Internet adalah alat pengajaran, tetapi bukan pengganti untuk mengajar yang baik. Mungkin mencari rencana pelajaran adalah alasan yang kerap dilakukan guru daripada hal lain.
Mereka dapat dengan mudah menemukan topik kegiatan pada berbagai mata pelajaran. Tapi, jangan bergantung pada hal ini (internet) setiap hari.

Anda harus melakukan beberapa perencanaan jangka panjang untuk kelas. Seperti mencoba untuk menemukan rencana pelajaran untuk kegiatan pengayaan, atau dalam kasus di mana Anda tidak bisa memikirkan sesuatu atau ide pengembangan. Tetapi anda tidak dapat menjadi guru yang efektif jika Anda terlalu bergantung dengan selalu mendapatkan rencana harian pelajaran dari internet.

Ada alasan mengapa guru menggunakan internet, pertama, mungkin untuk mendapatkan lembar kerja (praktis, tidak perlu membuat/mengetik ). Internet memang tempatnya ! unduh gratis, mencetak lembar kerja yang mudah ditemukan di internet.
Selalu mencari dan mengharap Lembar kerja yang ada di Internet adalah cara mengajar yang malas.
Melakukan latihan setiap hari dan membiasakan untuk mengolah materi sendiri adalah cara yang baik untuk diri dan siswa.
Dengan cara itu, Anda mungkin tidak perlu untuk membeli buku/LKS lagi!

Guru juga dapat membuat website kelas. Tapi hati-hati tentang masalah privasi.
Email adalah alternatif untuk tetap berhubungan. Sekolah atau pemerintah kota mungkin memiliki pengaturan email untuk Anda. Tahu bagaimana menggunakannya. Mengatur orangtua siswa dengan alamat email Anda dan menjaga untuk rutin memberi informasi mereka. Dan dapatkan semua orang tua siswa di daftar email Anda.

Anda dapat mengirim pembaruan pembelajaran kelas, termasuk materi dan tanggal penugasan. Anda juga dapat dengan mudah menghubungi orang tua sebagai komunikasi yang bersifat silaturahim.
Gunakan internet untuk melakukan beberapa penelitian pendidikan. Jika Anda mengalami masalah di kelas, lakukan pencarian online dan lihat apakah guru-guru lain memiliki masalah yang sama dan mari memecahkan permasalahannya.

Sumber tulisan: diterjemahkan dari http://teachersindex.com/. Dengan judul asli "Teachers Using the Internet"
Sumber gambar: http://www.smkmaarif2temon.sch.id/

6 komentar:

  1. memang sudah seharusnya guru mempunyai daftar apa saja yg akan diajarkan setidaknya selama 1 semester,mudah2an tidak ada guru yg menggunakan sistem kebut semalammemang sudah seharusnya guru mempunyai daftar apa saja yg akan diajarkan setidaknya selama 1 semester,mudah2an tidak ada guru yg menggunakan sistem kebut semalam

    BalasHapus
  2. @lidya: iya bu, semoga...
    kita juga sudah terbiasa membuat perencanaan untuk satu semester, atau 1 tahun pelajaran, dan internet digunakan sebagai penambah dan pengembangan agar tidak terlalu ketinggalan dari sisi materi.

    ..oya bu..masih ada opor dan ketupat?..kirimi kesini bu... :D

    BalasHapus
  3. Untung rugi pasti ada. Dan smoga para guru bs memanfaatkan alat ini dgn sebaik-baiknya.

    Disini jg ga ada opor pak, kalo ada kiriman lempar kesini jg ya. Hehehe

    BalasHapus
  4. @Tarry KittyHolic: yee..sy ga bisa masak mbae....mba yang "lempar" kesini... :D

    BalasHapus
  5. sayang banyak guru masih gaptek sama internet :(

    padahal mereka bisa berinteraksi melalui blog misalnya :D

    BalasHapus
  6. @r10: iya mas, sekarang tinggal siapa yg mau belajar.....tidak ada kata "kasep"....

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas