Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Biologi dari belajar

sel otak
Metode pemrosesan oleh otak: biologi dari belajar, tinjauan tentang belajar, proses belajar (dari sudut potensi biologi).

Susan Greenfield, Profesor Farmakologi di Oxford dan salah satu ilmuwan syaraf terkenal di Inggris, membandingkan otak dengan lembah Amazon.
Dia mengatakan bahwa jumlah neuron dalam otak manusia kurang lebih sama dengan jumlah pohon dan tanaman dalam hutan seluas 6,9 juta kilometer persegi tersebut.
Jumlah dendrit (perpanjangan berserabut dari badan sel neuron yang berfungsi sebagai "reseptor")kurang lebih sama dengan jumlah daun di tumbuhan dan pohon tersebut.
Dalam rimba , seperti otak, semuanya sibuk dan terus menerus berhubungan satu sama lain.

Gambaran lain muncul dalam pikiran. Jumlah neuron di otak kira-kira sama dengan jumlah bintang dalam Bimasakti atau tiga kali jumlah orang di planet Bumi.
Satu milimeter kubik jaringan otak punya lebih dari satu juta neuron, yang berarti bahwa semua sistem telekomunikasi dunia dapat masuk kedalam otak manusia.

Berita bagusnya adalah bahwa anda memiliki jumlah sel otak yang sama dengan Albert Einstein. Semua orang punya, kecuali otak mereka sakit atau rusak. Berita yang lebih bagus lagi adalah tiap siswa disekolah anda memiliki jumlah sel otak yang sama dengan anda! :D
Dari tinjauan ini ada dasar biologis untuk optimisme.
Satu miliar neuron setiap orang, hingga dua puluh dendrit tiap neuron, semua dikalikan bersama yang berarti jumlah koneksi potensial di antara sel-sel otak di tiap otak adalah kelipatan 10 hingga 100 triliun, yang sebenarnya jauh lebih besar dari pada jumlah partikel di alam semesta yang diketahui, menurut Paul Churchland, Profesor Filosofi di University of California.
....berlanjut ke Neuron yang belajar

Gambar:www.mediaindonesia.com

5 komentar:

  1. Kalau tidak salah menyimpulkan, setiap orang memiliki modal dan kesempatan yang sama untuk menjadi manusia cerdas, tinggal bagaimana kita mengolahnya.

    BalasHapus
  2. Sependapat sama Abi Sabilia,semuanya tergantung diri kita,bagaimana cara mengolahnya yang tepat..

    BalasHapus
  3. salam sahabat
    awalnya bingung bagaimana menyikapi postingan mas Arya ehm rupnya sangat erat dengan sebuah pengembangan diri

    BalasHapus
  4. pelajaran yang paling ane gak suka, biologi gan...

    mampir ke blog ane juga ya gan banyak film bagus disini... :)
    Download Movie Free Tian

    BalasHapus
  5. @Abi: iya....itulah yg dimakdut....makasih abi :D

    @Nchie: sependapat juga..sama kalau begitu mba...thanks sudah follow juga

    @Dhana: dari judulnya, memang sedikit kepleset....tetapi maksudnya meninjau dan membandingkan kerja otak dgn pandangan ahli biologi..

    @otheroption: siplah....ok saya kunjungi balik :D

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas