Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Penegasan! Jangan bergunjing

jauhi-ghibah
Penegasan! Jangan bergunjing.
" Sukakah salah seorang diantara kalian memakan daging saudaranya yang telah mati " :

Allah menyamakan ghibah/bergunjing dengan memakan bangkai karena mayit tidak mengetahui jika dagingnya di makan sebagaimana orang yang masih hidup tidak mengetahui bahwa dia di ghibahi/digunjingkan.

alHujurat 12
QS. surat al Hujurat ayat 12
12. Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang
Ibnu 'Abbas berkata : " Sesungguhnya Allah membuat permisalan ini untuk ghibah karena memakan dagingnya mayyit hukumnya haram dan menjijikkan, begitu juga ghibah hukumnya haram dalam agama dan menjijikkan bagi jiwa,"

Qotadah berkata : " Sebagaimana salah seorang diantara kalian dilarang dari memakan daging saudaranya yang sudah mati begitu juga wajib melarang dari ghibah terhadap saudaranya yang masih hidup, memakan daging digunakan sebagai tempatya ghibah karena kebiasaan orang arab yang berlaku seperti itu. "
(Kitab Tafsir Al-Qurthubi)

***
Kebiasaan bergunjing termasuk penyakit hati. Bila tidak bergunjing, serasa hidup tidak nyaman. Mencari kesana-kemari, mengintai, menyelidiki masalah pribadi orang lain.
Kemudian menggunjingkannya, berakibat mempengaruhi seseorang agar sama persepsi atau sebagai pendengar yang akhirnya juga akan mengikuti/terpengaruh.

Dan tidak lucunya, dengan mudahnya mengambil kesimpulan atas diri orang yang digunjingkan, kemudian rajin/aktif di sosial media untuk berbagi kalimat nasehat sebagai selubung sindiran (pemuas nafsu diri).
Penyakit hati ini menyerang siapa saja, mari sama belajar dan berlatih untuk tidak bergunjing !!!
Kurang apa lagi dasar-dasar hukum yang disodorkan oleh ajaran agama Islam untuk larangan bergunjing.
Ketidak tahuan mungkin bisa dimaklumi, oleh karena itu teruslah belajar, belajar, belajar....tidak usah malu karena belajar tidak mengenal batas umur.

Sumber gambar: Ghibah atau membicarakan keburukan orang lain bisa memecah persaudaraan kita (Sumber : giler kentang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas