Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Jenjang Karier Guru

jenjang karier guru
Jenjang karier tertinggi untuk guru saat ini tidak lagi terbatas pada kepala sekolah ataupun pengawas. Seorang guru mata pelajaran atau guru bimbingan konseling bisa mempertahankan kariernya hingga menjadi guru utama.

Jenjang guru utama sejajar dengan guru besar diperguruan tinggi. Guru tidak perlu lagi berpindah jadi kepala sekolah atau pengawas, dan itu (guru utama) sudah disahkan oleh MenPan (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara) dan BKN (Badan Kepegawaian Negara), begitu penjelasan dari Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal, seusai membuka seminar Penataan Guru di Masa Depan.

Untuk menjadi guru utama, guru-guru harus memenuhi angka kredit yang dikumpulkan secara benar. Selain untuk merefleksikan prestasi guru tersebut kedalam fungsi keguruan, angka kredit tersebut membuat organisasi profesi guru, jurnal-jurnal ilmiah, dan karya tulis ilmiah, menjadi penting. Kami fasilitasi agar guru mampu melakukan penelitian tindakan kelas, juga seminar-seminar dan lokakarya dimana guru dapat berwacana, demikian penjelasan dari Wakil Menteri tersebut.

Saat ini tinggal bagaimana merealisasikan agar guru bisa menjadi profesional dengan karier terbaik, namun tetap menjadi guru mata pelajaran. Karena itu banyak hal yang harus diperbaiki. Mulai dari penyebaran guru, penggantian guru yang pensiun, bagaimana menyelesaikan guru yang belum selesai sertifikasinya sampai akhir 2015 nanti, dan menjamin agar kesejahteraannya baik.
Kalau dia bersertifikat dan non pegawai negeri sipil, tunjangan nonfungsionalnya kami bayar. Kalau sudah bersertifikat, kalau dia PNS dapat tunjangan profesi. Kalau guru swasta, kita bantu satu kali gaji pokok setara dengan gaji pokok PNS yang masa mengajarnya sama, tambahnya lagi.

Sumber:
Diknas/red.Media Sekolah

7 komentar:

  1. Semoga kualitas guru di Indonesia juga makin meningkat juga kesejahteraan mereka.

    BalasHapus
  2. salam sahabat
    apapun posisinya yang terpnting menjadi guru yang teladan dan mampu mencetak murid yang handal ya hehehemaaf telat ya mas

    BalasHapus
  3. kalau sudah menjadi guru itu apakah ada semacam ujian lagi?misalnya untuk memperbanyak ilmu dan lainnya

    BalasHapus
  4. @Dhana/戴安娜: biar telat asal selamat ya mba :) semoga anda sehat ..

    BalasHapus
  5. @Lidya - Mama Pascal: ada mba, dengan bentuk yang berbeda....setiap tahun, dalam internal sekolah sendiri selalu ada pelatihan, dan peningkatan kinerja lainnya...

    BalasHapus
  6. bagi saya guru adalah salah satu PNS yang kerjanya paling berat..
    salut buat semua guru yang berdedikasi :)

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas