Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Memotivasi Anak untuk Belajar

Memotivasi Anak untuk Belajar
Jika anak anda menunjukkan kurangnya minat terhadap belajar, ada beberapa hal yang perlu orangtua ketahui, tentang metode untuk memotivasi anak untuk belajar sehingga dia penuh kerelaan menunjukkan minat dalam belajar.

Orangtua ingin anak-anak mereka berhasil dalam hidup dan mereka tahu bahwa keberhasilan datang dengan pengetahuan yang memadai. Itulah sebabnya, banyak orang tua memasukan anak-anak mereka di lembaga pendidikan yang terbaik. Tetapi, tugas orangtua bukan hanya mendapatkan sekolah yang terbaik untuk pendidikan anak-anaknya, tetapi yang sangat penting adalah, mendorong mereka dari waktu ke waktu sehingga minat mereka dalam belajar tetap menyala. Memang, beberapa anak memiliki motivasi sendiri terhadap pembelajaran dan biasanya itu terdorong dengan pengaruh lingkungan terdekatnya juga (sikap positif yang selalu dicontohkan orangtua). Lingkungan yang mendukung dapat mencetus semangat mereka, selanjutnya anak akan berusaha keras mencapainya tanpa harus didorong lagi.

Di sisi lain, ada anak yang menunjukkan sedikit atau tidak berminat sama sekali terhadap pembelajaran. Mereka tidak ada motivasi dalam diri untuk belajar mengenai hal baru dalam hidup dan cenderung hanya sanggup pada tugas-tugas mudah yang membutuhkan sedikit usaha. Untuk kelompok ini, membutuhkan banyak motivasi untuk memulai sesuatu melawan sikap negatif yang menyebabkannya tidak tertarik dalam belajar. Orang tua dari anak-anak tersebut perlu mengambil upaya ekstra untuk mendorong anak mereka untuk belajar. Sebuah pendekatan yang sistematis strategis diperlukan untuk menanamkan minat anak-anak tersebut. Jika anak anda juga menghadapi masalah ini, lebih baik bersegera untuk mengetahui bagaimana memotivasi anak untuk belajar sehingga dia bisa unggul dalam setiap (ataupun salah satunya) bidang kehidupan.

Sumber: http://www.buzzle.com/articles/how-to-motivate-your-child-to-study.html
Oleh: Priyanka Sonkushre

6 komentar:

  1. iya ya Arya , lingkungan sangat mendukung motivasi anak utk belajar .
    inilah mengapa beberapa ortu kadang memang sengaja memilih sekolah yg berjudul 'unggulan'' dll ,dgn tujuan agar anak2nya mampu memotivasi diri sendiri berkat lingkungan yg kondusif .
    salam

    BalasHapus
  2. menciptakan situasi yang membangkitkan minat belajar ternyata memang susah, hal ini dialami pakde sendiri, karena anak pakde kalo diminta belajar sulitnya minta ampun, yang membuat pakde heran adalah prestasi anak pakde tetap bagus.

    BalasHapus
  3. Motivasi yang paling baik adalah yang berasal dari diri sendiri. namun untuk membuat itu campur tangan orang-orang di sekitar tetap dibutuhkan.

    BalasHapus
  4. @bundadontworryya bunda :) lingkungan yang menentukan memang dari kondisi rumah (sekolah no 2), atau dari perilaku orangtua dan lainnya.

    salam balik dan terimakasih bun :D

    BalasHapus
  5. @pakde sulas: anak pakde punya gaya belajar tersendiri kalau begitu, selain berbakat...orangtua mesti memahami...

    salam, thanks pakde :D

    BalasHapus
  6. @alamendah: benar kang, tumbuh dari dalam tetapi yang menyiram tetap dari luar....layaknya tanaman.

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas